Satgas PB IDI: 32 Orang Dinyatakan Discarded Cacar Monyet

Monkeypox atau cacar monyet
Sumber :
  • crosstimbersgazette

VIVA Lifestyle – Satgas Monkeypox Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Hanny Nurmalasari menyatakan bahwa kasus cacar monyet di Indonesia masih terkendali.

Terpopuler: Ramalan Zodiak sampai Penjelasan Buya Yahya Soal Panggilan Pak Haji

Hanny menyebutkan bahwa saat ini institusi terkait seperti Kementerian Kesehatan dan Dinas Kesehatan (Dinkes) masih melakukan pemantauan terhadap suspek, kontak erat dan kelompok discarded.

“Sampai saat ini memang masih dalam pantauan dari Dinas Kesehatan (Dinkes). Meskipun sehari lalu sudah ada rilis dari Kementerian Kesehatan, pasien tersebut lepas dari pantauan karena gejalanya sudah membaik,” kata Hanny saat ditemui di kawasan Jakarta Pusat, Selasa 29 Agustus 2022.

Gelapnya Dunia Pendidikan: Perundungan Mengancam Kesehatan Mental Calon Dokter Spesialis

Untuk diketahui, dilansir dari laman resmi Sehat Negeriku Kementerian Kesehatan, discarded merupakan istilah bagi suspek dengan hasil pemeriksaan PCR dua kali negatif selama dua hari berturut-turut dengan selang waktu kurang dari 24 jam.

Discared sendiri juga merujuk pada status seseorang dengan kategori kontak erat yang telah menyelesaikan Isolasi Mandiri selama 14 hari.

Marak Kejadian Perundungan, Kemenkes Lakukan Skrining Kesehatan Jiwa Pada Calon Dokter Spesialis

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Kementerian Kesehatan mengumumkan kasus pertama cacar monyet atau Monkeypox beberapa waktu yang lalu. Satu pasien tersebut merupakan laki-laki berusia 27 tahun asal Jakarta.

"Sudah ada 23 kasus yang sudah kita tangani, 22 diantaranya telah discarded, PCRnya negatif. Hari ini ada 1 terkonfirmasi dari DKI Jakarta, laki-laki 27 tahun," kata Juru Bicara Kementerian Kesehatan dr. Mohammad Syahril dalam virtual conference pada Sabtu, 20 Agustus 2022. 

Lebih lanjut, disebutkan 1 pasien terkonfirmasi cacar monyet ini sempat melakukan bepergian ke salah satu negara yang telah melaporkan adanya kasus cacar monyet.

“Pasien 27 tahun ini habis bepergian. Pasien baru pulang pada tanggal 8 Agustus dia WNI, baru mulai gejalanya muncul demam di tanggal 14. Tanggal 16 muncul lesi atau ruam-ruam. Di tanggal 18 dilakukan pemeriksaan oleh rumah sakit dan diperiksa dalam satu hari hasilnya keluar tadi malam positif," kata Syahril.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya