Gejala Campak, Tindakan, dan Cara Pencegahan

Anak terserang campak.
Sumber :
  • http://herusupanji.blogspot.com

VIVA LifestyleGejala campak harus kamu ketahui dan perhatikan agar cepat diatasi oleh dokter. Campak adalah penyakit serius yang sangat menular yang disebabkan oleh virus. Sebelum pengenalan vaksin campak pada tahun 1963 dan vaksinasi yang meluas, epidemi besar terjadi kira-kira setiap 2-3 tahun dan campak menyebabkan sekitar 2,6 juta kematian setiap tahun.

Ramalan Zodiak Jumat 26 April 2024: Taurus Harus Waspada dengan Rekan Kerja, Leo Kena Tekanan Mental

Dikutip dari World Health Organization, lebih dari 140.000 orang meninggal karena campak pada tahun 2018 yang kebanyakan anak-anak di bawah usia 5 tahun, meskipun tersedianya vaksin yang aman dan efektif.

Campak disebabkan oleh virus dalam keluarga paramyxovirus dan biasanya ditularkan melalui kontak langsung dan melalui udara. Virus menginfeksi saluran pernapasan, kemudian menyebar ke seluruh tubuh. Campak adalah penyakit manusia dan tidak diketahui terjadi pada hewan.

5 Tips Merawat Kucing Peliharaan Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit

Kegiatan imunisasi yang dipercepat memiliki dampak besar pada penurunan kematian akibat campak. Selama tahun 2000– 2018, vaksinasi campak mencegah sekitar 23,2 juta kematian. Kematian akibat campak global telah menurun sebesar 73% dari perkiraan 536.000 pada tahun 2000* menjadi 142.000 pada tahun 2018.

Tanda dan gejala campak

Bukan Cuma Biar Adem, Tidur Telanjang Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan

Campak Jerman.

Photo :
  • U-Report

Tanda pertama campak biasanya demam tinggi, yang dimulai sekitar 10 hingga 12 hari setelah terpapar virus, dan berlangsung selama 4 hingga 7 hari. Hidung meler, batuk, mata merah dan berair, dan bintik-bintik putih kecil di dalam pipi dapat berkembang pada tahap awal. 

Setelah beberapa hari, ruam muncul, biasanya di wajah dan leher bagian atas. Selama sekitar 3 hari, ruam menyebar, akhirnya mencapai tangan dan kaki. Ruam berlangsung selama 5 sampai 6 hari, dan kemudian memudar. Rata-rata, ruam terjadi 14 hari setelah terpapar virus (dalam kisaran 7 hingga 18 hari).

Sebagian besar kematian terkait campak disebabkan oleh komplikasi yang terkait dengan penyakit tersebut. Komplikasi serius lebih sering terjadi pada anak-anak di bawah usia 5 tahun, atau orang dewasa di atas usia 30 tahun. 

Komplikasi yang paling serius termasuk kebutaan, ensefalitis (infeksi yang menyebabkan pembengkakan otak), diare parah dan dehidrasi terkait, infeksi telinga, atau pernapasan parah. infeksi seperti pneumonia. 

Campak parah lebih mungkin terjadi pada anak-anak yang kurang gizi, terutama mereka yang kekurangan vitamin A, atau yang sistem kekebalannya telah dilemahkan oleh HIV/AIDS atau penyakit lainnya.

Siapa yang berisiko terkena campak?

Pemberian Vaksin Campak Rubella

Photo :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Anak-anak kecil yang tidak divaksinasi berada pada risiko tertinggi campak dan komplikasinya, termasuk kematian. Wanita hamil yang tidak divaksinasi juga berisiko. Setiap orang yang tidak kebal (yang belum divaksinasi atau divaksinasi tetapi tidak mengembangkan kekebalan) dapat terinfeksi.

Campak masih umum di banyak negara berkembang, terutama di beberapa bagian Afrika dan Asia. Sebagian besar (lebih dari 95%) kematian akibat campak terjadi di negara-negara dengan pendapatan per kapita rendah dan infrastruktur kesehatan yang lemah.

Wabah campak bisa sangat mematikan di negara-negara yang mengalami atau baru pulih dari bencana alam atau konflik. Kerusakan infrastruktur kesehatan dan layanan kesehatan mengganggu imunisasi rutin, dan kepadatan penduduk di kamp-kamp perumahan sangat meningkatkan risiko infeksi.

Penularan

Pemberian Vaksin Campak Rubella

Photo :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Campak adalah salah satu penyakit paling menular di dunia. Ini menyebar melalui batuk dan bersin, kontak pribadi yang dekat atau kontak langsung dengan sekresi hidung atau tenggorokan yang terinfeksi.

Virus tetap aktif dan menular di udara atau di permukaan yang terinfeksi hingga 2 jam. Ini dapat ditularkan oleh orang yang terinfeksi dari 4 hari sebelum timbulnya ruam hingga 4 hari setelah ruam meletus.

Wabah campak dapat mengakibatkan epidemi yang menyebabkan banyak kematian, terutama di kalangan anak-anak muda yang kekurangan gizi. Di negara-negara di mana campak sebagian besar telah dieliminasi, kasus yang diimpor dari negara lain tetap menjadi sumber infeksi yang penting.

Tindakan jika terkena campak

Pemberian Vaksin Campak Rubella

Photo :
  • ANTARA FOTO/Fahrul Jayadiputra

Tidak ada pengobatan antivirus khusus untuk virus campak. Komplikasi parah dari campak dapat dikurangi melalui perawatan suportif yang memastikan nutrisi yang baik, asupan cairan yang cukup dan pengobatan dehidrasi dengan larutan rehidrasi oral yang direkomendasikan WHO. Solusi ini menggantikan cairan dan elemen penting lainnya yang hilang melalui diare atau muntah. Antibiotik harus diresepkan untuk mengobati infeksi mata dan telinga, dan pneumonia.

Semua anak yang didiagnosis campak harus menerima dua dosis suplemen vitamin A, yang diberikan dalam interval 24 jam. Perawatan ini mengembalikan kadar vitamin A yang rendah selama campak yang terjadi bahkan pada anak-anak yang bergizi baik dan dapat membantu mencegah kerusakan mata dan kebutaan. Suplemen vitamin A juga telah terbukti mengurangi jumlah kematian akibat campak.

Pencegahan

Pemberian Vaksin Campak Rubella

Photo :
  • ANTARA FOTO/Fahrul Jayadiputra

Vaksinasi campak rutin untuk anak-anak, dikombinasikan dengan kampanye imunisasi massal di negara-negara dengan kasus dan tingkat kematian yang tinggi, merupakan strategi kesehatan masyarakat utama untuk mengurangi kematian akibat campak global. Vaksin campak telah digunakan selama hampir 60 tahun. Ini aman, efektif dan murah. Biayanya kira-kira satu dolar AS untuk mengimunisasi seorang anak terhadap campak.

Vaksin campak sering digabungkan dengan vaksin rubella dan/atau gondok. Ini sama-sama aman dan efektif dalam bentuk tunggal atau gabungan. Menambahkan rubella ke vaksin campak hanya meningkatkan biaya sedikit, dan memungkinkan pembagian biaya pengiriman dan administrasi.

Pada tahun 2018, sekitar 86% anak-anak di dunia menerima 1 dosis vaksin campak pada ulang tahun pertama mereka melalui layanan kesehatan rutin – naik dari 72% pada tahun 2000. Dua dosis vaksin direkomendasikan untuk memastikan kekebalan dan mencegah wabah, sekitar 15% anak-anak yang divaksinasi gagal mengembangkan kekebalan dari dosis pertama. Pada tahun 2018, 69% anak menerima dosis kedua vaksin campak.

Dari perkiraan 19,2 juta bayi yang tidak divaksinasi minimal satu dosis vaksin campak melalui imunisasi rutin pada tahun 2018, sekitar 6,1 juta berada di 3 negara: India, Nigeria, dan Pakistan.

Demikian ulasan tentang gejala campak, tindakan, hingga cara pencegahan. Semoga artikel ini menambah wawasan kamu dan bermanfaat.

Buah Alpukat - Photo by Kelly Sikkema on Unsplash

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Alpukat, buah lezat yang seringkali dijuluki sebagai mentega alami, bukan hanya memberikan cita rasa yang lezat di dalam hidangan, tetapi juga menawarkan sejumlah manfaat

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024