7 Penyebab Umum Munculnya Bintik Merah di Kulit

Ilustrasi Cacar Air
Sumber :
  • Cleveland clinic

VIVA Lifestyle – Bintik merah pada kulit dapat disebabkan oleh beanyak faktor, umumnya, bintik merah muncul disebabkan gigitan serangga, alergi obat, cacar air, keringat dan lain-lain. Namun, sebagian besar bintik merah di kulit dapat hilang sendiri secara alami, tetapi beberapa ada juga yang memerlukan perawatan khusus.

Waspada! Flu Singapura Merebak, Kenali Gejala dan Cara Pencegahannya

Biasanya bintik merah akan muncul di area punggung, perut, dada, lengan dan kaki. Untuk mengetahui penjelasan lengkapnya mengenai penyebab bintik merah muncul di kulit, yuk scroll ulasannya berikut ini:

Ilustrasi cacar monyet/monkeypox.

Photo :
  • Freepik
PM Israel Benjamin Netanyahu Menjalani Operasi Hernia, Kenali Gejala dan Penyebabnya!

Penyebab bintik merah di kulit
Seperti yang sudah dijelaskan di awal, bintik merah di kulit dapat disebabkan beberapa faktor, oleh karena itu, memahami penyebab munculnya bintik merah sangat diperlukan untuk membantu kamu mengetahui penanganan yang dibutuhkan dengan tepat.

1. Cacar air

5 Alasan Mengapa Bulu Kucing Peliharaanmu Rontok

Seperti dikutip dari beberapa sumber. Cacar air dapat menyebabkan bintik merah pada kulit yang bisa menyebar ke seluruh tubuh. Bintik merah tersebut berisi cairan bening yang melepuh. Jika bintik merah tersebut pecah atau mengelupas, bintik baru akan muncul.

Penyakit yang disebabkan oleh virus ini dapat menyerang anak kecil serta orang dewasa dan sangat mudah menular. Bahkan, berada dalam satu ruangan dengan penderita cacar air sangat memungkinkan seseorang untuk tertular.

2. Gigitan serangga

Bekas luka akibat gigitan serangga

Photo :
  • U-Report

Penyebab bintik merah di kulit selanjutnya adalah gigitan serangga. Gigitan serangga bisa menimbulkan bercak merah pada kulit disertai gatal, nyeri, dan pembengkakan di area kulit yang terkena gigitan. Bila perlu, kamu bisa mengatasinya dengan obat antinyeri. Penggunaan kompres dingin juga dapat membantu untuk menenangkan kulit yang digigit serangga.

3. Biang keringat

Kondisi ini disebabkan oleh keringat yang terjebak di bawah lapisan kulit. Bentuk biang keringat berbeda-beda, seperti ruam di struktur kulit lapisan atas, ruam yang berisi cairan, atau ruam yang menyebabkan luka terbuka.

Gangguan pada kulit ini biasanya akan sembuh dengan sendirinya, tapi bisa bertambah parah dan menyebar, tergantung perawatan kulit yang dilakukan. Karena penyebab utama bintik merah pada kulit ini adalah keringat, sebaiknya hindari aktivitas yang membuat tubuh berkeringat.

4. Alergi obat

Ilustrasi kulit gatal.

Photo :
  • U-Report

Penyebab bintik merah di kulit yang keempat adalah alergi obat. Memang beberapa orang tidak mengalami ini, namun bagi sebagian orang alergi obat dapat menyebabkan bintik merah di kulit mereka. Bintik merah alergi obat sifatnya bisa ringan hingga berat. Kondisi ini juga dapat disertai gatal yang menyebabkan kulit mengelupas jika digaruk terlalu keras.

5. Biduran

Bintik merah di kulit juga dapat terjadi akibat biduran. Biduran adalah munculnya benjolan merah pucat pada kulit secara tiba-tiba. Rasa gatal ini dapat disebabkan oleh bahan kimia dalam makanan tertentu, sengatan serangga, sinar matahari, atau obat-obatan.

Biduran akut berlangsung kurang dari 6 minggu, sedangkan kondisi yang kronis dapat bertahan hingga lebih dari 6 minggu. Perawatan terbaik untuk kondisi ini adalah dengan menghilangkan pemicunya.

6. Scabies (kudis)

Ilustrasi cacar air.

Photo :
  • U-Report

Kudis bisa menyebar dengan cepat dari kulit ke kulit atau benda-benda yang digunakan pada kulit berkerak. Pada seseorang, scabies bisa hidup selama 1 sampai 2 bulan, tapi saat berpindah ke tubuh orang lain melalui perantara akan bertahan dalam 2 atau 3 hari.

Kondisi ini bisa disembuhkan dengan obat-obatan yang membunuh parasit sekaligus telur-telurnya pada kulit. Scabies tidak akan bertahan jika suhu sekitarnya 50 °C.

7. Campak

Penderita campak biasanya akan mengalami bintik merah pada kulit dalam jangka waktu tiga sampai dengan lima hari. Ruam dan bintik ini menyebar dari wajah hingga ke seluruh tubuh. Selain itu, penderita campak juga bisa teserang demam dengan suhu berkisar 40°C.

Ilustrasi pusing dan mual saat naik mobil.

Gak Perlu Obat, Tekan Sejumlah Titik Ini agar Tak Mabuk saat Mudik

Mabuk perjalanan menjadi salah satu masalah kesehatan yang umum terjadi saat melakukan perjalanan jauh termasuk saat musim mudik Lebaran seperti saat ini.

img_title
VIVA.co.id
6 April 2024