6 Masker Rambut Alami Bikin Sehat dan Berkilau

Ilustrasi rambut/wanita.
Sumber :
  • Freepik/cookie_studio

VIVA Lifestyle  – Masker rambut alami tak jarang dilirik oleh kaum hawa. Masker rambut alami selain murah juga dapat dipakai kapan saja karena mudah membuatnya. Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami yang tentunya mudah ditemukan di rumah. Dengan demikian, rambut indah, sehat, dan berkilau pun dapat Anda peroleh. 

Bukan Dibakar, Begini Cara Buktikan Keaslian Madu Murni

Masker rambut kerap digunakan untuk melembutkan rambut, membuat rambut lebih berkilau, meningkatkan kelembapan kulit kepala, mencegah kerontokan, dan melindungi rambut dari kerusakan. Selain sampo dan kondisioner, masker rambut alami bisa digunakan sebagai perawatan rambut. Manfaat masker rambut atau hair mask bisa membantu melembapkan sekaligus menutrisi rambut. Pastikan Anda memilih jenis hair mask yang sesuai dengan kebutuhan kondisi rambut.

Walaupun ada berbagai produk perawatan rambut instan di pasaran, tak ada salahnya membuat masker alami untuk rambut di rumah. Namun, tidak semua bahan-bahan alami yang ada, bisa dipakai dan diolah menjadi hair mask. 

Asuransi Kesehatan Jadi Primadona Usai Lebaran

Yuk scroll ke bawah!

Adapun beberapa jenis hair mask dari bahan alami yang mampu menjaga kesehatan rambut lengkap dengan cara membuatnya adalah sebagai berikut:

Tak Bisa Penuhi Kebutuhan Harian, Sayuran dan Buah Ini Sangat Rendah Protein

1. Minyak zaitun

Minyak zaitun.

Photo :
  • U-Report

Punya rambut kering serta kulit kepala kering dan gatal tentu sangat menyebalkan sekaligus memalukan. Sebagai solusinya, Anda bisa melakukan perawatan menggunakan hair mask dari minyak zaitun. Manfaat minyak zaitun untuk rambut berasal dari kandungan squalene yang mampu melembapkan rambut dan kulit kepala, serta menutrisi rambut. 

Cara membuat masker rambut alami dari minyak zaitun adalah cukup campurkan 2 sendok makan minyak zaitun dengan air perasan lemon. Tambahkan sedikit air, lalu oleskan pada rambut dan diamkan selama 20 menit. Jika sudah, bilas rambut sampai bersih dan keringkan.

2. Alpukat

Minyak alpukat.

Photo :
  • U-Report

Buah alpukat sering kali dijadikan bahan untuk berbagai perawatan kecantikan, tak terkecuali digunakan sebagai masker rambut alami. Manfaat alpukat untuk rambut cocok digunakan bagi Anda punya masalah rambut kering dan kusam agar memperoleh rambut yang halus dan terhidrasi. 

Cara membuat masker rambut alami dari alpukat, yakni haluskan ½ buah alpukat matang dengan 1 sendok makan minyak zaitun atau minyak almond. Aduk merata, kemudian oleskan pada helaian rambut dan kulit kepala. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas sesudahnya.

Anda juga dapat menggunakan masker rambut alami dari minyak alpukat yang dapat mencegah kerusakan rambut. Minyak alpukat mengandung asam folat, zat besi, dan magnesium yang mampu menjaga kelembapan kutikula rambut. 

3. Yoghurt dan Madu

Yoghurt dan buah beri

Photo :
  • Unsplash

Jika rambut Anda terasa kering, keriting, dan rapuh, hair mask yang terbuat dari yogurt bisa dijadikan sebagai cara untuk mengatasinya. Masker yogurt dipercaya dapat membuat rambut kembali berkilau. Untuk mendapatkan manfaat masker rambut ini secara maksimal, coba kombinasikan dengan madu, khususnya madu murni. 

Manfaat madu untuk rambut dapat menjaga kelembapan rambut sekaligus mengurangi kerontokan rambut dan mencegah rambut bercabang. Bahkan, sebuah riset yang dimuat dalam Jundishapur Journal of Natural Pharmaceutical Products menyebutkan bahwa manfaat madu dapat memperkuat rambut. 

Cukup gunakan 125 ml sendok makan yogurt dan 2 sendok madu dalam sebuah mangkuk. Aduk merata, lalu oleskan pada rambut. Diamkan selama 15-20 menit dan bilas rambut sampai bersih. Kemudian, cuci rambut seperti biasa. Lakukan langkah ini beberapa kali dalam sebulan untuk hasil maksimal.

4. Lidah buaya

Ilustrasi lidah buaya/aloe vera.

Photo :
  • Pixabay/casellesingold

Anda bisa mencoba masker rambut alami dari gel lidah buaya untuk menenangkan kulit kepala. Pasalnya, manfaat lidah buaya untuk rambut berasal dari kandungan antiradang serta mengandung vitamin C, E, dan B12, asam folat, serta kolin, yang dapat memperkuat dan menutrisi rambut.

5. Minyak kelapa

Manfaat Minyak Kelapa

Photo :
  • vstory

Masker rambut alami dari minyak kelapa cocok untuk pemilik rambut kering dan rusak karena mampu melembapkan rambut sampai batangnya. Cara membuat masker rambut alami dari minyak kelapa adalah campurkan 1 sendok minyak kelapa dengan 1 sendok minyak zaitun. 

Aduk merata, lalu oleskan pada helaian rambut sampai meresap. Diamkan selama beberapa saat, lalu bilas rambut seperti biasa. Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes madu pada hair mask ini. Manfaat madu untuk rambut baik bagi Anda yang punya masalah rambut bercabang. Gunakan masker rambut alami ini 2 kali sebulan untuk hasil yang maksimal.

6. Lemon

Manfaat lemon

Photo :
  • stardaily

Salah satu manfaat lemon untuk rambut adalah mengatasi ketombe. Ketombe adalah masalah rambut yang paling umum dialami oleh banyak orang. Penyebab ketombe muncul bisa karena kondisi kulit kepala yang mengelupas secara berlebihan.

Nah, cara menghilangkan ketombe dengan lemon dipercaya efektif dalam mengatasinya. Kandungan asam sitrat yang tinggi pada lemon diyakini dapat mengatasi ketombe dan kulit kepala yang kering. Hal ini juga diperkuat dalam sebuah studi yang dimuat dalam Indian Journal of Dermatology.

Studi tersebut menyebutkan bahwa asam sitrat dapat membantu mengatur keseimbangan pH kulit kepala secara alami. Dengan demikian, kulit kepala menjadi lebih sehat dan menurunkan risiko munculnya ketombe. Cara menghilangkan ketombe dengan lemon bisa Anda lakukan dengan mengoleskannya langsung pada helaian rambut. 

Bila dilakukan secara rutin, ada berbagai manfaat masker rambut alami yang bisa Anda dapatkan, seperti:

1. Membuat rambut halus dan tampak berkilau
Salah satu manfaat masker rambut adalah membuat rambut halus dan tampak berkilau. Hal ini karena hair mask umumnya mengandung minyak alami dan ekstrak bahan alami yang mampu menghaluskan rambut dan meningkatkan kilaunya. 

2. Menutrisi rambut kering

Memiliki rambut kering dan mengembang.

Photo :
  • U-Report

Manfaat hair mask baik digunakan oleh pemilik rambut kering. Pasalnya, manfaat masker rambut alami untuk rambut kering yang berasal dari kandungan mineral dan vitaminnya mampu mengembalikan rambut yang kering jadi sehat kembali. 

3. Menjaga warna rambut
Bagi Anda yang hobi mewarnai rambut, manfaat masker rambut dapat membantu mengembalikan kelembapan rambut dan membuatnya tampak lebih sehat berkilau. Pasalnya, rambut berwarna cenderung lebih mudah kehilangan kelembapan serta terasa kering dan kasar. Coba gunakan hair mask setidaknya seminggu sekali.

4. Menutrisi rambut
Umumnya, kandungan bahan utama yang terdapat pada hair mask adalah minyak almond, minyak zaitun, atau jojoba oil. Selain itu, manfaat masker rambut alami, seperti dari madu, alpukat, pisang, dan lainnya mampu menutrisi rambut sehingga batang rambut menjadi lebih kuat dan sehat.

Buah Alpukat - Photo by Kelly Sikkema on Unsplash

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Alpukat, buah lezat yang seringkali dijuluki sebagai mentega alami, bukan hanya memberikan cita rasa yang lezat di dalam hidangan, tetapi juga menawarkan sejumlah manfaat

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024