Studi: Cokelat Ternyata Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah

Cokelat dan gula darah
Cokelat dan gula darah
Sumber :
  • Express.co.uk

VIVA Lifestyle – Diabetes tipe 2 adalah hasil dari produksi insulin yang buruk. Peran utama hormon ini adalah menjaga kadar gula darah Anda tetap terkendali. Penderita diabetes tipe 2 harus mengubah pola makan mereka untuk menghindari komplikasi yang dipicu oleh glukosa tinggi. 

Penelitian menunjukkan makanan yang mengejutkan dapat membantu mengontrol kadar, makanan itu adalah cokelat. Lembut dan manis, cokelat adalah camilan favorit yang tidak pernah disimpan terlalu lama di lemari.

Sementara sebagian besar cokelat biasanya dikemas dengan gula, ada pengecualian untuk setiap aturan. Menurut penelitian di jurnal Nutrition and Metabolic Insights, jenis zat gelap tertentu bisa ampuh untuk menjinakkan kadar gula darah tinggi.

Penelitian tersebut menjelaskan bahwa gula darah tinggi postprandial dikaitkan dengan komplikasi pada pasien diabetes tipe 1 dan tipe 2. Studi ini menemukan bahwa suguhan bebas gula menyebabkan glukosa darah lebih rendah dibandingkan dengan cokelat hitam konvensional selama ini.

Ilustrasi wanita memeriksa gula darah

Ilustrasi wanita memeriksa gula darah

Photo :
  • eatthis.com

Sementara penelitian ini tampaknya menjanjikan, para peneliti menambahkan bahwa efek jangka panjang pada kontrol glukosa "masih harus ditentukan".

Alasan lain mengapa cokelat bermanfaat bagi penderita diabetes adalah kandungan magnesiumnya yang tinggi. National Institutes of Health menjelaskan bahwa kadar glukosa darah tinggi serta diabetes telah dikaitkan dengan kekurangan mikronutrien, termasuk kekurangan magnesium.

Halaman Selanjutnya
img_title