Kronologi Masalah Kesehatan Ratu Elizabeth II, Tangan Patah - COVID-19

Ratu Elizabeth II.
Sumber :
  • Instagram @kensingtonroyal

VIVA Lifestyle – Dunia tengah berduka. Ratu Elizabeth II meninggal di usia 96 tahun pada Kamis 8 September 2022, ketika tengah berada di Kastil Balmoral, Skotlandia. Dalam beberapa bulan terakhir, kondisi kesehatan Ratu terlama di Inggris itu memang dilaporkan menurun. 

Kate Middleton Juga Diduga Edit Foto Ratu Elizabeth Bersama Cucunya

Namun, meski kondisi kesehatannya baru ramai diperbincangkan, Ratu Elizabeth II tercatat sudah memiliki riwayat terkait kondisi kesehatannya di masa lalu. 

Sebelumnya, Ratu memiliki sejarah berjuang melawan masalah kesehatan tanpa banyak diketahui. Berikut daftar masalah kesehatan yang pernah dialami Ratu Elizabeth II, dilansir The List, Jumat 9 September 2022. 

Adele Terpaksa Tunda Konser di Las Vegas karena Masalah Kesehatan

1. Pergelangan tangan patah saat menunggang kuda
pada tahun 1994, pergelangan tangan kiri Ratu Elizabeth patah dalam sebuah kecelakaan saat menunggang kuda. Kuda yang dinaiki Ratu tersandung sehingga menyebabkan dia jatuh.

Ratu Inggris Elizabeth II

Photo :
  • Instagram Emmanuel Macron
Donald Trump Ungkap Kebenciannya Terhadap Pangeran Harry, Gegara Apa?

2. Jalani operasi lutut pada 2003
Ratu Elizabeth II yang berusia 76 tahun pada saat itu menjalani operasi lutut untuk mengatasi tulang rawannya yang robek. Sebelum prosedur, Ratu Elizabeth harus menggunakan tongkat untuk berjalan pertama kalinya untuk membantu mobilitasnya. 

3. Dirawat di rumah sakit karena gastroenteritis pada 2013
Ratu berada dalam kondisi kesehatan yang baik pada dekade berikutnya. Namun pada 2013, Ratu Elizabeth II dilarikan ke rumah sakit karena gastroenteritis. Pada saat itu, Ratu dijadwalkan melakukan perjalanan ke Roma, tetapi terpaksa dibatalkan setelah mengalami gejala flu perut. 

4. Kena flu berat berat pada 2016
Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip secara bersamaan terkena pilek berat sekitar Natal 2016. Keduanya terpaksa menunda rencana liburan mereka ke Sandringham Estate di Norfolk, Inggris. 

5. Muncul banyak masalah kesehatan di akhir 2021
2021 adalah tahun yang penuh gejolak bagi kesehatan sang Ratu. Di tahun tersebut, Ratu Elizabeth menghadapi banyak komplikasi kesehatan. Namun, tahun itu dimulai dengan catatan yang baik dengan vaksinasi COVID-19 yang dijalaninya. 

Ratu Elizabeth II dan Pangeran Louis cicitnya (kanan) di acara Platinum Jubilee

Photo :
  • Alastair Grant/Pool Photo via AP

Pada Oktober 2021, Ratu masuk rumah sakit untuk beberapa penyelidikan awal dan mengikuti saran medis untuk beristirahat selama beberapa hari. Bulan berikutnya, Ratu Elizabeth menderita cedera punggung. 

6. Terkena COVID-19 pada Februari 2022
Ratu Elizabeth berjuang dengan masalah mobilitas sepanjang 2022. Pada bulan Februari, Ratu dinyatakan positif COVID-19. Namun pihak istana menyampaikan bahwa Ratu hanya mengalami gejala ringan. 

7. Masalah mobilitas memburuk pada Mei 2022
Sang Ratu mengalami peningkatan masalah mobilitas pada Mei 2022. 

"Sang Ratu terus mengalami masalah mobilitas episodik dan dalam konsultasi dengan dokternya dengan enggan memutuskan bahwa dia tidak akan menghadiri Pembukaan Parlemen Negara (acara seremonial utama Parlemen Inggris) besok," bunyi pernyataan Kerajaan. 

Karena harus istirahat total, Ratu Elizabeth II terpaksa tidak melakukan beberapa aktivitas Platinum Jubilee-nya. Dia juga tidak bisa menghadiri parade tahunan Trooping the Color dan Platinum Jubilee Pageant.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya