Minum Air Kelapa Ampuh Obati Keracunan Makanan? Ini Faktanya

Air kelapa.
Air kelapa.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Lifestyle – Air kelapa dinilai sebagai salah satu minuman mujarab dengan berbagai khasiatnya dalam mengatasi banyak keluhan di tubuh, tak terkecuali ketika mengalami keracunan makanan. Meski di dalam air kelapa mengandung bermacam-macam zat baik dan bermanfaat, namun benarkah dapat mengatasi keracunan makanan?

Keracunan makanan kerap dianggap sepele lantaran dapat diatasi dengan sendirinya. Akan tetapi, pada sebagian kelompok, keracunan makanan ini dapat berakibat fatal, bahkan memicu keguguran pada ibu hamil. Scroll untuk mengetahui informasi selengkapnya.

Air kelapa.

Air kelapa.

Photo :
  • U-Report

"Karena ibu hamil, anak kecil, dan lansia mereka adalah orang-orang yang khusus, karena ada risiko kalau kena penyakit bisa fatal. Orangtua biasanya ada banyak penyakit, anak kecil imunitasnya rendah. Ada bakteri juga yang bisa sebabkan keguguran namanya listerisis," ujar Dokter Spesialis Penyakit Dalam, dr. Virly Nanda Muzellina, SpPD- KGEH, dalam acara Hidup Sehat tvOne, Senin 12 September 2022.

Faktanya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut bahwa anak-anak merupakan kelompok paling rentan dan sering mengalami keracunan makanan. Di Indonesia, tak sedikit masyarakat yang percaya bahwa air kelapa mampu mengatasi gejala yang disebabkan keracunan makanan lantaran dinilai keampuhannya 'buang racun'. Benarkah?

"Faktanya ada satu bakteri yang bisa dicegah pertumbuhan, bukan sebagai obat, dicegah dengan air kelapa. Mencegah bakteri sigela dengan air kelapa, bukan obati keracunan makanannya," tuturnya.

kelapa

kelapa

Photo :
  • U-Report

Ada pun air kelapa sendiri sejatinya dapat membantu menangani gejala pada pasien keracunan makanan. Pada sebagian pasien keracunan makanan, gejala yang timbul berupa mual, muntah, dan diare sehingga kerap kekurangan cairan. Ini yang sebenarnya dapat diatasi oleh air kelapa.

"Tapi air kelapa bisa tangani pasien dehidrasi tahap awal, karena mengandung cairan isotonik. Bisa bantu tapi tidak obati keracunan makanan," paparnya.

Asal air kelapa

Asal air kelapa

Photo :
  • U-Report

Untuk mengatasi keracunan makanan, dokter Virly sarankan agar memahami gejala terlebih dahulu dan mengonsumsi obat sesuai gejala. Tentu juga, hindari dehidrasi dengan mengonsumsi cairan mencukupi termasuk dari air kelapa.

"Obat-obat untuk atasi rasa nyeri, bisa juga konsumsi oralit dan hindari dehidrasi. Jika sampai demam segera ke RS. Minum air putih yang banyak, air biasa saja. Diare banyak, diatasi pakai oralit. Minum juga obat yamg sifatnya mengeraskan tinja dan mengeluarkan tinja lebih banyak jadi menyerap bakteri yang sudah terkontaminasi tadi," tandasnya.