Resep dari Ahli, Racikan 4 Rempah Dapur Ini Ampuh Atasi Batuk

Ilustrasi batuk.
Sumber :
  • Freepik/drobotdean

VIVA Lifestyle – Batuk menjadi salah satu keluhan kesehatan yang cukup sering dialami orang Indonesia, mengingat cuaca yang kerap berubah dan rentannya kuman menjangkiti. Tak heran, anak-anak pun mudah terserang batuk dengan dimulai juga proses pembelajaran tatap muka di sekolah.

TBC Masih Jadi Penyakit Menular Serius, Bisa Ditularkan di Tempat Kerja

Bagi orangtua, kekhawatiran akan kondisi batuk pada anak tentu kerap membuat situasi menjadi panik. Meski seringkali berpaku pada obat-obat medis, tak ada salahnya untuk mencoba atasi gejala batuk Anda maupun pada si kecil dengan racikan rempah herbal yang ada di dapur, lho.

"Gunakan bahan herbal yang aman untuk anak kecil, agar bisa dikonsumsi orang dewasa hingga lansia. Ini juga mudah didapat dari dapur dan rempah. Manfaatkan bahan utamanya, daun sirih," ujar Praktisi herbal medik, Rianti Maharani, MSi., dalam acara Hidup Sehat tvOne, Jumat 2 September 2022.

Apakah Jahe Bisa Meredakan Batuk dan Radang Tenggorokan? Begini Faktanya

Menurut Rianti, hampir di setiap pekarangan rumah, ada daun sirih lantaran mudah ditanam dan mudah tumbuh. Sayangnya, lanjut Rianti, daun sirih tersebut jarang dimanfaatkan, yang sebenarnya dapat mengatasi berbagai masalah pada tubuh seperti keluhan batuk. 

Daun sirih merah.

Photo :
  • U-Report
Penggemar Khawatir Taylor Swift Sakit dan Bisa Batalkan Konser di Singapura

"Apalagi sekarang masih dalam kondisi pandemi. Khasiat daun sirih memang bisa obati atau atasi gejala batuk. Batuk yang bisa disembuhkan jenisnya, batuk berdahak dan kering. Jadi khasiat daun sirih karena bisa kurangi lendir yang tidak nyaman di tenggorokan. Respons tubuh kan mau keluarkan dahak tiap batuk," tambahnya.

Zat atsiri di daun sirih lah yang mampu mengurangi lendir berlebihan tersebut saat batuk. Bahan lain yang bisa ditambah adalah kayu manis, kapulaga, dan cengkeh.

"Pada kayu manis ada antioksidan tinggi dan khasiat lain seperti anti kolesterol, anti diabetes. Cengkeh sebagai obat batuk karena ada alkaloid khasiat antibakteri," tuturnya.

Ilustrasi kayu manis.

Photo :
  • pixabay/gokalpicsan

Selain itu pada kapulaga, bersifat menenangkan lantaran seringkali saat batuk membuat tubuh sulit tidur. Dengan kapulaga, maka zat di dalamnya bisa membuat tubuh rileks serta kurangi gejala batuk. Bahan tersebut kemudian direbus dan bisa diminum sebanyak 3 kali sehari sebanyak 1 gelas atau pada anak setengah gelas, setelah makan.

"Didihkan air 400 ml atau 2 gelas. Masukan 2 lembar daun sirih. Selanjutnya, masukan 1 jari kayu manis, potong kecil. Tambah 4 biji cengkeh, beberapa kapulaga. Rebus 15 menit, angkat, sajikan bisa dengan madu atau gula aren," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya