Penyebab Miss V Gatal, Cegah dengan Cara Alami

ilustrasi organ intim/vagina.
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA Lifestyle – Ada kalanya area kewanitaan alias vagina mengalami kondisi gatal, dan itu hal yang cukup wajar dialami. Namun jika terlalu sering hingga memicu ruam, bisa saja kemungkinan infeksi vagina atau Eksim Vulvar yang mengintai berasal dari kebiasaan yang Anda jalani.

Kenapa Vagina Wanita Bau Seperti Ikan Amis Busuk?

Eksim umumnya mengacu pada kondisi kulit yang menyebabkan gatal, nyeri dan bercak merah pada kulit, sedangkan Eksim Vulvar terjadi ketika kulit lembut di sekitar lubang vagina wanita mengalami nasib yang sama seperti yang disebutkan di atas. Sementara istilah, Dermatitis Vulvar dan Eksim sering digunakan secara bergantian, terjadinya yang terakhir dapat menyebabkan Dermatitis. Dermatitis adalah istilah yang lebih luas yang juga mencakup peradangan kulit. Scroll terus untuk mengetahui informasi selengkapnya.

Ilustrasi wanita cantik

Photo :
  • Freepik/denissmart
Pakai Bikini Bentuk Alat Kelamin Dijahit, Julia Fox Dikecam

Sementara Eksim Vulvar atau Dermatitis dapat terjadi pada wanita dari segala usia, ini sangat umum pada wanita yang belum mulai menstruasi atau wanita yang pasca-menopause. Namun, apa sebenarnya pemicu gangguan kulit pada Miss V ini? Berikut rangkumannya dikutip dari laman The Health Site.

Penyebab Dermatitis Vulva

Peradangan Vagina Hingga Seks Menyakitkan, Penelitian Temukan Solusi Atasi Masalah Kewanitaan

Sabun mandi

Terlalu banyak menggunakan sabun, terutama yang beraroma dapat mengiritasi vagina yang dapat menyebabkan eksim atau dermatitis. Sabun mengganggu keseimbangan bakteri alami vagina. Menggunakan sabun pada vulva Anda dapat lebih berbahaya yang menciptakan efek pembersihan. Untuk melawan bakteri berbahaya, vagina harus terus-menerus mempertahankan tingkat pH asam, yang terganggu karena sabun.

Tisu toilet

Kertas toilet dapat sangat mengiritasi lubang vagina Anda, terutama jika digunakan dengan cara yang kasar atau kasar. Kertas toilet beraroma tidak disarankan untuk digunakan pada vagina Anda. Saat menggunakan kertas toilet biasa, pastikan untuk mengoleskannya dengan lembut pada kulit vagina Anda.

Ilustrasi Tisu Toilet

Photo :
  • Pixabay/ DizzyRoseblade

Deodoran

Banyak wanita yang terbiasa menggunakan deodoran untuk menghilangkan bau tak sedap yang mungkin timbul dari vagina. Deodoran dapat sangat mengiritasi vulva dan membuat kulit lebih tipis dari biasanya sehingga lebih rentan terhadap infeksi. Bahan kimia yang ada dalam deodoran tidak dianjurkan untuk vagina yang memiliki kulit sangat sensitif dan lembut.

Keputihan

Keputihan yang dihasilkan dari tubuh adalah mekanisme pembersihan tubuh Anda untuk membantu membersihkan dan melumasi vagina Anda untuk menghancurkan bakteri berbahaya dan melawan infeksi. Namun, jika Anda telah mengalami keputihan yang berlebihan maka dapat mengiritasi dan meradang kulit vagina Anda yang menyebabkan eksim atau dermatitis.

Pembalut atau Panty Liner

Jika Anda tidak mengganti pembalut atau panty liner (digunakan untuk keputihan) sesering yang seharusnya, maka Anda mungkin berisiko lebih tinggi terkena eksim atau dermatitis pada vagina. Mengenakan pembalut atau panty liner terlalu lama dapat mengakibatkan terbentuknya bakteri jahat yang dapat menyebabkan berbagai macam masalah kulit vagina.

Pantyliners

Photo :

Jika Anda pernah menderita dermatitis vulva atau eksim atau iritasi vagina lainnya dalam bentuk apa pun, maka yang terbaik adalah menghubungi dokter kandungan yang akan dapat mendiagnosis penyebabnya dengan benar dan menyarankan pengobatan untuk hal yang sama. Namun, ada pengobatan tertentu yang dapat Anda terapkan sendiri yang tidak memiliki efek samping dan akan berhasil membawa Anda kelegaan sampai batas tertentu.

Pertama, dengan mandi air hangat dan jangan mengoleskan sabun pada area yang teriritasi. Oleskan kompres dingin ke vagina Anda yang akan membantu menghilangkan rasa sakit dan iritasi. Selanjutnya, pakai pakaian dalam yang bersih, kering, dan berbahan katun. Setelah berkonsultasi dengan dokter, oleskan mencuci kebersihan intim yang tidak berbau dan ringan.

Penting untuk diingat bahwa dermatitis atau eksim vagina tidak menular sama sekali dan tidak menyebar dari orang ke orang. Namun, hindari melakukan hubungan fisik jika Anda menderita hal yang sama karena dapat menyebabkan iritasi kulit lebih lanjut dan terbukti menyakitkan bagi Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya