8 Arti Letak Munculnya Jerawat di Wajah, Tanda Alami Masalah Kesehatan

Beruntusan, jerawat
Sumber :
  • Pixabay/ SharonMcCutcheon

VIVA Lifestyle – Setidaknya, setiap orang remaja dan dewasa di dunia ini, pernah merasakan yang mananya jerawat pada wajah. Secara umum, jerawat disebabkan oleh produksi minyak atau sebum yang berlebih.

5 Dampak Buruk Stres Buat Kesehatan Kulit, Penuaan Dini Hingga Bikin Kusam

Sel-sel kulit mati dalam pori-pori kulit yang membuat pori-pori tersumbat. Saat penumpukan terjadi, bakteri mudah berkembang dan memicu peradangan dan menjadi jerawat. Meski penyebabnya adalah peradangan akibat pori-pori yang tersumbat, pemicu penumpukan tersebut berbeda-beda.

Yuk scroll ke bawah!

Wajah Glowing Bebas Flek Hitam dan Jerawat di Hari Raya? Simak Tips Ampuhnya!

Cara menghilangkan bekas jerawat hitam

Photo :
  • Freepik

Namun ternyata, jerawat yang muncul di bagian-bagian wajah, punya arti masing-masing yang bisa menandakan tau menunjukkan masalah kesehatan pada tubuh, lho. Hal ini disampaikan oleh ahli dermatologi sekaligus Education Manager di the International Dermal Institute Sydney, Australia, Emma Hobson melansir dari Body and Soul. Menurutnya, jerawat pada wajah seperti peta yang bisa menunjukkan atau menjadi sinyal gangguan kesehatan. Simak penjelasannya berikut. 

Bopeng Parah Bekas Jerawat Ternyata Bisa Disiasati Buat Dihilangkan, Begini Caranya

Jerawat di Dahi

Jerawat yang tumbuh di dahi dapat dikatakan muncul karena masalah pencernaan yang buruk dan stres. Hal ini disampaikan oleh Lindsay Blondin, ahli estetika utama di George the Salon Chicago "Dahi terhubung dengan sistem pencernaan," jelas Lindsey Blondin. 

Mengurangi jumlah lemak dalam pola makan dan meningkatkan asupan air putih bisa membantu. Selain itu, letak jerawat di dahi juga bisa terjadi karena ketidakseimbangan hormon yang mempengaruhi produksi minyak di kulit.

Jerawat di Pipi

Jerawat

Photo :
  • vstory

Nah, pipi adalah bagian terbesar pada wajah dan tempat yang sering muncul jerawat. Penyebab jerawat di dekat bagian atas pipi terkait dengan sistem pernapasan atau paru-paru. 

Sedangkan, jerawat pada pipi yang lebih rendah biasanya menunjukkan kebersihan gigi yang buruk. Walau begitu, bakteri yang langsung terpapar ke wajah adalah menjadi penyebab yang paling utama.

Harus perhatikan penggunaan sprei dan bantal, telepon, atau peralatan lainnya yang biasa menempel ke wajah dalam waktu lama. Itu juga bisa menjadi tanda sumber terjadinya jerawat. Juga ingat, jangan sering memegang pipi jika tangan sedang kotor. 

Jerawat di Alis 

Melansir Healtline, penyebab pipi berjerawat disebabkan oleh adanya ingrown hair ataupun penggunaan skincare yang tak terangkat dengan sempurna.

Mencuci wajah harus dipastikan bersih agar tak tersisa make up ataupun skincare di sekitar alis. Minum banyak air dapat sebagai salah satu cara untuk membantu mengatasinya.

Jerawat di Dagu

Ilustrasi jerawat

Photo :
  • Freepik/Tongpatong

Nah, mungkin penyakit dibalik jerawat di dagu ini sering didengar. Melansir dalam Cleveland Clinic, jerawat yang muncul di dagu dipicu karena hormon seksual atau dikenal jerawat hormonal.

Namun jika jerawat di dagu ini lebih konstan dialami, maka bisa juga karena masalah dengan hati. Jadi pastikan untuk menemukan cara untuk membantu menyeimbangkan hormon. Salah satunya dengan konsumsi teh herbal dan sayuran sehat.

Jerawat di Rahang

Ilustrasi jerawat yang semakin meradang.

Photo :
  • U-Report

Perubahan hormon menjadi alasan mengapa rahang atau jawline bisa muncul jerawat. Hal ini dijelaskan oleh Clinical, Cosmetic, and Investigational Dermatology, yang mana berarti adanya gangguan pada lapisan kulit. Sering dipicu karena hormon androgen yang terlalu banyak dalam tubuh.

Apabila kadarnya terlalu banyak, dapat merangsang kelenjar minyak dan menyumbat pori-pori pada wajah. Hormon dapat melonjak selama atau sebelum siklus menstruasi. Wanita yang menggunakan pil KB juga mungkin mengalami hal seperti ini.

Jerawat di Hidung

Jerawat yang muncul pada area ini bisa menjadi pertanda bahwa jantung sedang tidak dalam keadan sehat. Salah satu contohnya yaitu tekanan darah yang tinggi.

Untuk dapat mengatasi kondisi ini, kamu bisa melakukan olahraga yang rutin maupun meditasi sebelum tidur. Perlu membatasi konsumsi makanan asin, makanan pedas dan makanan yang berlemak. Lalu memperbanyak asupan buah-buahan. 

Jerawat di Leher

Wajah berjerawat.

Photo :
  • U-Report

Hampir sama seperti jerawat di dagu, munculnya jerawat di leher bisa diakibatkan karena hormon yang kurang seimbang di dalam tubuh. Selain itu, kelelahan dan stres bisa menyebabkan di bagian ini muncul jerawat.

Jerawat di Telinga

Terakhir adalah jeraaat di telinga. Ini tandanya tubuh sedang mengalami dehidrasi. Salah satu cara mudah untuk menyiasatinya adalah dengan selalu meminum air putih agar tubuh tidak kekurangan cairan dan ginjalmu tetap bersih. Kamu juga bisa mengonsumsi buah yang mengandung banyak air seperti semangka dan jeruk.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya