Anak Rizky Billar-Lesti Kejora Idap Hernia, Ini Sebab Hingga Gejalanya

Rizky Billar, Lesti Kejora dan sang putra.
Sumber :
  • Instagram @lestykejora.

VIVA Lifestyle – Keluarga Rizky Billar dan Lesti Kejora tengah bersedih lantaran putranya, Muhammad Leslar Al-Fatih Billar saat ini sedang sakit dan menjalani operasi hernia. Terlihat jelas saat Baby L tengah dirawat dengan selang infus yang dipasang pada bayi 8 bulan itu.

PM Israel Benjamin Netanyahu Menjalani Operasi Hernia, Kenali Gejala dan Penyebabnya!

"Mohon doanya agar operasi hernia Fatih dilancarkan," tulis Rizky Billar di Instagram dikutip VIVA, Selasa, 20 September 2022. Scroll untuk informasi selengkapnya.

Hernia inguinalis pada bayi dan anak merupakan hernia yang terjadi di daerah selangkangan. Hernia terjadi ketika usus menonjol melalui dinding perut. Apa saja fakta mengenai ini? Berikut rangkumannya dikutip dari laman Claveland.

Operasi Hernia PM Israel Benjamin Netanyahu Sukses

Apa itu hernia inguinalis pada bayi?
Hernia inguinalis pada bayi adalah hernia yang terjadi di selangkangan. Inguinal artinya selangkangan. Selangkangan adalah area antara perut (perut) dan paha anak.

Baby L anak Lesty Kejora dan Rizky Billar

Photo :
  • Instagram @rizkybillar
Rizky Billar Beri Pesan Ini untuk Lesti kejora, Netizen: Kok Kayak Pamitan

Hernia inguinalis terjadi saat bagian usus anak Anda masuk melalui lubang di dinding perutnya melalui kanalis inguinalis. Kanalis inguinalis memanjang dari perut bayi hingga alat kelaminnya.

Kanalis inguinalis seharusnya menutup sebelum lahir, tetapi terkadang tidak menutup sepenuhnya. Ini meninggalkan lubang untuk usus anak berfungsi. Anda dapat melihat dan merasakan tonjolan atau massa abnormal di selangkangan atau skrotum anak Anda. Namun, Anda mungkin hanya melihat tonjolan ketika anak Anda menangis, batuk atau mengejan.

Hernia inguinalis biasanya hanya berkembang di satu sisi selangkangan anak. Mereka berkembang di sisi kanan lebih sering daripada di sisi kiri. Sekitar 10 persen dari waktu, hernia inguinalis berkembang di kedua sisi selangkangan.

Siapa yang berisiko menderita hernia inguinalis?
Hernia inguinalis dapat menyerang bayi, balita, anak-anak dan orang dewasa. Pada anak, penyakit ini paling sering menyerang anak di bawah 6 tahun. Sekitar 90 persen hernia inguinalis pada bayi baru lahir terjadi pada bayi laki-laki. Hernia inguinalis lebih sering terjadi pada bayi prematur.

Keluarga Rizky Billar

Photo :
  • IG @lestykejora

Apa dampak hernia inguinalis?
Anak akan memerlukan operasi sederhana untuk memperbaiki hernia inguinalis. Komplikasi yang jarang tetapi serius dapat terjadi jika anak Anda tidak menerima perawatan:

Hernia inkarserata: Penahanan terjadi saat isi hernia tersangkut. Jika ini terjadi, penyedia layanan kesehatan anak Anda tidak dapat mendorong hernia kembali ke perut anak Anda. 

Hernia tercekik: Saat hernia tersangkut, pencekikan dapat terjadi. Ini berarti suplai darah ke usus anak Anda terputus. Kurangnya aliran darah ke usus anak Anda dapat menyebabkan kematian jaringan. Ini adalah kondisi yang sangat serius dan menyakitkan yang merupakan keadaan darurat medis.

Apa saja gejala hernia inguinalis pada anak?
Gejala utama hernia inguinalis pada anak adalah tonjolan yang dapat Anda lihat di bawah kulit di selangkangan atau skrotum mereka. Ini mungkin menjadi lebih besar setelah anak Anda menangis atau mengejan. Tonjolan bisa datang dan pergi. Ini mungkin menjadi lebih kecil atau hilang ketika anak Anda santai atau tertidur. Mereka mungkin memiliki tonjolan di satu atau kedua sisi selangkangan mereka.

Ilustrasi bayi/anak/parenting.

Photo :
  • Freepik/bristekjegor

Gejala hernia inguinalis lainnya pada anak-anak mungkin termasuk:
Nyeri dan ketidaknyamanan yang membaik dengan istirahat. Berat atau tekanan di selangkangan mereka. Pembengkakan skrotum. Terbakar di tempat tonjolan. Keengganan dan kesulitan makan pada bayi.

Jika anak Anda menderita hernia inkarserata atau hernia tercekik, ini adalah keadaan darurat medis. Dapatkan perawatan medis untuk anak Anda segera jika mereka mengembangkan salah satu dari gejala berikut:

Sakit parah atau nyeri tekan. Kemerahan dan memar di sekitar lokasi tonjolan. Tidak nafsu makan. Demam. Mual dan muntah. Kotoran berdarah (tinja).

Apa penyebab hernia inguinalis pada bayi?
Semua bayi dilahirkan dengan saluran seperti terowongan yang disebut kanalis inguinalis. Kanal inguinalis memanjang dari perut bayi Anda (perut) ke alat kelaminnya. Selama perkembangan janin, testis bayi laki-laki terbentuk di dalam perutnya. Kemudian testisnya bergerak melalui kanalis inguinalis ke dalam skrotumnya.

Ilustrasi bayi.

Photo :
  • U-Report

Biasanya, kanalis inguinalis menutup sebelum lahir. Tapi terkadang, itu tidak menutup semua jalan. Ini meninggalkan lubang dari perut bayi Anda ke kanalis inguinalis. Ketika ini terjadi, usus bayi dapat meluncur melalui lubang tersebut sehingga menyebabkan hernia.

Hernia inguinalis jarang terjadi pada bayi perempuan, tetapi itu bukan berarti tidak mungkin. Anak perempuan juga memiliki kanalis inguinalis. Hernia inguinalis pada bayi perempuan mungkin terkandung dari sistem reproduksi mereka, seperti ovarium.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya