Ini Penyebab Tekanan Darah Tinggi, Jangan Diabaikan

Tekanan darah tinggi.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Memiliki tingkat tekanan darah normal diperlukan untuk kesejahteraan secara keseluruhan. Tekanan darah sangat penting karena membantu aliran darah dari jantung ke area lain dari tubuh seperti organ, jaringan dan arteri dan memiliki tekanan darah tinggi dapat menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang yang serius. 

Pekerja Kantoran Sering Mengeluh Sakit Leher dan Pinggang? Begini Mengatasinya

Tapi kabar baiknya adalah ada beberapa cara untuk mengendalikan tekanan darah. Dr. Bayo Curry-Winchell, Direktur Medis Perawatan Urgent dan Dokter, Carbon Health dan Rumah Sakit Saint Mary berbagi penyebab tekanan darah tinggi dan bagaimana membantu mencegahnya.

"Tekanan darah Anda adalah tekanan (normal) yang diciptakan oleh darah yang mengalir di arteri Anda. Tekanan ini mungkin berubah sepanjang hari berdasarkan beberapa hal seperti paparan atau respons terhadap stres mental atau fisik," kata Dr. Bayo Curry dilansir dari Eat This. 

5 Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Darah Tinggi, dari Buah Beri sampai Yogurt

Tekanan darah/hipertensi

Photo :
  • Times of India

Ia menambahkan, sangat penting untuk ingat memiliki tekanan darah tinggi dianggap sebagai penyakit diam. Oleh karena itu, tidak ada jaminan Anda akan mengalami gejala atau tanda peringatan bahwa Anda memiliki tekanan darah tinggi (didefinisikan sebagai angka yang lebih besar dari 120/80).Satu-satunya cara untuk mengetahuinya adalah dengan mengetahuinya. periksakan tekanan darahmu."

5 Manfaat Menakjubkan Mengonsumsi Air Kelapa Setiap Hari, Bisa Jaga Kesehatan Jantung

Mengapa tekanan darah tinggi berbahaya

Dr. Curry-Winchell mengatakan, tekanan darah yang lebih besar dari 120/80 dapat meningkatkan risiko Anda terkena stroke, serangan jantung, atau penyakit jantung. 

Tekanan darah yang lebih tinggi dari normal dapat menyebabkan kerusakan pada arteri yang memengaruhi jumlah aliran darah ke organ-organ seperti mata, otak, jantung, dan ginjal. Tidak semua orang mendapat tanda peringatan bahwa mereka memiliki tekanan darah tinggi. 

"Karena tekanan darah tinggi adalah penyakit diam, beberapa pasien saya menemukan bahwa mereka memiliki tekanan darah tinggi setelah serangan jantung atau stroke. Satu-satunya cara untuk mengetahuinya adalah dengan memeriksakannya," tutur dia. 

Agar selalu dapat memeriksakan tekanan darah tinggi, Huawei akan menghadirkan jam tangan pintar Huawei Watch D yang dapat digunakan mengukur tekanan darah tinggi dengan tingkat akurasi yang sama dengan alat tensimeter konvensional.

Training Director Huawei Device Indonesia, Edy Supartono menjelaskan, Huawei Watch D mampu mengukur tekanan darah dengan tepat. Huawei mengklaim bahwa pemindaian tekanan darahnya hanya memiliki nilai error sekitar 3 mmHg.

Siapa yang berisiko tekanan darah tinggi?

Menurut Dr. Curry-Winchell, “Anda berada pada peningkatan risiko jika Anda memiliki riwayat keluarga hipertensi, semakin tua (penuaan), diagnosa dengan kondisi kesehatan kronis seperti diabetes, makan diet tinggi garam, dianggap kelebihan berat badan, minum banyak alkohol, dan menggunakan tembakau."

Penyebab tekanan darah tinggi

Dr Curry-Winchell menjelaskan ada beberapa penyebab yang meningkatkan risiko Anda terkena tekanan darah tinggi termasuk riwayat keluarga, usia, pilihan gaya hidup, dll. Sering disosialisasikan bahwa tekanan darah tinggi lebih umum di antara orang Afrika-Amerika. 

Alasannya adalah multi-faceted dan bukan karena ras/etnis; itu karena akses ke perawatan berkualitas, algoritma medis berdasarkan ras, ketidakpercayaan terhadap perawatan kesehatan, dan faktor penentu kesehatan sosial, ekonomi, dan lingkungan untuk beberapa nama."

Cara mencegah tekanan darah tinggi

Tetap aktif

Berpartisipasi dalam latihan berdampak rendah atau tinggi selama kurang lebih 5 hari seminggu selama kurang lebih 30 menit sehari dapat menurunkan risiko Anda.

Menurut Edy Supartono, dengan menggunakan jam olahraga atau SportWatch akan memberi petunjuk  dan mencatat data-data kebugaran termasuk tekanan darah. 

"Selain mengukur tekanan darah, jam tangan ini juga dilengkapi fitur elektrokardiografi (ECG) yang dapat merekam aktivitas kelistrikan jantung," tutur Edy saat acara “private viewing Huawei” belum lama ini. 

Menurunkan stres

Luangkan waktu untuk berinvestasi dalam diri Anda dan temukan cara untuk membawa rasa gembira atau relaksasi ke hari Anda. 

Makan makanan sehat 

Makanan sehat

Photo :
  • Eat This

Diet seimbang buah-buahan, sayuran, karbohidrat, dan protein yang mencakup pilihan natrium (garam) rendah dapat membantu mengurangi risiko Anda.

Berhenti merokok

Merokok (nikotin) rokok menyebabkan detak jantung dan tekanan darah meningkat. Ketika ini terjadi dalam waktu yang lama dan beberapa kali sehari, Anda meningkatkan risiko terkena hipertensi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya