Studi: Cokelat Ternyata Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah

Cokelat dan gula darah
Sumber :
  • Express.co.uk

VIVA Lifestyle – Diabetes tipe 2 adalah hasil dari produksi insulin yang buruk. Peran utama hormon ini adalah menjaga kadar gula darah Anda tetap terkendali. Penderita diabetes tipe 2 harus mengubah pola makan mereka untuk menghindari komplikasi yang dipicu oleh glukosa tinggi. 

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Penelitian menunjukkan makanan yang mengejutkan dapat membantu mengontrol kadar, makanan itu adalah cokelat. Lembut dan manis, cokelat adalah camilan favorit yang tidak pernah disimpan terlalu lama di lemari.

Sementara sebagian besar cokelat biasanya dikemas dengan gula, ada pengecualian untuk setiap aturan. Menurut penelitian di jurnal Nutrition and Metabolic Insights, jenis zat gelap tertentu bisa ampuh untuk menjinakkan kadar gula darah tinggi.

Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes

Penelitian tersebut menjelaskan bahwa gula darah tinggi postprandial dikaitkan dengan komplikasi pada pasien diabetes tipe 1 dan tipe 2. Studi ini menemukan bahwa suguhan bebas gula menyebabkan glukosa darah lebih rendah dibandingkan dengan cokelat hitam konvensional selama ini.

Ilustrasi wanita memeriksa gula darah

Photo :
  • eatthis.com
5 Penyakit yang Sering Mengintai Usai Lebaran, Jangan Terlena Makan Opor dan Kue Kering!

Sementara penelitian ini tampaknya menjanjikan, para peneliti menambahkan bahwa efek jangka panjang pada kontrol glukosa "masih harus ditentukan".

Alasan lain mengapa cokelat bermanfaat bagi penderita diabetes adalah kandungan magnesiumnya yang tinggi. National Institutes of Health menjelaskan bahwa kadar glukosa darah tinggi serta diabetes telah dikaitkan dengan kekurangan mikronutrien, termasuk kekurangan magnesium.

Selanjutnya, portal kesehatan menunjukkan bahwa magnesium juga telah terbukti menurunkan kadar gula darah dan bahkan mengurangi risiko diabetest, demikian dilansir dari Express.

Dan ini bukan satu-satunya ahli yang menggemakan temuan ini. Sebuah studi, yang diterbitkan dalam Journal of Community Hospital Internal Medicine Perspectives, juga menunjukkan bahwa cokelat hitam dapat membantu mencegah diabetes tipe 2.

Penelitian tersebut menyatakan: “Secara keseluruhan, bukti dari studi ini menunjukkan bahwa kakao mungkin berguna dalam memperlambat perkembangan diabetes tipe 2 dan memperbaiki resistensi insulin pada sindrom metabolik.

“Ada mekanisme yang masuk akal untuk efek antioksidan polifenol kakao untuk secara langsung mempengaruhi resistensi insulin dan, pada gilirannya, mengurangi risiko diabetes.”

Meskipun gejala diabetes mungkin tidak selalu membuat Anda merasa sakit, mengetahui apa yang harus dicari dapat membantu.

Menurut NHS, gejala utama diabetes tipe 2 meliputi:

- Kencing lebih dari biasanya (terutama di malam hari)
- Merasa haus sepanjang waktu
- Merasa sangat lelah
- Penurunan berat badan yang tidak disengaja
- Gatal di sekitar penis atau vagina Anda, atau sariawan berulang kali
- Luka atau luka sembuh perlahan
- Penglihatan kabur.

Layanan kesehatan menyarankan untuk menemui dokter umum jika Anda menderita salah satu dari gejala-gejala ini atau Anda khawatir bahwa Anda mungkin memiliki risiko yang lebih tinggi dari kondisi tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya