8 Makanan Pantangan untuk Penderita Darah Tinggi, Wajib Patuh!

Garam
Sumber :
  • pixabay

VIVA Lifestyle – Pantangan darah tinggi atau dalam dunia medis disebut hipertensi adalah salah satu awal penyakit jantung. Jika tidak diobati, hipertensi dapat merusak arteri kamu dan menyebabkan komplikasi serius seperti serangan jantung. Jika tekanan darah kamu tetap tinggi selama periode waktu yang berkelanjutan, dokter kamu mungkin akan meresepkan obat untuk menurunkannya. 

5 Makanan yang Wajib Dihindari oleh Wanita Hamil, dari Daging Mentah hingga Kafein

Tetapi bahkan jika kamu minum obat tekanan darah tinggi, kamu juga harus berupaya mengurangi hipertensi dengan menghindari jenis makanan tertentu. Ini adalah makanan yang harus dihindari dengan tekanan darah tinggi untuk menjaga kesehatan jantung dan menurunkan risiko serangan jantung atau stroke. Nah, berikut pantangan darah tinggi yang dirangkum dari Health Grades.

Yuk scroll ke bawah untuk tahu informasinya!

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

1. Garam

Garam

Photo :
  • Pixabay
Ramalan Zodiak Jumat 26 April 2024: Taurus Harus Waspada dengan Rekan Kerja, Leo Kena Tekanan Mental

Garam menduduki puncak daftar makanan yang harus dihindari oleh orang dengan hipertensi. Sodium meningkatkan jumlah cairan dalam darah Anda, yang meningkatkan tekanan darah kamu.  Kamu tidak boleh menambahkan jenis garam apa pun ke makanan kamu jika kamu memiliki tekanan darah tinggi. 

Hari ini kamu dapat membeli berbagai macam makanan pantangan darah tinggi ini yang terlihat lebih menarik daripada garam meja biasa. Tapi tidak ada tambahan garam yang bisa dianggap sehat bagi seseorang dengan tekanan darah tinggi. 

Sebagai gantinya, cobalah membumbui makanan kamu dengan bumbu dan rempah-rempah yang beraroma dan bebas garam. Makanan mungkin terasa hambar saat pertama kali kamu meletakkan pengocok garam, tetapi langit-langit mulut kamu akan beradaptasi dengan cepat.

2. Pizza

Ilustrasi pizza.

Photo :
  • Ist.

Jumlah garam dalam pizza sangat mencengangkan. Satu pizza pepperoni berukuran sedang mungkin mengandung hampir 3.500 miligram sodium, lebih dari dua kali lipat tunjangan yang direkomendasikan American Heart Association sebesar 1.500 miligram per hari. Untuk memperbaiki makanan pantangan darah tinggi kamu, jangan memesan pengiriman. 

Sebagai gantinya, buatlah pizza sehat jantung kamu sendiri menggunakan roti pipih dan satu porsi masing-masing saus pizza kalengan, mozzarella bagian-skim, dan pepperoni kalkun. Pizza buatan sendiri tidak hanya akan mengandung kira-kira setengah natrium dari pizza yang disiapkan secara komersial, tetapi kamu dapat memakan semuanya tanpa rasa bersalah.

3. Keripik Kentang atau Camilan Asin Lainnya

Keripik kentang.

Photo :
  • Pixabay

Makanan pantangan tekanan darah tinggi selanjutnya yang harus dihindari terletak pada kelompok makanan ringan asin. Tidak hanya tingkat natrium yang tinggi dari makanan ringan ini meningkatkan hipertensi, tetapi kegemukan mereka berkontribusi pada penambahan berat badan dan kesehatan jantung yang buruk. 

Ketika kamu harus meredakan keinginan untuk camilan yang renyah dan asin, cobalah makan porsi kecil dari varietas rendah sodium sebagai gantinya. Kamu juga bisa mengganti porsi kecil kacang tawar atau sedikit asin, yang memberikan lebih banyak nutrisi daripada keripik. Untuk kesehatan jantung terbaik, timbang atau ukur porsi kamu untuk menghindari makan terlalu banyak makanan ini.

4. Daging Olahan

Daging deli atau olahan

Photo :
  • U-Report

Daging olahan tidak hanya mengandung natrium dalam jumlah berlebihan, tetapi biasanya sangat berlemak dan berkontribusi pada kesehatan yang buruk secara keseluruhan. Sebelum kamu membeli segala jenis daging olahan baik yang sudah dikemas atau dari deli lokal Anda, lakukan sedikit riset. 

Baca label pada daging makan siang kemasan untuk melihat informasi natrium. Juga, cari informasi nutrisi untuk merek daging deli irisan counter lokal kamu sehingga kamu dapat membuat pilihan yang tepat sebelum kamu membuat sandwich pastrami berikutnya. Beberapa merek menjual varietas rendah sodium.

5. Sayuran Kalengan Biasa, termasuk Kacang

Ilustrasi daging

Photo :
  • cookist

Diet jantung sehat harus mencakup banyak sayuran segar dan serat seperti jenis yang ditemukan dalam kacang-kacangan. Beku juga bagus, tapi perhatikan garam dan mentega tambahan dan pilih paket sayuran polos. Jika kamu tidak memiliki akses ke sayuran segar atau kamu tidak punya waktu untuk membelinya, kamu dapat memilih versi kalengan. 

Makanan pantangan darah tinggi ini bisa menjadi pilihan yang baik untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi jika kamu memilih varietas rendah sodium atau tanpa garam. Sebagai alternatif, kamu bisa mengeringkan dan membilas sayuran dan kacang kalengan biasa untuk menghilangkan banyak natrium yang ditambahkan. Kemudian bumbui dengan bumbu dan nikmatilah!

6. Gula

rasberry, gula pasir, gula putih

Photo :
  • Pixabay/ Myriams-Fotos

Siapapun dengan hipertensi akan melakukannya dengan baik untuk memantau asupan gula mereka. Studi orang dengan diabetes menunjukkan beberapa korelasi antara konsumsi gula yang berlebihan dan peningkatan tekanan darah. Bahkan jika kamu tidak menderita diabetes, menghindari tambahan gula dalam diet kamu adalah keputusan yang cerdas. 

Untuk memulai, hindari minuman ringan dan buah kalengan dalam sirup. Baca label untuk mempelajari total gula yang terkandung dalam produk kemasan. Usahakan untuk menjaga konsumsi gula kamu seminimal mungkin, dan kamu mungkin melihat angka tekanan darah kamu turun.

7. Alkohol

Ilustrasi Scotch whisky/minuman beralkohol.

Photo :
  • Freepik/rawpixel.com

Apakah konsumsi alkohol buruk bagi kesehatan Anda? Tim peneliti masih menyelesaikan pertanyaan ini. Saat ini, American Heart Association merekomendasikan orang dengan hipertensi untuk menghindari konsumsi alkohol yang berlebihan, termasuk anggur merah. 

Jika kamu minum alkohol, batasi diri kamu untuk dua minuman per hari atau kurang. Ingatlah bahwa alkohol dalam bentuk apa pun juga dapat berinteraksi dengan obat jantung yang kamu minum, jadi bicarakan dengan dokter atau apoteker kamu sebelum kamu menaikkan pint bir berikutnya.

8. Kafein dan Minuman Energi

Minuman berkafein.

Photo :
  • MedicineNet

Kafein dari sumber apa pun menyebabkan pembuluh darah menyempit, yang dapat meningkatkan darah tekanan. Kopi, minuman energi, soda, teh adalah daftar minuman yang mengandung kafein sangat tinggi. Sebelum kamu mengonsumsi minuman apa pun yang bukan 100% air, baca labelnya untuk meninjau informasi kafein. 

Bahkan soda bebas gula pun masih bisa mengandung kafein, jadi pilihlah dengan hati-hati. Minuman energi tanpa kafein mungkin juga bukan pilihan yang baik, karena beberapa di antaranya mengandung gula. Untuk meningkatkan tingkat energi Anda, cobalah berolahraga secara teratur. Ini lebih baik untuk kesehatan jantung kamu secara keseluruhan juga.

Ilustrasi perut buncit

5 Tips Ampuh untuk Hilangkan Lemak Perut yang Bikin Susah Gerak

Lemak perut seringkali menjadi momok bagi orang dewasa. Selain mengganggu penampilan dan membatasi gerak, ternyata lemak perut juga menyimpan bahaya kesehatan yang serius

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024