5 Manfaat Bawang Bombai: Sehatkan Jantung Hingga Cegah Kanker

Bawang bombai.
Sumber :
  • Pixabay/stevepb

VIVA Lifestyle – Bawang Bombai atau allium cepa, merupakan jenis bawang yang sering digunakan sebagai penyedap makanan. Bawang ini termasuk dalam kategori sayuran umbi.

7 Manfaat Luar Biasa Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Jaga Kesehatan Kulit

Bawang Bombai sendiri memiliki tampilan kulit berwarna coklat dan terdapat lapisan putih di bagian dalamnya yang memiliki bau atau rasa yang kuat dan termasuk ciri khas dari bawang ini.

Ilustrasi bawang bombay

Photo :
  • Pixabay/Couleur
Kemenag Bekali Pelatihan Guru dan Pengawasan RA untuk Cegah Stunting Melalui PAUD HI

Dikutip dari berbagai sumber, kandungan gizi bawang Bombai memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan, salah satunya zat kimia yang dapat mencegah penyakit karena mampu mendetoksifikasi tubuh. Mendetoksifikasi adalah membuang racun dalam tubuh.

Untuk mengetahui lebih banyak manfaat bawang Bombai bagi kesehatan, mari simak ulasannya di bawah ini:

WHO: Imunisasi Global Menyelamatkan 154 Juta Jiwa Selama 50 Tahun Terakhir

1. Kesehatan jantung

Beberapa studi menunjukan, akan bawang Bombai dapat membantu menekan risiko penyakit jantung dengan menurunkan tekanan darah, mengelola kadar kolesterol dan mengurangi peradangan. Selama dikonsumsi secara teratur dan tidak berlebihan, bawang Bombai dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

2.  Menguatkan tulang

Sifat antioksidan yang terkandung pada bawang Bombai dipercaya mampu mengurangi keropos pada tulang. Sebuah penelitian yang melihat efek pada wanita pasca menopause melaporkan, konsumsi bawang Bombai dapat menurunkan risiko patah tulang dan meningkatkan kepadatan tulang,

3. Menurunkan Kolesterol

Manfaat bawang Bombai yang berikutnya adalah dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Sebuah studi menjelaskan, quercetin atau pigmen yang mengandung senyawa antioksidan dalam bawang Bombai mampu mengurangi kolesterol jahat.

Manfaat kulit bawang bombay

Photo :
  • Daily Mail

4. Kesehatan pembuluh darah

Manfaat bawang Bombai keempat, menurut beberapa penelitian mengatakan, senyawa belerang yang terdapat pada bawang Bombai dipercaya dapat membantu mencegah peradangan pembuluh darah, menghambat penggumpalan trombosit, dan meningkatkan ketersediaan oksida nitrat.

Oksida nitrat adalah vasodilator yang berfungsi untuk melemaskan otot-otot bagian dalam pembuluh darah. sehingga melebar. Dengan cara ini, oksida nitrat meningkatkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah.

5. Mencegah kanker

Terakhir, manfaat bawang Bombai bagi tubuh dipercaya mampu mencegah penyakit kanker. Bawang bombai adalah sayuran allium. Jenis sayuran ini memiliki keutamaan mencegah kanker terutama kanker perut dan kanker usus besar karena senyawa organosulfur di dalamnya yang sangat tinggi.

Sebuah studi menemukan, bawang Bombai juga dapat membantu menangani efek samping dari pengobatan kanker. Mengonsumsi bawang bombai segar membantu mengurangi terjadinya resistensi insulin dan hiperglikemia pada pasien kanker payudara yang sedang menjalani kemoterapi. Seperti yang sering terjadi, kemoterapi kanker payudara biasanya menimbulkan efek samping.

Bawang bombai.

Photo :
  • Pixabay/stevepb

Cara aman konsumsi bawang Bombai

Meski menyehatkan, bukan berarti kita boleh mengonsumsi bawang Bombai secara berlebihan. Kebanyakan makan bawang bombai bisa memicu masalah pencernaan, seperti perut kembung. Kemudian, tidak semua orang bisa mengkonsumsi bawang bombai, terutama pada orang yang memiliki alergi bawang putih.

Kamu bisa mendapatkan manfaat bawang bombai dengan mengkonsumsinya secara rutin. Selain kamu tambahkan sebagai rempah masakan, bawang bombai juga bisa  dibuat jadi acar untuk pelengkap menu makan siang.

Cek hipertensi atau darah tinggi.

5 Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Darah Tinggi, dari Buah Beri sampai Yogurt

Hipertensi, atau tekanan darah tinggi, adalah kondisi medis yang umum di mana tekanan darah dalam arteri meningkat. Untuk mengurangi masalah ini, salah satunya makanan.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024