Kemenkes Temukan 91 Kasus Dugaan Hepatitis, Apa Gejalanya?

Ilustrasi sakit kepala/demam.
Ilustrasi sakit kepala/demam.
Sumber :
  • Pexels/Andrea Piacquadio

VIVA Lifestyle – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) membeberkan kabar terbaru mengenai kasus hepatitis akut misterius yang masih mengintai di tengah pandemi. Pihak Kemenkes menjelaskan bahwa nyaris 100 kasus ditemukan terkait dengan hepatitis akut misterius itu.

"Ada 91 yang sudah kita lakukan pemeriksaan dan 35 di antaranya probable, 7 pending, dan 49 discarded," ungkap Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI dr. Mohammad Syahril, Sp.P, MPH, dalam konferensi pers virtual, Jumat, 16 September 2022. Scroll untuk berita selengkapnya.

Ilustrasi Hepatitis.

Ilustrasi Hepatitis.

Photo :
  • Pixabay/pexels

Dari 91 kasus tersebut, dilakukan pemeriksaan melalui tes PCR sehingga ditemukan kembali detail bahwa sebanyak 35 orang diantaranya cenderung mengarah pada dugaan hepatitis akut misterius. Namun pada 49 kasus yang dinyatakan bukan hepatitis akut, memiliki penyakit dengan gejala yang mirip.

"Dengue 17 orang, infeksi bakteri 7 orang, sepsis 6 orang, hepatitis a reaktif 4 orang, dan penyakit lainnya di luar hepatitis akut. Ini semua disingkirkan dari hepatitis yang belum diketahui penyebabnya," jelasnya.

Ada pun gejala pada 35 orang yang kemungkinan mengidap hepatitis akut misterius paling utama adalah demam sebanyak 77 persen. Lalu jaundice atau kuning sebanyak 71, 4 persen, mual 68,6 persen, muntah 60 persen, hingga hilang nafsu makan 51 persen.

Ilustrasi hepatitis B.

Ilustrasi hepatitis B.

Photo :
  • U-Report