8 Cara Mencintai Diri Sendiri, Mudah dan Tidak Mahal

Ilustrasi Bahagia
Sumber :
  • pixabay

VIVA Lifestyle – Mencintai diri sendiri menjadi satu di antara cara untuk menemukan yang terbaik dari dirimu sehingga apa pun yang akan kamu lakukan, memiliki akhir yang manis.

6 Tips Kesehatan untuk Para Jemaah Haji Jelang Keberangkatan ke Tanah Suci

Namun, lebih mudah untuk mencintai orang lain daripada mencintai diri sendiri. Mungkin karena ada hal yang bisa membuat kamu tidak suka dengan keadaanmu saat ini.

Tak perlu melakukan hal khusus dan merepotkan, kamu bisa mulai mencintai diri sendiri dengan menerapkan berbagai cara serta kebiasaan yang mudah dan sederhana seperti ulasan Viva di bawah ini. Yuk scroll artikelnya berikut ini!

Manfaat Kalung Kesehatan, Solusi Nyata atau Sekadar Gaya?

1. Mengenali Diri Sendiri Terlebih Dahulu

Ilustrasi ketawa

Photo :
  • Pixabay.com
BPS Sebut Ketimpangan Gender Menurun pada 2023, Ini Buktinya

Cara mencintai diri sendiri yang pertama, yaitu dengan menerapkan self love atau belajar mengenal diri sendiri. Kamu bisa melakukan dengan mencoba berkomunikasi dan berdamai pada diri sendiri. Setelah itu, temukan berbagai jawaban yang mengganjal. Contohnya, apa yang ingin dicapai, apa ketakutan terbesar, dan apa kekuatan yang kamu punyai.

2. Memenuhi Kebutuhan Diri Sendiri Secara Baik

Wanita sedang sibuk berbelanja.

Photo :
  • http://www.dailysylvia.com

Cara mencintai diri sendiri bisa kamu lakukan dengan cara bersahabat dengan diri sendiri, seperti memperhatikan kebutuhan fisik, psikis, rohani, dan mental.

Serta juga bisa dilakukan dengan menjaga kesehatan tubuh. Self love tidak hanya masalah menerima diri sendiri saja, tetapi juga akan berusaha sebaik mungkin untuk memberikan yang terbaik termasuk menjaga kesehatan tubuh.

Dengan pola hidup sehat yang kamu lakukan secara rutin merupakan hadiah dan penghargaan pada diri sendiri.

Kamu menjaga kesehatan tubuh kamu dengan cara mencoba untuk tidur cukup selama 7 hingga 8 jam semalam, makan secara teratur sebanyak 3 kali sehari, melakukan olahraga, meluangkan waktu untuk mengurangi rasa stres dengan cara beribadah atau melakukan meditasi.

3. Meluangkan waktu tanpa gawai elektronik

Lebih canggih lagi sekarang kita bisa menghubungi orang yang ingin kita ajak silaturahmi mendengar suara bahkan bertatap mata langsung melalui hasil teknologi berupa handphone dan kecanggihan video call.

Photo :
  • vstory

Berikan waktu untuk diri sendiri untuk beristirahat dari melihat layar ponsel atau laptop. Penggunaan gawai karena pekerjaan atau lingkungan sosial memang kerap menguras pikiran.

Sebagai, kamu bisa bertemu teman atau melakukan hal baru yang mengasah kreativitas. Cara ini dapat membantu kamu mencari tahu apa yang dapat dilakukan tanpa harus melibatkan gawai elektronik.

4. Sediakan waktu untuk diri sendiri

Solo traveler Bhena Geerushtia di Flores

Photo :
  • Bhena Geerushtia

Walaupun sulit dilakukan, berusahalah waktu untuk melakukan hal yang kamu sukai. Bila perlu, perioritaskan aktivitas yang membuat kamu senang dan bahagia setiap hari.

Kamu bisa membaca buku, main teka-teki silang atau sudoku, mendengarkan musik, atau apa pun yang kamu suka di sela kesibukan.

Meski terkesan meremehkan, cara ini bisa membantu kamu menghargai dan mencintai diri sendiri, meredakan stres, sekaligus memberikan kepuasan pada diri sendiri.

5. Membersihkan Kamar

Ilustrasi membersihkan rumah

Photo :
  • Pusapu

membersihkan dan menata rumah atau kamar merupakan salah satu cara sederhana untuk mencintai diri sendiri yang kadang disepelekan.

Padahal, rumah yang bersih dan tertata rapi bisa memberikan suasana baru sehingga Kamu lebih bersemangat. Kamu pun bisa mengurangi kecemasan atau bahkan menemukan inspirasi baru untuk diri sendiri.

6. Meluapkan isi hati

liburan new normal

Photo :
  • U-Report

Jika kamu mengalami sebuah kejadian yang memicu, mengalami, atau mengecewakan, jangan memendamnya. Meluapkan isi hati bisa menjadi salah satu cara untuk melepaskan emosi yang terpendam dalam diri.

Kamu bisa meluapkannya dengan menulis di buku harian atau berbicara dengan diri sendiri, baik di dalam hati, di kamar mandi, atau di depan cermin.

Ketika bicara sendiri, berusaha menempatkan diri sebagai orang lain yang berbicara dengan diri Kamu. Isi obrolan ini akan melatih kamu agar lebih bisa menilai diri sendiri secara objektif. Alhasil, Kamu jadi lebih fokus dan fokus untuk menjadi lebih baik lagi.

7. Menyingkirkan pikiran negative

Ilustrasi membaca pikiran seseorang

Photo :
  • U-Report

Tak hanya melepaskan emosi yang terpendam, kamu pun perlu menghilangkan pikiran-pikiran negatif. kadang-kadang pikiran-pikiran negatif inilah yang membuat kamu tersiksa dan kerap diri sendiri.

Coba memiliki hal-hal yang positif agar kamu menjadi lebih percaya diri dan mencintai diri sendiri, misalnya kelebihan yang kamu miliki.

Kamu pun perlu mengurangi konsumsi berita negatif yang memicu pikiran negatif terus-menerus. Buatlah jadwal untuk membuka media sosial sesedikit mungkin.

8. Mengelilingi diri dengan orang-orang positif

Ilustrasi, orang-orang berjiwa positif.

Photo :
  • U-Report

Salah satu cara untuk mencintai diri sendiri yakni berada di antara orang-orang yang positif dan mencintai kamu.

Berkumpul dengan orang-orang yang positif dapat menghadirkan suasana dan kebiasaan yang positif pula pada diri kamu. Hal ini bisa membuat diri kamu jadi lebih baik. Sebaliknya, akhiri semua hubungan toksik yang justru merugikan kamu.

Nah, itu deretan cara mencintai dan menyenangkan diri yang Viva dapat berikan ke kamu! Smoga bermanafaat dan terus menyenangkan ya!

Teuku Ryan

Sebut Ria Ricis Istri Durhaka, Ini Pembelaan Teuku Ryan

Teuku Ryan menyebut bahwa kalimat tersebut terlontar dari mulutnya lantaran dalam keadaan emosi.

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024