Kenali 5 Tanda Fibromyalgia yang Dialami Lady Gaga

Lady Gaga
Sumber :
  • Eat This

VIVA Lifestyle – Ketika Lady Gaga mengumumkan dia menderita fibromyalgia pada tahun 2017, itu membantu meningkatkan kesadaran tentang kondisi yang sering disalahpahami. 

Pemuda di Karawang Alami Gangguan Jiwa Diduga Usai Belajar Ilmu Tasawuf

"Sangat sering pasien fibromyalgia pergi dari dokter ke dokter mencari jawaban. Dokter akan mencari lupus atau rheumatoid arthritis (RA) dan ketika mereka tidak menemukannya, mereka akan berhenti di situ," kata Dr Elizabeth Volkmann, asisten profesor kedokteran di divisi Rheumatology di UCLA. Scroll untuk lengkapnya.  

Berikut adalah lima tanda Anda mungkin menderita fibromyalgia seperti penyanyi Lady Gaga yang dilansir dari laman Eat This. 

Bisa Sebabkan Depresi, Inilah Mengapa Pasien TBC Butuh Pendampingan Psikologis

1. Kelelahan

Pria di Palembang Tewas Gantung Diri, Ada Surat Wasiat Isinya Begini

Kelelahan adalah tanda umum dari fibromyalgia—Lady Gaga bahkan terpaksa menunda tur tahun 2017 karena gejalanya sangat parah. 

"Fibromyalgia adalah diagnosis eksklusi, yang berarti didiagnosis hanya setelah Anda menjalani pemeriksaan fisik menyeluruh, riwayat medis, dan tes untuk menyingkirkan kondisi potensial lainnya," menurut para ahli Yale Medicine. 

"Selama pemeriksaan fisik, dokter Anda dapat mencari pola bintik-bintik lunak di seluruh tubuh Anda. Bintik-bintik lunak ini, ditambah dengan gejala umum lainnya termasuk kelelahan, kualitas tidur rendah, dan kabut otak, dapat mengarahkan dokter ke arah diagnosis fibromyalgia."

2. Nyeri

Nyeri kronis yang konstan adalah gejala utama fibromyalgia.  "Siapa pun dapat merasakan tusukan jarum pada tingkat kecil, tetapi seseorang dengan fibromyalgia mungkin merasakannya semakin parah," kata Volkmann. 

"Kami mencari rasa sakit di bagian tubuh tertentu: area terpisah, tidak seperti pembengkakan jaringan lunak di atas sendi. Kami biasanya menunjukkan area otot: 18 titik di seluruh tubuh."

3. Gejala seperti flu

Penderita fibromyalgia sering digambarkan memiliki gejala sakit kepala, kaku, dan tubuh menggigil. 

"Penyebab fibromyalgia tidak diketahui," kata spesialis manajemen nyeri Robert Bolash, MD. "Genetik, trauma atau infeksi mungkin berperan. Penderita fibromyalgia mengatakan rasanya seperti terkena flu sepanjang waktu."

4. Kecemasan dan depresi

Kecemasan dan depresi sangat terkait dengan fibromyalgia, kata para ahli. "Fibromyalgia dapat menciptakan lingkaran setan gejala seperti kecemasan, depresi dan gangguan tidur," kata

Ahli reumatologi Carmen Gota, MD mengatakan otak kemudian menjadi terhubung dalam mode stres dan itu memicu kelembutan, rasa sakit, kelelahan, dan kesulitan kognitif yang selanjutnya meningkatkan stres dan kecemasan.

5. Masalah tidur dan memori

Masalah tidur dan memori kronis bisa menjadi tanda fibromyalgia, kata dokter. 

"Orang dengan fibromyalgia mengalami nyeri otot dan nyeri tekan di seluruh tubuh mereka bersama dengan gejala lain, termasuk kelelahan ekstrim, gangguan mood (seperti kecemasan dan depresi), sakit kepala, dan masalah dengan tidur dan memori," kata Hope Ricciotti, MD, dan Hye- Chun Hur, MD, MPH. 

"Sementara dokter tidak tahu apa yang menyebabkan fibromyalgia, itu kadang-kadang diturunkan dalam keluarga, yang mungkin menunjukkan kecenderungan genetik yang mendasari penyakit ini."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya