7 Minuman Terbaik untuk Melawan Flu

Ilustrasi flu
Sumber :
  • Times of India

VIVA Lifestyle – Saat flu menyerang gejala yang tidak menyenangkan seperti sakit, kedinginan, dan sakit kepala yang mengerikan, membuat Anda menjadi tidak nyaman. 

5 Common Cat Diseases, Everything You Need to Know

Hanya ada begitu banyak yang dapat Anda lakukan untuk melawan gejala yang mengerikan. Beberapa taktik paling cerdas adalah beristirahat, menyiapkan banyak selimut dan waslap basah untuk melawan demam yang mengamuk, dan minum cairan bening. 

Tetap terhidrasi saat Anda terserang flu adalah kuncinya, karena tubuh Anda perlu rehidrasi dari kehilangan banyak cairan. Saat merasa sakit seperti itu, Anda perlu mengistirahatkan perut dan usus yang terlalu banyak bekerja — cairan bening membantu meringankan ketidaknyamanan dan memberi mereka istirahat yang mereka butuhkan.

61 Kasus Flu Singapura Ditemukan di Surabaya, Kenali Gejala-gejalanya

Saat Anda terhidrasi, pastikan untuk meneguk sedikit dan sering setiap 10 hingga 15 menit. Minum terlalu banyak air sekaligus dapat menyebabkan muntah – jadi jangan terburu-buru. Jika Anda muntah untuk waktu yang lama, cobalah minum sesuatu selain air untuk mengisi kembali vitamin dan nutrisi yang hilang.

Hindari cairan yang bersifat asam (seperti jus jeruk) atau berkafein (seperti kopi), atau apapun yang memiliki banyak karbonasi.

5 Cara Masukkan Lemon ke Dalam Makanan untuk Menurunkan Berat Badan

Selain makanan penambah kekebalan yang harus dimakan selama musim flu, minuman ini dapat membantu Anda menjadi lebih baik lebih cepat, seperti dilansir dari laman thedailymeal.

1. Teh hitam

Menurut sebuah studi tahun 2003, teh hitam adalah penguat kekebalan yang nyata. Para ilmuwan menemukan bahwa itu meningkatkan intensitas satu respons imun hingga lima kali lipat.

Jadi, jika Anda tidak minum teh secara teratur, Anda yang mengidap germophobia harus mendapatkannya. Berkat teh hitam yang kaya akan theanine, flavonoid (senyawa seperti antioksidan), dan catechin (senyawa yang melawan radikal bebas dalam tubuh), telah terbukti membantu melawan flu.

2. Kaldu ayam

air kaldu

Photo :
  • thedailymeal

Kaldu ayam mungkin merupakan senjata terbaik Anda melawan pilek dan flu (meskipun, penyakit itu sendiri memiliki beberapa perbedaan yang sangat jelas). 

Banyak penelitian telah mengonfirmasi berbagai khasiat penyembuhan dari semangkuk sup ayam yang nyaman - membersihkan saluran hidung Anda, mengurangi gejala yang tidak nyaman, dan memiliki nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda untuk melawan virus flu sial ini.

3. Teh jahe

Teh jahe

Photo :
  • thedailymeal

Banyak orang akan meraih sekaleng ginger ale ketika gejala flu mulai, dan bumbu inilah alasannya. Sementara karbonasi dari ginger ale mungkin tidak membantu sakit perut Anda, teh jahe dapat membantu menenangkan dan meredakan rasa tertekan Anda.

Teh jahe telah menjadi bagian dari pengobatan herbal Cina selama lebih dari 2.000 tahun untuk meredakan masalah pencernaan dan mual. Sifat analgesik dan anti-inflamasi jahe juga dapat membantu meredakan sakit dan nyeri yang menyertai flu.

4. Jus atau Smoothie

Bahkan lebih bergizi daripada buah dalam es pop adalah buah yang sebenarnya - dicampur menjadi smoothie atau diperas menjadi jus. Buah memiliki banyak air dan nutrisi penting untuk membuat Anda tetap bergizi bahkan ketika Anda tidak bisa menahan makanan padat. 

5. Teh Lemon dan madu

Air lemon dan madu

Photo :
  • thedailymeal

Untuk membuat tonik penyembuhan ini, cukup panaskan air, peras lemon, dan tambahkan madu. Minuman ini akan membantu Anda tetap terhidrasi sekaligus memberi Anda asupan vitamin C untuk kekebalan.

6. Air

Minum air putih.

Photo :
  • Times of India

Anda dapat mengisi semua minuman buah dan teh yang Anda inginkan - tetapi Anda masih membutuhkan air untuk tetap benar-benar terhidrasi. Campurkan beberapa minuman kaya elektrolit di antara gelas untuk benar-benar meningkatkan penyerapan air Anda dan memoles tanda-tanda dehidrasi ini untuk mengetahui kapan Anda tidak cukup minum.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya