Ini Perbedaan Antara Eksim dan Psoriasis, Jangan Samakan!

Ilustrasi gatal.
Sumber :

VIVA Lifestyle – Selain jerawat, terdapat masalah kulit yang juga sama peliknya, yakni eksim atau eczema dan psoriasis. Eksim pada wajah atau bagian tubuh lainnya ditandai dengan kondisi kulit yang kering dan meradang. 

Biar Aman dan Terpercaya, 5 Faktor Ini Wajib Dipertimbangkan saat Pilih Klinik Kecantikan

Sedangkan psoriasis adalah peradangan pada kulit yang menyebabkan kulit bersisik, menebal, mudah terkelupas, dan kadang juga terasa gatal. Scroll untuk mengetahui lebih jauh perbedaan antara keduanya. 

Dilansir Medical News Today, psoriasis terjadi ketika sistem kekebalan menyebabkan sel-sel kulit tumbuh lebih cepat dari biasanya, dan sel-sel mati menumpuk di permukaan kulit alih-alih rontok. 

Banyak Aktivitas Luar Ruangan, Ria Ricis Risih dengan Kulit Wajahnya yang Menghitam

Eksim yang juga dikenal sebagai dermatitis atopik, dapat menyebabkan pembengkakan, kulit kering, ruam dan gatal. Kedua kondisi tersebut dapat menyebabkan kulit memerah, teriritasi dan gatal, tetapi memiliki penyebab dan cara perawatan yang berbeda. 

Ilustrasi kulit gatal.

Photo :
  • Freepik/wayhomestudio
5 Dampak Buruk Stres Buat Kesehatan Kulit, Penuaan Dini Hingga Bikin Kusam

Gejala psoriasis
Ada beberapa jenis psoriasis dan gejalanya dapat bervariasi. Psoriasis plak adalah jenis yang paling umum dan mewakiliki 80-90 persen kasus psoriasis. Psoriasis plak mneyebabkan area kulit yang tebal dan terangkat sehingga disebut plak. Area-area ini mungkin akan bersisik, gatal dan berbeda ukuran. 

Penting untuk dicatat, psoriasis dapat muncul secara berbeda tergantung pada warna kulit seseorang. Pada kulit putih misalnya, psoriasis dapat menyebabkan bercak merah, sedangkan pada kulit gelap dapat menyebabkan bercak abu-abu, ungu atau pucat.

Gejala eksim
Eksim paling sering tejadi pada bayi dan anak-anak, tetapi juga bisa menyerang remaja dan orang dewasa. Ada beberapa jenis eksim, namun beberapa gejala umumnya antara lain, kulit kering, gatal dan ruam di bagian dalam siku, belakang lutut, wajah, tangan dan kaki.

Ilustrasu ruam

Photo :
  • Times of India

Pengobatan psoriasis
Faktor-faktor tertentu dapat memicu episode psoriasis atau memperburuk yang sedang berlangsung. Beberapa pemicunya antara lain, infeksi, cuaca dingin, terbakar sinar matahari atau cuaca panas, konsumsi alkohol berlebihan, merokok, dan obat-obatan tertentu. 

Menghindari pemicu-pemicu tersebut dapat membantu meringankan gejalanya. Dokter mungkin akan meresepkan salah satu obat berikut untuk mengobati psoriasis, di antaranya kortikosteroid topikal, anthralin, asam salisilat, krim dan larutan vitamin D, atau retinoid topikal. 

Pengobatan eksim
Banyak faktor yang dapat memicu eksim termasuk reaksi alergi. Untuk orang dengan eksim, menghindari alergen mungkin dapat membantu mencegahnya kambuh. Paparan debu juga dapat menyebabkan eksim. 

Cara lain untuk mencegah atau mengurangi gejala eksim antara lain, menghindari produk sabun yang keras dan terlalu wangi, tidak mandi air panas atau terlalu lama, mengoleskan krim kortikosteroid topikal ke area gatal, mengambil antihistamin seperti diphenhydramine (Histergan), mengoleskan kompres dingin atau basah pada kulit untuk mengurangi gatal, kurangi stres dengan meditasi, yoga atau tai chi, serta menghindari suhu yang sangat panas karena keringat dapat memperburuk gejalanya. 

Ilustrasi alergi

Photo :
  • Pixabay/PublicDomainPictures

Founder PT. Bionatura Berkat Abadi (Biotalk) Wiwiek Wiral Arbi mengatakan, Biotalk juga mampu jadi solusi dari permasalahan kulit yang banyak dialami oleh masyarakat Indonesia. Terutama masalah kulit seperti eksim, psoriasis, bekas luka, dan stretchmark.

“Biotalk menggunakan bahan natural, tidak menggunakan harsh chemicals, dan aman digunakan oleh pejuang eksim dan psoriasis," ujar Wiwiek dalam keterangannya, Jumat 2 September 2022. 

Adapun tiga kategori produk Biotalk yaitu natural bar soap, body care (lotion dan salve), dan skincare. Empat kandungan utama produk Biotalk seperti calendula, coffee, kefir, dan charcoal dapat meredakan gejala eksim sekaligus memudarkan bekasnya. 

"Produk kami dapat digunakan oleh pria dan wanita. Bar soap dan body care bisa digunakan dari usia 6 bulan, sementara skincare dari usia 15 tahun. Biotalk juga aman bagi ibu hamil, menyusui, dan kulit sensitif,” tambah Wiwiek.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya