Buah Merah Menggoda Ini Ampuh Atasi Hipertensi, Yuk Coba

Buah bit.
Sumber :

VIVA Lifestyle – Warna merah merona nan menggoda membuat bit menjadi salah satu pesohor di kalangam buah lainnya. Tak hanya dari segi tampilan, siapa sangka, buah ini memiliki sejumlah khasiat baik bagi tubuh, khususnya kesehatan jantung.

5 Rekomandasi Makanan Sehat untuk Penderita Darah Tinggi, Sayuran Hijau Paling Wajib

Faktanya, bit adalah salah satu makanan terbaik yang bisa dimakan jika seseorang memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi. Bit tidak hanya mencentang begitu banyak kotak dalam hal makanan sehat jantung, termasuk rendah sodium, bebas dari gula tambahan, dan bebas dari lemak jenuh, tetapi juga mengandung banyak faktor penting lainnya yang memenuhi pedoman saat mengikuti diet. Scroll untuk info lengkapnya.

Bit juga mengandung nitrat makanan yakni bahan kimia alami yang diubah menjadi oksida nitrat di dalam tubuh. Oksida nitrat adalah vasodilator, yang merupakan bahan kimia yang melemaskan otot-otot bagian dalam pembuluh darah Anda dan meningkatkan aliran darah. Pada gilirannya, vasodilator seperti oksida nitrat dapat membantu mengurangi tekanan darah.

5 Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan Tubuh, Jadi Sumber Antioksidan Kuat

Dokter spesialis gizi klinis dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, SpGK, dalam mini talkshow bertajuk “Beet for Your Beat to #LiveHappier” menguraikan pentingnya cermat memilih asupan nutrisi yang tepat untuk tubuh, terutama untuk kesehatan jantung. Pentingnya mengonsumsi bit untuk kesehatan jantung pun dibahas di dalamnya. 

Ilustrasi jantung.

Photo :
  • Pixabay
Tertulis di Alquran, 6 Buah Ini Punya Khasiat Luar Biasa untuk Singkirkan Penyakit

“Bit sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung. Berbagai hasil penelitian di dunia menunjukkan kandungan nitrat yang tinggi dalam buah bit menghasilkan senyawa yang disebut oksida nitrat. Senyawa ini membantu untuk memberikan rasa rileks dan melebarkan pembuluh darah yang meningkatkan aliran darah, serta menurunkan tekanan darah,” ujar dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, SpGK.

Dalam uji klinis, data menunjukkan bahwa minum jus bit yang terbuat dari bit asli dapat membantu mengurangi tekanan darah. Sebuah tinjauan sistematis dan meta-analisis yang diterbitkan di Frontiers in Nutrition menunjukkan bahwa minum jus bit dalam kisaran 3 hingga 60 hari meningkatkan tekanan darah sistolik di antara subjek penelitian.

Bicara mengenai kesehatan jantung, olahraga secara rutin sangat berperan penting dalam membantu menjaga kesehatan jantung. Namun di samping itu, asupan makanan dan minuman yang bergizi pun tak kalah pentingnya. Masyarakat bisa mendapatkan banyak sumber asupan yang baik untuk kesehatan jantung dari buah dan sayuran, seperti bit, seledri, bayam, serta kale.
 
Senada dengan itu, menjelang World Heart Day atau Hari Jantung Sedunia, PT Sewu Segar Primatama melalui brand Re.juve, menggelar acara fun run bersama komunitas pelari Indo Runners Bandung dengan tema “Beet for Your Beat to #LiveHappier”.

Ilustrasi olahraga lari.

Photo :
  • Freepik/master1305

Momen peringatan Hari Jantung Sedunia ini diadakan dengan maksud mengingatkan kembali kepada masyarakat untuk sadar akan pentingnya menjaga kesehatan jantung. Menurut World Health Organization (WHO), sekitar 17,9 juta orang meninggal akibat penyakit kardiovaskuler pada tahun 2019 atau mewakili 32 persen dari seluruh angka kematian global. Berdasarkan angka kematian tersebut, 85 persen disebabkan oleh serangan jantung dan stroke. 

“Seperti yang kita ketahui, banyak masyarakat di dunia, baik anak muda maupun yang sudah berusia lanjut pun kerap mengalami penyakit jantung. Maka dari itu, melalui kolaborasi Re.juve dan Indo Runners Bandung dalam mengadakan acara fun run ini, menjadikan suatu gerakan dalam mengajak masyarakat untuk sadar betapa pentingnya peduli dengan kesehatan jantung,” ujar Richard Anthony, CEO dan Presiden Direktur Re.juve.

Sejalan dengan misi Re.juve sejak tahun 2014 yang selalu mengedukasi konsumen agar cermat dalam memilih produk makanan dan minuman yang lezat, sehat, dan jujur #GOODforYou guna mendapatkan asupan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Dengan begitu, para konsumen dapat semakin terbantu untuk menentukan pilihan asupan yang tepat bagi tubuhnya secara bijak. Karena tubuh yang sehat adalah kunci dalam mendapatkan hidup yang lebih bahagia #LiveHappier.

“Melalui perayaan Hari Jantung Sedunia ini, kami berharap semakin banyak konsumen yang peduli dan terus cermat dalam memilih asupan makanan dan minuman yang baik untuk kesehatan tubuh, terutama jantung. Besar harapan kami, untuk ke depannya Re.juve dapat terus mengadakan kegiatan yang tak kalah seru dan bermanfaat seperti hari ini,” ujar Richard Anthony, CEO dan Presiden Direktur Re.juve.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya