Mengenal Ciri-ciri Sel Sperma yang Sehat dari Ahlinya

Sperma
Sumber :
  • Times of India

VIVA Lifestyle – Mengenal sperma yang sehat adalah yang penting, terlebih untuk kaum pria. Walaupun hal ini sering kali tidak begitu diperhatikan oleh sebagian orang. Padahal, ini sangat berpengaruh, terlebih jika berencana menginginkan keturunan.

WHO: Imunisasi Global Menyelamatkan 154 Juta Jiwa Selama 50 Tahun Terakhir

Sel sperma tidak bisa menentukan sehat atau tidak sehatnya sperma melalui bukti fisik atau kasat mata saja. Secara penglihatan saja sperma tidak ditentukan sehat atau tidak. Untuk itu diperlukan tes untuk mengetahui lebih lanjut.

Ilustrasi sperma.

Photo :
  • CCRM
Jangan Anggap Remeh, Ini 4 Tanda yang Menunjukkan Anda Alami Stres

Satu-satunya cara untuk bisa menentukan sehat atau tidak sehatnya sel sperma itu dengan tes laboratorium,” tutur dr. Haekal Anshari, M.Biomed dalam kanal YouTube VDVC Health yang dikutip VIVA pada 29 Agustus 2022.

Menurut penuturan dr. Haekal, untuk melihat apakah sperma itu sehat atau tidak terdapat beberapa ciri-ciri sperma yang sehat, yaitu: 

Waspada! DBD di Indonesia Melonjak Hampir 3 Kali Lipat pada Kuartal I 2024
  • Pertama dilihat dari volume cairan mani yang minimal 2ml.
  • Kedua, jumlah sel sperma minimal 15juta per 1ml, dengan 40% bergerak dan 25% dapat bergerak maju dengan cepat untuk mengejar sel telur. 
  • Minimal memiliki 30% bentuk sel sperma yang normal.

Sperma.

Photo :
  • Times of India

Untuk meningkatkan kualitas sel sperma ada berbagai cara yang harus dilakukan. Pertama adalah mengubah pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan bergizi seimbang, rutin olahraga, istirahat yang cuku, tidak merokok, dan tidak mengonsumsi alkohol. Selain itu juga mampu mengelola stress dengan baik, serta yang penting adalah jangan melakukan hubungan seksual yang beresiko tinggi. Konsumsi suplemen yang mengandung antioksidan dan zinc.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya