5 Aturan Makan Seafood Untuk Mengelabui Kenaikan Kolesterol

Seafood
Sumber :
  • Pixabay/ Public Domain Pictures

VIVA Lifestyle – Seafood dikenal sebagai makanan yang sehat karena kandungan omega-3-nya. Namun, beberapa diantaranya mengandung kolesterol yang cukup tinggi. Kalau konsumsinya tidak dibatasi, kolesterol tinggi tidak bisa dihindari.

5 Efek Samping Kol Goreng Bagi Kesehatan yang Perlu Diwaspadai, Bisa Memicu Kanker

Beberapa jenis makanan laut mengandung kolesterol yang cukup tinggi. Angkanya bisa lebih melambung ketika dimasak dengan cara-cara yang kurang sehat, seperti digoreng. Kandungan lemak jenuh dan lemak transnya berpotensi meningkatkan risiko penyakit kolesterol tinggi.

Yuk scroll ke bawah!

5 Minuman Herbal Penjaga Kolesterol Tetap Terkendali

Nah, ternyata ada aturan makanan seafood yang dapat menahan bahkan mencegah kenaikan kolesterol yang Viva rangkum dari berbagai sumber sebagai berikut.

1. Batasi Porsinya

7 Manfaat Tempe untuk Kesehatan Tubuh, Jadi Sumber Protein untuk Kesehatan Tulang

Hidangan seafood

Photo :
  • VIVA/Sumiyati

Menurut American Heart Association, asupan kolesterol yang disarankan tidak lebih dari 300 miligram. Ketika konsumsinya melebihi batas tersebut, kolesterol jahat bisa menumpuk di pembuluh darah. Penumpukan ini lambat laun mengembangkan penyakit jantung dan stroke.

Disarankan untuk membatasi kerang, kepiting, dan udang sekitar 8 ons saja dalam seminggu. Pasalnya, total kalori yang terdapat dalam jumlah makanan tersebut mencapai 226 miligram. Artinya, angka ini masih dianggap aman untuk kesehatan.

2. Masak dengan Cara Sehat

Seafood yang dimasak dengan cara digoreng bisa meningkatkan kadar lemak trans dalam tubuh. Oleh karena itu, pilih cara pengolahan yang lebih sehat seperti dipanggang, rebus, kukus, atau tumis dengan sedikit minyak saja.

Seafood

Photo :
  • U-Report

Referensi menu laut yang tidak digoreng tapi tetap lezat, contohnya kerang rebus, panggang, pepes ikan, tim ikan dan ikan bakar. Jika kamu ingin memanggang ikan atau makanan laut lainnya, gunakan panci kering atau rak panggangan yang memungkinkan lemak dari makanan menetes dan tidak mengendap.

Selain itu, pilih minyak sehat yang rendah lemak seperti minyak zaitun agar kandungan lemak dari satu menu tidak berlebihan.

3. Manfaatkan Rempah-rempah

Hidangan di restoran The Seafood Tower

Photo :
  • VIVA.co.id/Rintan Puspitasari

Alih-alih memasukkan banyak garam, kamu bisa menambahkan rempah-rempah dan bumbu-bumbu lainnya agar rasa seafood tetap istimewa. Beberapa jenis rempah ternyata juga membantu menurunkan kolesterol loh. Bawang putih mampu menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida hingga 20 miligram per desiliter.

4. Tambahkan Perasan Jeruk Lemon

Ilustrasi seafood.

Photo :
  • U-Report

Selain mengurangi rasa, kandungan vitamin C dan flavonoid jeruk dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida. Perasaan jeruk biasanya lebih lezat saat dipadu padankan dengan ikan bakar, udang bakar, atau sup ikan asam.

5. Lengkap dengan Makanan Berserat

Seafood curry ramen

Photo :
  • VIVA.co.id/Rintan Puspitasari

Saat makan di restoran seafood, jangan lupa memesan menu sayur mayurnya sebagai pendamping. Serat dapat membantu menurunkan kontrak dengan mengikat asam empedu. Tahu dan tempe juga bisa menjadi pilihan teman makan seafood.

Kandungan protein dari kacang kedelai dapat mencegah penyakit jantung koroner. Buah-buahan juga bisa dijadikan appetizer atau dessert yang menyegarkan mulut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya