Kamu Harus Coba! Ini 5 Cara Mengurangi Mata Minus Secara Alami

Ilustrasi mata minus.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Bagi kamu yang memiliki mata minus atau mengalami myopia mungkin mencari-cari cara bagaimana agar mata minus bisa berkurang secara alami. Sejauh ini memang belum ada obat rumahan untuk mengobati mata minus. 

Berapa Lama Rata-rata Umur Hidup Orang Indonesia? Ternyata Sampai Angka Ini

Seseorang yang matanya minus biasanya menggunakan kacamata untuk menjadi solusi. Lensa korektif atau operasi adalah pengobatan yang paling efektif untuk mata minus, tetapi beberapa pilihan pengobatan alami dapat membantu memperlambat perkembangannya. Melansir dari Advance Eye Care Center, berikut ini cara mengurangi mata minus secara alami yang bisa dilakukan. 

1. Sering Habiskan Waktu di Luar Rumah

Ramalan Zodiak Kamis 18 April 2024: Taurus Alami Krisis Keuangan, Virgo Harus Menjauhi Orang Negatif
Ilustrasi bahagia & menjaga kesehatan

Ilustrasi bahagia & menjaga kesehatan

Photo :
  • ist

Cara mengurangi mata minus secara alami yang pertama bisa kamu lakukan adalah dengan sering-sering menghabiskan banyak waktu di luar rumah. Mengapa? Karena menghabiskan lebih banyak waktu di luar rumah, apalagi selama masa remaja dan masa dewasa awal dapat mengurangi risiko rabun jauh seumur hidup. 

Sidak Layanan Kesehatan Usai Libur Lebaran, Pj Wali Kota Tangerang Minta Jam Operasional Ditambah

Hal tersebut mungkin dikarenakan sinar ultraviolet matahari mengubah struktur molekul sklera dan kornea, jadi dapat membantu mempertahankan bentuk normal pada mata. 

2. Lindungi Mata dari Sinar Matahari

Ilustrasi kacamata hitam.

Photo :
  • Pixabay.

Saat berada di luar ruangan atau rumah yang terkena sinar matahari yang mencolok, kamu bisa mengenakan kacamata hitam untuk melindungi mata. Guna kacamata hitam adalah untuk melindungi mata dari sinar ultraviolet yang berbahaya dan membantu memperlambat perkembangan myopia jika kamu sedang berada di luar ruangan.

3. Makan Makanan Sehat

Makanan sehat

Photo :
  • Eat This

Salah satu cara mengurangi mata minus secara alami juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Cobalah untuk makan banyak sayuran berdaun hijau dan juga mengonsumsi buah-buahan. Mata juga akan mendapatkan manfaat jika kamu mengonsumsi ikan tinggi asam lemak omega-3 seperti tuna dan salmon.

4. Mengurangi Mata Lelah

Ilustrasi Kelelahan, Ngantuk, bekerja

Photo :
  • Pixabay/ Concord90

Jangan biarkan matamu kelelahan sepanjang hari. Jika memang kegiatan sehari-seharimu adalah menatap layar baik komputer maupun handphone, kamu harus mengambil waktu istirahat dari melihat layar. Hal itu perlu dilakukan agar dan mata mendapatkan istirahat yang tepat dapat membantu memperlambat perkembangan mata menjadi minus.

5. Jangan Merokok

Ilustrasi berhenti merokok.

Photo :
  • U-Report

Cara mengurangi mata minus secara alami yang terakhir bisa dilakukan adalah jangan merokok. Merokok memiliki banyak efek yang merugikan dan dapat berdampak negatif pada penglihatan mata dan orang-orang di sekitar. Kamu bisa menghindari merokok untuk memperlambat perkembangan myopia pada mata.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya