Studi: Tingkat Leukemia Lebih Tinggi pada Anak Lahir Dekat Fracking

Ilustrasi anak-anak
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

VIVA Lifestyle  – Anak-anak yang lahir di dekat fracking dan lokasi pengeboran "tidak konvensional" lainnya berisiko 2 hingga 3 kali lebih besar terkena leukemia pada masa kanak-kanak, menurut sebuah studi baru.

Anwar Fuady Mau Nikah di Usia 77, Begini Respons Anak-anaknya

Studi yang diterbitkan dalam jurnal Environmental Health Perspectives membandingkan kedekatan rumah dengan situs pengembangan minyak dan gas (UOGD) yang tidak konvensional dan risiko bentuk leukemia anak yang paling umum, leukemia limfoblastik akut (ALL).

Ilustrasi leukemia.

Photo :
  • U-Report
Pentingnya Menetapkan Batasan Gadget pada Anak, Para Orang Tua Harus Tahu

Para peneliti mengamati 405 anak-anak 2 hingga 7 yang didiagnosis dengan ALL di Pennsylvania dari 2009 dan 2017. Anak-anak ini dibandingkan dengan kelompok kontrol yang terdiri dari 2.080 tanpa penyakit yang cocok pada tahun kelahiran.

"Pengembangan minyak dan gas yang tidak konvensional dapat menggunakan dan melepaskan bahan kimia yang telah dikaitkan dengan kanker," kata rekan penulis studi Nicole Deziel dari Yale School of Public Health dalam sebuah pernyataan . Dia mencatat bahwa kemungkinan bahwa anak-anak yang tinggal di dekat situs tersebut "terpapar karsinogen kimia ini merupakan masalah kesehatan masyarakat yang utama."

Bukan Hanya Mengedukasi, Tempat Ini Buat Nyaman Anak dan Orangtua

Ilustrasi anak menangis

Photo :
  • Unsplash

Sekitar 17 juta orang Amerika tinggal dalam jarak setengah mil dari produksi minyak dan gas aktif, menurut Peta Ancaman Minyak & Gas, Common Dreams melaporkan. Jumlah itu termasuk 4 juta anak.

Studi Yale juga menemukan bahwa air minum bisa menjadi jalur penting paparan bahan kimia terkait minyak dan gas yang digunakan dalam metode ekstraksi UOGD.

Hajrudin Kamenjas, fans Zlatan Ibrahimovic penderita leukemia

Photo :
  • Soccerly,com

Para peneliti menggunakan metrik baru yang mengukur paparan air minum yang terkontaminasi dan jarak ke sumur. Mereka mampu mengidentifikasi sumur yang terkena dampak UOG yang berada di dalam daerah aliran sungai di mana anak-anak dan keluarga mereka kemungkinan memperoleh air.

“Studi kesehatan sebelumnya telah menemukan hubungan antara kedekatan dengan pengeboran minyak dan gas dan berbagai hasil kesehatan anak-anak,” kata Deziel. "Studi ini adalah salah satu dari sedikit yang fokus pada air minum secara khusus dan yang pertama menerapkan metrik baru yang dirancang untuk menangkap potensi paparan melalui jalur ini."

Dimana, leukemia sendiri merupakan kanker darah yang disebabkan oleh peningkatan jumlah sel darah putih dalam tubuh Anda. Sel-sel darah putih itu mengeluarkan sel darah merah dan trombosit yang dibutuhkan tubuh Anda untuk menjadi sehat. Sel darah putih ekstra tidak bekerja dengan benar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya