Kenali Tanda Nyeri pada Payudara dan Cara Mencegahnya

Ilustrasi payudara
Sumber :
  • Pixabay/ Foundry

VIVA Lifestyle – Nyeri pada payudara kerap menimbulkan kekhawatiran. Nyeri payudara atau dengan nama medis mastalgia dapat terasa di bagian atas sebelah luar payudara dan menjalar sampai ketiak dan lengan. 

Nyeri-Pegal Usai Olahraga? Yuk Kenalan dengan DOMS

Namun tak perlu khawatir, nyeri payudara belum tentu menandakan adanya kanker payudara. Selain itu kanker payudara memiliki gejala lain yang tidak hanya berupa nyeri. Apa yang menyebabkan nyeri payudara? Bagaimana cara menghilangkan nyeri dan mencegahnya?

Hal tersebut dijelaskan oleh dr. Bayuadji, Sp.B (K) Onk dalam video di kanal YouTube VDVC health yang diunggah pada 26 April 2021. Yuk, simak agar tidak salah paham.

Asia Pacific Breast Cancer Summit 2024, Bahas Pentingnya Deteksi Dini Kanker Payudara

Penyebab nyeri payudara

Payudara

Photo :
  • Times of India
Rahasia Kebahagiaan dan Jantung Sehat: Berikan Kenikmatan Ini Buat Suami!

Nyeri pada payudara pada umumnya muncul karena adanya rangsangan nyeri pada saraf di payudara. Rangsangan tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain trauma, infeksi, dan tumor jinak atau ganas. 

Cara mengetahui gejala nyeri payudara

Tanda nyeri payudara karena penyakit berat bersifat terus-menerus dan tidak dipengaruhi oleh siklus haid. Kemudian biasanya disertai dengan benjolan, timbul luka, perubahan bentuk puting susu, perubahan warna kulit payudara, dan perubahan bentuk payudara.

Sementara nyeri payudara menjelang haid munculnya mengikuti siklus haid yaitu menjelang datang bulan dalam waktu satu minggu atau dua sampai tiga hari. Setelah menstruasi selesai, nyeri akan hilang dengan sendirinya tanpa diberi obat. 

ilustasi payudara

Photo :
  • U-Report

Nyeri payudara akibat tumor ganas hadir secara terus-menerus dan diberikan obat analgetik yaitu obat pengurang rasa nyeri. Rasa nyeri ini juga diikuti oleh perubahan bentuk payudara. Paling sering tandanya yaitu muncul benjolan, warna kulit berubah, puting susu berubah bentuk, dan keluar cairan dari puting susu.

Pertolongan pertama nyeri payudara

Payudara.

Photo :
  • U-Report

Jika mengalami nyeri payudara, segera konsultasi ke dokter terdekat. Kemudian akan diberi obat pengurang nyeri (analgetik) atau antibiotik. Hasil pemeriksaannya bisa dirujuk ke fasilitas kesehatan yang lebih tinggi.

Dokter yang bersangkutan akan melakukan pemeriksaan fisik dan dan ditanya sejak kapan rasa nyeri muncul. Jika diperlukan akan dilakukan pemeriksaan penunjang seperti USG payudara (dilakukan segala usia) atau mamografi (wanita usia 40 tahun ke atas).

Cara mencegah nyeri payudara

Benjolan di payudara.

Photo :
  • U-Report
  • Hidup sehat dengan mengonsumsi banyak sayuran, buah-buahan, istirahat cukup, hindari merokok atau minum alkohol. 
  • Melakukan pemeriksaan rutin yang dilakukan sebulan sekali dengan waktu seminggu setelah menstruasi.
  • Pemeriksaan USG dua tahun sekali untuk wanita di bawah 40 tahun. Sementara untuk wanita di atas 40 tahun, lakukan pemeriksaan setahun sekali dengan kombinasi pemeriksaan USG dan mamografi.

Selengkapnya tonton video di bawah ini:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya