Waspada! Duduk Terlalu Lama Efeknya Bikin Ngeri

Ilustrasi Kelelahan, Ngantuk, bekerja
Sumber :
  • Pixabay/ Concord90

VIVA Lifestyle  – Jika Anda bangga terpaku pada kursi kantor Anda sepanjang hari dan mengetuk laptop Anda untuk menyelesaikan pekerjaan Anda tepat waktu, Anda mungkin ingin mengubah pendapat Anda. 

6 Olahraga Ringan untuk Membakar Kalori dan Mengembalikan Kebugaran Tubuh Setelah Lebaran

Jika pekerjaan Anda mengharuskan Anda untuk duduk dalam jangka waktu yang lebih lama, Anda perlu mengetahui 8 alasan ini mengapa duduk sepanjang hari ternyata benar-benar berbahaya bagi kesehatan Anda.

Mungkin tak banyak yang tahu, terlihat baik-baik saja menghabiskan waktu duduk berlama-lama ternyata ada dampak buruk yang siap mengintai Anda. Sebuah laporan baru dari lembaga medis bergengsi Mayo Clinic menunjukkan adanya bukti fakta tersebut. 

Ramalan Zodiak Jum’at 19 April 2024, Sagitarius: Teman dekat Mungkin Mengkhianatimu

Ilustrasi menonton siaran tv digital.

Photo :
  • Pixabay/mohamed_hassan

Yuk simak infonya, scroll ke bawah!

Berapa Lama Rata-rata Umur Hidup Orang Indonesia? Ternyata Sampai Angka Ini

Laporan yang merupakan hasil rangkuman lebih dari 40 student tersebut menyebutkan, semakin lama Anda menghabiskan waktu dengan duduk, semakin besar risiko Anda terkena kematian dini, penyakit kardiovaskuler, kanker dan diabetes tipe 2.

"Ini artinya, kalau Anda duduk selama enam jam saja, manfaat olahraga kardiovaskuler yang Anda lakukan selama satu jam di pusat kebugaran akan hilang begitu saja," jelas Dr Kevin Campbell, kardiolog dari North Carolina, yang mengamati laporan tersebut.

Menurut Campbell, duduk lama mengurangi aktivitas otot, khususnya otot besar pada kaki dan punggung, sehingga pada gilirannya menurunkan kemampuan tubuh untuk mengatur gula darah dan mengenyahkan lemak-lemak berbahaya dalam darah. Duduk lama juga merusak fungsi pembuluh darah dan meningkatkan rasa lapar.

ilustrasi kuliah sambil kerja. Sumber gambar: pexels.com

Photo :
  • Pixabay

Selain itu masih banyak lainnya beberapa efek samping atau dampak buruk lainnya yang siap mengintai Anda jika terlalu sering duduk berlama-lama.

Mempersingkat Hidup

Anda lebih mungkin untuk meninggal lebih awal dari sebab apapun jika Anda duduk untuk waktu yang lama pada suatu waktu. Tidak ada gunanya jika Anda berolahraga setiap hari atau tidak. Tentu saja, itu bukan alasan untuk melewatkan gym. Jika Anda melakukan itu, waktu Anda mungkin lebih singkat.

Lebih Mungkin Demensia

Jika Anda terlalu banyak duduk, otak Anda bisa terlihat seperti orang dengan demensia. Duduk juga meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes, stroke, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi, yang semuanya berperan dalam kondisi tersebut. Bergerak sepanjang hari dapat membantu lebih dari sekadar berolahraga untuk menurunkan risiko semua masalah kesehatan ini.

Sulit Dilawan dengan Olahraga

Ilustrasi olahraga/dumbbell.

Photo :
  • Pexels/Andrea Piacquadio

Efek terlalu banyak duduk sulit dilawan dengan olahraga. Bahkan jika Anda berolahraga 7 jam seminggu  jauh lebih banyak dari yang disarankan 2-3 jam Anda tidak dapat membalikkan efek duduk 7 jam setiap kali. Jangan membuang semua kerja keras di gym dengan memukul sofa sepanjang hari. Terus bergerak!

Peluang Diabetes Anda Meningkat

Ya, kemungkinan besar Anda juga akan mengalaminya, jika Anda duduk seharian. Dan itu bukan hanya karena Anda membakar lebih sedikit kalori. Ini adalah duduk yang sebenarnya yang tampaknya melakukannya. Tidak jelas mengapa, tetapi dokter berpikir duduk dapat mengubah cara tubuh Anda bereaksi terhadap insulin, hormon yang membantu membakar gula dan karbohidrat untuk energi.

Anda Bisa Mendapatkan DVT

Trombosis vena dalam (DVT) adalah gumpalan yang terbentuk di kaki Anda, seringkali karena Anda duduk diam terlalu lama. Ini bisa menjadi serius jika gumpalan itu terlepas dan tersangkut di paru-paru Anda. Anda mungkin melihat pembengkakan dan rasa sakit, tetapi beberapa orang tidak memiliki gejala. Itulah mengapa ada baiknya untuk menghentikan sesi duduk yang lama.

Berat Badan Bertambah

Berat badan

Photo :
  • Eat This

Banyak menonton TV? Jelajahi web selama berjam-jam? Anda lebih cenderung kelebihan berat badan atau obesitas. Jika Anda berolahraga setiap hari, itu bagus, tetapi itu tidak akan mengurangi berat badan ekstra yang Anda dapatkan karena terlalu banyak waktu di depan layar

Kecemasan Semakin Bergejolak

Bisa jadi Anda sering sendirian dan terlibat dalam aktivitas berbasis layar. Jika ini mengganggu tidur Anda, Anda bisa menjadi lebih cemas. Plus, terlalu banyak waktu sendirian dapat membuat Anda menarik diri dari teman dan orang yang dicintai, yang terkait dengan kecemasan sosial. Para ilmuwan masih berusaha mencari tahu penyebab pastinya.

Menghancurkan Punggung Anda

Posisi duduk memberi tekanan besar pada otot punggung, leher, dan tulang belakang Anda. Lebih buruk lagi jika Anda membungkuk. Carilah kursi yang ergonomis artinya kursi itu memiliki ketinggian yang tepat dan menopang punggung Anda di tempat yang tepat. Tapi ingat: Tidak peduli seberapa nyaman Anda, punggung Anda tetap tidak akan menyukai sesi duduk yang lama. Bangun dan bergerak selama satu atau dua menit setiap setengah jam untuk menjaga tulang belakang Anda tetap segaris. 

Sebabkan Varieses

Duduk terlalu lama dan darah bisa menggenang di kaki Anda. Ini memberi tekanan tambahan pada pembuluh darah Anda. Mereka bisa membengkak, memutar, atau menonjol apa yang disebut dokter sebagai varises. Anda mungkin juga melihat urat laba-laba, kumpulan pembuluh darah yang rusak di dekatnya. Mereka biasanya tidak serius, tetapi mereka bisa sakit. Dokter Anda dapat memberi tahu Anda tentang pilihan perawatan jika Anda membutuhkannya.

Masalah jantung

Sakit Jantung

Photo :
  • vstory

Penyakit jantung adalah produk sampingan utama dari duduk lama. Ini terjadi karena tubuh kita membakar lebih sedikit lemak saat kita duduk dan akibatnya, asam lemak mungkin mulai menumpuk di arteri kita.

Sakit badan

Jika Anda telah mengeluh sakit kronis di leher, bahu, pinggul dan punggung, yakinlah bahwa duduk lama Anda yang harus disalahkan.

Postur tubuh yang buruk

Duduk terus-menerus memberi tekanan besar pada punggung Anda dan itu juga dapat sangat memengaruhi postur Anda. Selain itu, jika Anda adalah seseorang yang menghabiskan banyak waktu membungkuk di depan laptop atau komputer, Anda dapat mengembangkan sindrom postur tubuh yang buruk.

Kerusakan di otak

Ya, jangan heran, ternyata duduk lama tidak hanya merugikan tubuh tetapi juga merusak otak. Menurut penelitian baru yang dilakukan oleh University of California, Los Angeles, gaya hidup yang tidak banyak bergerak - yang melibatkan duduk untuk durasi waktu yang lebih lama - dapat menyebabkan penipisan wilayah tertentu di otak yang bertanggung jawab untuk pembentukan ingatan baru.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya