Dokter Waspadai Hepatitis Akut Misterius Rentan Jangkiti Anak

Ilustrasi hepatitis pada anak
Ilustrasi hepatitis pada anak
Sumber :
  • The Sun

VIVA Lifestyle – Kasus hepatitis akut yang belum diketahui penyebabnya sempat menjadi perbincangan masyarakat luas, namun mereda seiring waktu. Meski kasusnya sudah tak lagi menjadi fokus utama masyarakat, dokter tetap meminta agar waspadai penularannya, terutama pada anak.

Dalam keterangan pers Kementerian Kesehatan RI, Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI dr. Mohammad Syahril, Sp.P, MPH, mengungkapkan bahwa terdapat sebanyak 91 laporan terkait hepatitis akut misterius.

Dari data itu, Syahril menuturkan 35 kasusnya dinyatakan probabel dan dilakukan pemeriksaan serta dikaji oleh komite ahli.

Ilustrasi hepatitis pada anak

Ilustrasi hepatitis pada anak

Photo :
  • The Sun

Hasilnya, telah diketahui bahwa patogen paling banyak ditemukan pada pasien adalah EBV (6 dari 29 pasien diperiksa lalu diikuti CMV dan Torque Teno virus (5 dari 29 pasien diperiksa). Yuk scroll artikel selengkapnya di bawah ini.

Berdasarkan hasil PCR dan metagenomik, 5 dari 29 pasien probable terdeteksi virus dari famili herpesviridae (CMV, HSV1, HHV-6A, HHV1, EBV). Gejala yang dialami pasien di antaranya demam, kuning, mual.

“Gambaran gejala klinis 35 kasus probable itu terbanyak adalah demam, kuning, mual, muntah, hilang nafsu makan,” ucap dr. Syahril.

Dikatakan dr. Syahril, kapasitas laboratorium tekah ditambah, Kementerian Kesehatan sudah mempunyai 33 laboratorium yang memiliki kemampuan pemeriksaan hepatitis.

Kampanye pencegahan penyakit Hepatitis

Kampanye pencegahan penyakit Hepatitis

Photo :
  • twitter.com/litbangkemenkes