Rajin Olahraga Kardio Ampuh Sehatkan Jantung Hingga Usia Tua

Ilustrasi olahraga.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Menua dengan sehat adalah dambaan setiap orang. Tetapi menjaga selalu sehat dan dalam kondisi terbaik di semua usia tidak mudah. Perlu upaya terus menerus menjaga kesehatan sejak usia muda.

Chuando Tan, Model Tampan dan Seksi Usia 57 Tahun Seperti Usia 30-an

Agar bisa menua dengan sehat, hanya perlu menerapkan gaya hidup sehat secara konsisten, dengan dua hal yang utama adalah menjaga nutrisi dan tetap aktif bergerak.

Bagaimana caranya? Terkait hal itu, spesialis penyakit dalam, dr Vivi Putri Lesmana, SpPD angkat bicara dalam program Hidup Sehat tvOne, Selasa 13 September 2022. Seperti apa pembahasannya? scroll lebih lanjut artikel ini selengkapnya.

Daya Ingat Mulai Menurun, Titiek Puspa Cerita Susah Ingat Nama Orang

Menjaga jantung tetap sehat

Photo :

Diungkap Vivi, salah satu hal yang bisa dilakukan untuk bisa menua dengan sehat adalah dengan mengonsumsi makanan bernutrisi.

Konsumsi Wasabi Setiap Hari dapat Meningkatkan Fungsi Otak pada Lansia

"Nutrisi itu penting untuk kita walaupun dia usia muda atau usia tua membutuhkan nutrisi baik untuk pertumbuhan, baik untuk regenerasi sel untuk perbaikan sel, untuk energi, menua pun kita butuh nutrisi yang baik. Misalnya vitamin D kita butuh dari usia muda untuk usia lanjut, karena vitamin D kalsium tulang untuk usia tua dimana usia tua masa di tulang mulai berkurang jadi kita butuh nutrisi sejak usia muda sehingga usia tua jadi sehat," ungkap dia.

Selain itu, rutin melakukan aktivitas fisik secara rutin juga bisa membuat tubuh menjadi sehat meskipun bertambah usia.

Ilustrasi olahraga lansia.

Photo :
  • U-Report

"Karena, kalau usia tua fleksibilitas masa otot akan berkurang maka dari itu sejak usia muda rajin beraktivitas sehingga massa otot kita tetap sampai tua sehingga fleksibilitas kita di masa tua akan tetap bertahan," ujar Vivi.

Selain itu, untuk menjaga kesehatan jantung hingga tubuh menua dengan sehat bisa dilakukan dengan rutin melakukan olahraga kardio seperti bersepeda, renang, hingga berjalan kaki.

"Dengan berolahraga seperti kardio kita akan meningkatkan kualitas jantung seperti fungsi jantung akan membaik terutama di usia lansia, Karena lansia itu memang fungsinya menurun makanya kita latih supaya akan tetap sehat," ungkap Vivi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya