6 Hal Ini Terjadi pada Tubuh Saat Makan Kentang 

Kentang
Sumber :
  • Eat This

VIVA Lifestyle – Meski belum menjadi makanan utama, namun dengan perubahan gaya hidup, konsumsi kentang menjadi salah satu pilihan. Misalnya, ketika banyak orang berpikir tentang "karbohidrat", kentang mungkin adalah salah satu makanan pertama yang terlintas dalam pikiran. 

5 Manfaat Rebusan Air Daun Salam, Bisa Bantu Kurangi Kadar Gula Darah

Juga, kebanyakan orang mungkin menyadari fakta bahwa hidangan kentang seperti kentang goreng tidak sesehat — katakanlah, wortel — dan dapat meningkatkan risiko terkena penyakit kardiovaskular karena kandungan lemak dan garamnya yang tinggi jika dimakan berlebihan. .

Tetapi meskipun kentang sering mendapatkan reputasi buruk, kenyataannya adalah mereka sebenarnya adalah sayuran padat nutrisi, menyediakan tubuh dengan karbohidrat kompleks dan nutrisi penting lainnya.

Begini Penampakan Mengerikan Belut Besar yang Ditemukan Hidup di dalam Perut Seorang Pria

Dengan kulitnya, kentang berukuran sedang, 213 gram mengandung sekitar 164 kalori dan menyediakan 4,5 gram serat, hampir 20% dari kebutuhan kalium harian Anda, 46% dari kebutuhan vitamin C harian Anda, dan 4,4 gram protein nabati. Selain banyak nutrisi lain, itu juga merupakan sumber vitamin yang baik, termasuk vitamin B6 (37% DV).

"Banyak orang berpikir ubi jalar lebih baik untuk Anda, tapi itu sebenarnya tidak benar," kata Amy Goodson, MS, RD, CSSD, LD, penulis The Sports Nutrition Playbook, dan anggota dewan ahli medis dilansir dari Eat This. 

Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes

Ia menambahkan, "Nutrisinya cukup dekat dengan ubi putih yang lebih tinggi potasiumnya, dan ubi jalar yang lebih tinggi beta-karotennya, memberi mereka warna oranye."

Jadi, apa saja hal yang mungkin tidak Anda ketahui tentang kentang dan nasibnya? Berikut adalah beberapa hal yang terjadi pada tubuh saat makan kentang.

1. Meningkatkan kesehatan usus 

Kentang

Photo :
  • Eat This

Jika Anda khawatir tentang kentang tumbuk panas yang meningkatkan gula darah, biarkan dingin sebelum dimakan. Saat Anda makan kentang yang panas, patinya dengan cepat dicerna menjadi glukosa, yang meningkatkan gula darah. 

Tetapi ketika kentang yang dimasak dibiarkan dingin, patinya berubah menjadi apa yang dikenal sebagai pati resisten tipe 3, yang bertindak sebagai serat larut dan tidak larut sehingga tidak dapat dicerna.

Dalam menahan pencernaan, gula dari pati ini tidak diserap ke dalam aliran darah. Sebaliknya, pati resisten bergerak ke usus besar, di mana ia dipecah oleh bakteri sehat, dan sebagai prebiotik, ia memberi makan mikrobiota usus. 

Menjaga mikrobiota usus Anda tetap sehat dapat mengurangi risiko mengembangkan sejumlah kondisi kesehatan, termasuk peradangan, sindrom iritasi usus besar (IBS), dan bahkan kanker usus besar.

2. Mendukung penurunan berat badan

Rendah kalori, tinggi kandungan air, dan dengan serat dan protein dalam jumlah sedang, jika disiapkan dengan mempertimbangkan kesehatan dan kebugaran, satu porsi kentang bisa baik untuk menurunkan berat badan, terutama jika Anda mempertimbangkan seberapa mengenyangkannya.

Kentang rebus mendapat peringkat 323 pada Indeks Kekenyangan Makanan Umum, tertinggi untuk rasa kenyang dari 38 makanan yang diuji, yang lebih tinggi dari makanan memuaskan lainnya seperti telur, kacang-kacangan, steak, dan ikan. 

Dalam sebuah studi 2018 berjudul "Kekenyangan Subjektif Setelah Makan yang Memasukkan Nasi, Pasta, dan Kentang," peneliti membandingkan perasaan kenyang peserta setelah makan makanan yang mengandung makanan ini dan menemukan bahwa orang merasa kurang lapar serta lebih kenyang dan puas setelah makan dengan kentang.

3. Menyebabkan penambahan berat badan

Berat badan

Photo :
  • Eat This

Kentang sendiri tidak terlalu tinggi kalori. Tetapi bagaimana mereka disiapkan dan ukuran porsi yang Anda makan pada akhirnya membuat perbedaan dalam hal nilai gizi potensial dan kecenderungan untuk menyebabkan penambahan berat badan. 

Misalnya, satu porsi kentang au gratin berbahan dasar mentega, yang biasanya mencakup remah roti, keju cheddar, dan susu dilaporkan mengandung 323 kalori dan 11,6 gram lemak jenuh.

Konsumsi kentang goreng secara teratur juga diketahui menyebabkan penambahan berat badan. Misalnya, sebuah studi tahun 2007 dari The American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa makan makanan yang digoreng seperti kentang goreng secara langsung terkait dengan obesitas. 

4. Meningkatkan gula darah

Setiap kali Anda makan karbohidrat, gula darah Anda bisa naik. Peningkatan gula darah dari waktu ke waktu dapat menyebabkan pradiabetes, resistensi insulin, dan diabetes tipe 2. 

Jika dimakan secara teratur, kentang goreng, seperti kentang goreng atau keripik, dapat meningkatkan risiko diabetes, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung.

Menurut Goodson, bahkan kentang rebus dan panggang yang sangat mengenyangkan dan bergizi dapat meningkatkan berat badan.

"Kuncinya adalah memasangkan kentang dan karbohidrat lain dengan protein seperti daging sapi tanpa lemak, ayam, ikan, atau telur," saran Goodson. 

"Protein membantu memperlambat pencernaan, dan dengan demikian membantu meratakan kurva gula darah yang mencegah lonjakan."

5. Kesehatan otak

Ilustrasi otak.

Photo :
  • Times of India

"Kentang goreng dan makanan gorengan lainnya telah dikaitkan dalam penelitian untuk melemahkan fokus, meningkatkan gangguan memori, dan juga meningkatkan respons peradangan di otak," kata Mary Wirtz, MS, RDN, ahli diet terdaftar dan konsultan untuk MomLovesBest.

Mirip dengan makanan dan minuman yang tinggi gula tambahan, ketika kentang digoreng, kentang cenderung memiliki efek buruk pada memori dan kognisi. 

Sebagai contoh, satu penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutritional Science menunjukkan bahwa peserta yang dietnya termasuk makanan yang paling banyak digoreng mendapat skor terendah pada tes memori dan kognisi.

“Mengonsumsi terlalu banyak makanan ini dapat menyebabkan kerusakan sel dan peradangan, yang dapat mempercepat proses penuaan. Respon peradangan pada kulit terlihat pada tanda-tanda elastisitas kulit yang melemah—keriput, bengkak, dan jerawat,” kata Burdeos.

6. Kulit bisa menua lebih cepat

Kentang goreng

Photo :
  • Eat This

Menurut Goodson, kentang berukuran sedang adalah sumber karbohidrat yang kaya nutrisi, memberikan tubuh sekitar 26 gram karbohidrat kompleks untuk membantu bahan bakar latihan. 

Sekali lagi, ingatlah bahwa manfaat yang memakan tater ini berasal dari memilih persiapan kentang yang tepat — pikirkan direbus atau dipanggang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya