4 Rempah-rempah yang Dapat Digunakan Jika Punya Darah Tinggi

Tips menurunkan tekanan darah tinggi
Sumber :
  • Times of India

VIVA Lifestyle –  Tekanan darah tinggi atau hipertensi dapat menandakan kebutuhan untuk melakukan beberapa penyesuaian pada gaya hidup Anda. Mungkin termasuk lebih memperhatikan apa yang Anda masukkan ke dalam tubuh hingga setiap bahan seluk beluk yang digunakan dalam camilan dan makanan. 

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Namun, masih ada banyak cara untuk menikmati rasa dan cita rasa lezat saat Anda mencoba mengatur tingkat tekanan darah—tanpa melepaskan bumbu itu.

Untuk mengelola tekanan darah tinggi dengan mempertimbangkan diet Anda, pilihan makanan seperti salmon, alpukat, dan sayuran berdaun gelap dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah. 

5 Penyakit yang Sering Mengintai Usai Lebaran, Jangan Terlena Makan Opor dan Kue Kering!

Secara historis, penelitian ilmiah juga menunjukkan korelasi langsung antara tingkat tekanan darah dan asupan natrium. Yang mengatakan, menghindari makanan yang tinggi natrium adalah cara lain untuk secara efektif menjaga pembacaan tekanan darah Anda dalam kisaran yang sehat.

Menurut American Heart Association, aturan umum adalah tidak melebihi 2.300 miligram sodium per hari. Untuk orang dewasa — terutama mereka yang memiliki hipertensi atau kecenderungan untuk kondisi ini — harus membatasi diri hingga sekitar 1.500 miligram natrium per hari. 

Konsumsi Garam Berlebih Sebabkan 3 Penyakit Ini, Berujung pada Masalah Seksual

Untuk menempatkan ini dalam perspektif, satu sendok teh garam meja dilaporkan mengandung 2.325 miligram natrium, sehingga hanya 25 miligram lebih besar dari batas harian yang direkomendasikan untuk rata-rata orang.

Meskipun garam meja mungkin kehilangan tempatnya di rak bumbu Anda sebagai bumbu pokok, mengurangi natrium sambil membuat perubahan gaya hidup lainnya lebih kondusif untuk tingkat tekanan darah yang sehat tidak berarti mengorbankan makanan beraroma alih-alih memilih semua hal yang hambar dan membosankan. 

Dilansir dari laman Eat This, Sydney Greene, MS, RD, ahli diet terdaftar, memberikan saran rempah-rempah yang dapat digunakan jika Anda memiliki tekanan darah tinggi.

1. Dulse atau rumput laut

Dulse atau rumput laut

Photo :
  • Eat This

Dulse (rumput laut) Dulse adalah jenis rumput laut yang mengandung tinggi potasium. Selain itu, dulse mengandung yodium, unsur yang dibutuhkan tubuh untuk membuat hormon tiroid.

Rumput laut ini umumnya dijual dalam bentuk kering dan bisa didapatkan di toko yang menjual rempah-rempah Asia. 

Studi, seperti yang ditemukan di Marine Drugs, juga menghubungkan konsumsi nutrisi dalam rumput laut dan ekstraknya untuk meningkatkan kesehatan kardiovaskular. 

Karena tekanan darah tinggi adalah salah satu faktor risiko paling kritis untuk penyakit kardiovaskular, menurunkan tekanan darah Anda juga berarti mengurangi risiko mengembangkan komplikasi kardiovaskular lainnya.

Meskipun dulse umumnya rendah sodium, beberapa merek rempah-rempah mungkin memasukkan lebih banyak mineral ini ke dalam produk mereka daripada yang lain. 

Jadi, ketika mencari butiran dulse, selalu pastikan untuk memeriksa ulang informasi nutrisi sebelum melakukan pembelian. 

2. Kunyit

Kunyit bubuk

Photo :
  • Eat This

"Kunyit adalah bumbu yang sangat beraroma yang terkenal dengan efek anti-inflamasinya," kata Greene.

Bumbu ini juga dikenal karena kemampuannya untuk berpotensi meningkatkan nutrisi makanan lain, sehingga menjadikannya tambahan yang sangat baik untuk makanan kaya nutrisi seperti ubi jalar — yang juga secara alami dapat mengurangi tekanan darah melalui potasium dalam jumlah tinggi.

Greene juga menyarankan untuk menggabungkan kunyit dengan lada hitam, karena hal itu memungkinkan tubuh Anda untuk menyerap dan memanfaatkan rempah-rempah yang lezat ini dengan lebih baik.

3. Bawang putih bubuk

Bubuk bawang putih

Photo :
  • Eat This

Meskipun mungkin tidak sekuat saat segar atau dicincang, bubuk bawang putih tetap menjadi bumbu populer yang dapat menambah rasa pada hidangan apa pun melalui nada halus dari rasa penuh.

"Bawang putih menambah kedalaman rasa pada sebagian besar hidangan dan sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh," kata Greene. "Dalam dosis tinggi, konsumsi bawang putih bahkan dapat membantu menurunkan tekanan darah."

Satu sendok teh bubuk bawang putih mengandung 1,86 miligram natrium yang tidak signifikan. Sebagai perbandingan, ada 2.360 miligram dalam satu sendok teh garam meja.

Itu selalu merupakan ide yang baik untuk berhati-hati dengan menggunakan bumbu ini dalam jumlah sedang yang sehat saat memasak dan membaca informasi nutrisi pada bubuk bawang putih yang mungkin ingin Anda beli. 

4. Paprika asap

Paprika kering

Photo :
  • Eat This

"Paprika asap adalah tambahan yang sangat baik untuk banyak hidangan gurih, dan dapat memberikan rasa berasap tanpa tambahan natrium dan pengawet," saran Greene.

Selain itu, Greene mengungkapkan bahwa untuk benar-benar melihat manfaat kesehatan dari paprika termasuk kemampuannya untuk membantu mengatur gula darah dan melawan peradangan, Anda harus mengonsumsi bumbu ini dalam jumlah banyak dan sering. 

Jadi, bagi mereka yang memiliki tekanan darah tinggi dan keinginan yang tak terpuaskan untuk menambahkan rasa berasap, pedas, dan intens, paprika mungkin menjadi pilihan yang sempurna.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya