Waspada, Sering Ejakulasi Hingga Rendah Antibodi Bikin Sperma Encer

Ilustrasi sperma.
Sumber :
  • forbes.com

VIVA Life – Sperma merupakan cairan yang dikeluarkan saat penis ejakulasi dengan kecenderungan tekstur yang kental. Cairan tersebut disebut termasuk dalam air mani yang dikeluarkan melalui uretra pria saat ejakulasi. 

Denny Sumargo Makan Otak Kelinci Biar Spermanya Bagus, Alhamdulillah Istrinya Hamil!

Ada pun air mani membawa sperma dan cairan dari kelenjar prostat dan organ reproduksi pria lainnya. Biasanya, air mani adalah cairan kental berwarna keputihan. Namun, beberapa kondisi dapat mengubah warna dan konsistensi air mani.

Air mani yang encer bisa menjadi tanda jumlah sperma yang rendah, yang menunjukkan kemungkinan masalah kesuburan. Ejakulasi air mani yang encer dan jernih juga bisa menjadi kondisi sementara tanpa masalah kesehatan yang serius.

10 Pengobatan Rumahan Alami dan Efektif untuk Meningkatkan Jumlah Sperma Pria

Ada beberapa kemungkinan penyebab air mani encer. Sebagian besar dapat diobati atau dicegah. Berikut penyebab sperma menjadi encer dikutip dari laman Healthline.

Jumlah sperma rendah

Mimpi Basah dan Keluar Air Mani di Siang Hari Bisa Batalkan Puasa? Begini Kata Buya Yahya

Ilustrasi sperma

Photo :
  • www.pixabay.com/geralt

Salah satu penyebab paling umum dari air mani encer adalah jumlah sperma yang rendah. Ini juga dikenal sebagai oligospermia. Jika Anda memiliki jumlah sperma yang rendah, itu berarti air mani Anda mengandung lebih sedikit sperma dari biasanya. Jumlah sperma kurang dari 15 juta sperma per mililiter air mani dianggap di bawah normal.

Beberapa penyebab oligospermia antara lain:

Varikokel

Varikokel adalah pembengkakan pembuluh darah dari testis di skrotum. Ini adalah penyebab utama, tetapi dapat diobati, infertilitas pria.

Infeksi

Contohnya termasuk penyakit menular seksual seperti gonore atau jenis infeksi lain yang menyebabkan peradangan pada organ reproduksi, seperti epididimitis. 

Tumor

Tumor ganas dan jinak di testis dapat mempengaruhi produksi sperma.

Ketidakseimbangan hormon

Hormon yang diproduksi di testis, kelenjar pituitari, dan hipotalamus semuanya diperlukan untuk menghasilkan jumlah sperma yang sehat. Perubahan salah satu hormon ini dapat memengaruhi produksi sperma.

Sering ejakulasi

Ejakulasi yang sering juga dapat menyebabkan produksi air mani encer. Jika Anda melakukan masturbasi beberapa kali sehari, kualitas air mani setelah ejakulasi pertama kemungkinan akan menjadi encer dan encer. Tubuh Anda mungkin memerlukan setidaknya beberapa jam untuk menghasilkan jumlah air mani yang normal dan sehat.

Ilustrasi alat kelamin pria

Photo :
  • The Sun

Kekurangan seng

Kemungkinan penyebab lain dari air mani encer adalah kekurangan seng. Penelitian telah menunjukkan bahwa pria yang memiliki kadar seng yang cukup atau pria yang kekurangan seng dan mengonsumsi suplemen seng sulfat dapat melawan efek antibodi anti-sperma dengan lebih baik. Antibodi ini diproduksi oleh sistem kekebalan tubuh, yang secara keliru merespon sperma sebagai benda asing.

Pra-ejakulasi

Jika Anda memiliki air mani yang tampak encer, penting untuk diperhatikan apakah ada warna atau bening. Air mani yang sangat jernih sebenarnya bisa menjadi cairan pra-ejakulasi yang dikeluarkan selama foreplay. Ini biasanya mengandung sedikit sperma.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya