Jangan Dibiarkan, Jika Merasakan Ini Artinya Kolesterol Terlalu Tinggi

Lemak dekat mata tanda kolesterol
Sumber :
  • Eat This

VIVA LifestyleKolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan yang parah, mulai dari penyakit jantung hingga stroke, jadi sangat penting untuk menjaga kadar kolesterol Anda tetap terkendali. 

Habis Lebaran Kolesterol Meningkat? Pangkas dengan 6 Sayuran Ini

"Efek kolesterol tinggi menumpuk selama bertahun-tahun. Kita harus agresif untuk mencoba menurunkannya. Dalam jangka waktu yang lama, kolesterol tinggi meningkatkan risiko stroke, serangan jantung, dan pengerasan pembuluh darah, yang disebut aterosklerosis. Itu adalah hal utama yang dikhawatirkan" kata ahli jantung Luke Laffin, MD. Scroll untuk mengetahui lebih lanjut. 
 
Berikut adalah lima tanda kolesterol Anda terlalu tinggi, menurut dokter, yang dikutip dari laman Eat This.

1. Sakit kaki

Sadis! Suami Bakar Istri di Jayapura Gara-gara Sakit Stroke

Peripheral Artery Disease (PAD) adalah kondisi berbahaya di mana penumpukan plak di arteri kaki dapat menyebabkan rasa sakit. 

Waspada Kolesterol Naik Usai Lebaran! Ini Rahasia dr Zaidul Akbar Atasi Kolesterol Tinggi

"Orang-orang belum tentu berpikir bahwa sakit kaki berhubungan dengan penyakit jantung," kata ahli bedah vaskular Andy Lee, MD, Instruktur Kedokteran di Harvard Medical School. 

"Tetapi jika arteri kaki tersumbat, kemungkinan arteri koroner juga tersumbat. Jika tidak diobati, PAD berpotensi meningkatkan risiko seseorang menderita stroke atau serangan jantung. Ini juga merupakan penyebab utama amputasi anggota badan."

2. Pusing

Pusing bisa menjadi tanda kolesterol tinggi. "Katakanlah Anda memiliki penumpukan plak atau kolesterol di arteri karotid Anda dan aliran darah tidak cukup, atau jika Anda memiliki penyempitan katup jantung tertentu, atau jika Anda memiliki aritmia, ini dapat menyebabkan apa yang oleh sebagian orang disebut pusing tetapi mungkin lebih tepat disebut pusing," kata Dr. Laffin.

Nyeri dada bisa menjadi tanda penyakit serius dan tidak boleh diabaikan. "Sangat penting untuk fokus pada kesehatan kardiovaskular Anda dan jika Anda mengalami nyeri dada, Anda harus segera menyelidikinya," kata Luke Pratsides, MD. 

Secara khusus, setiap nyeri dada yang lebih buruk saat aktivitas dapat menjadi tanda penyumbatan arteri koroner yang dapat menyebabkan serangan jantung yang fatal. 

"Jika Anda pernah mengalami nyeri dada yang terus-menerus atau memburuk seperti seseorang duduk di dada Anda, atau ada radiasi apa pun. rasa sakit di lengan atau rahang kiri Anda, ini bisa menjadi tanda serangan jantung dan Anda harus memanggil [ambulans].

4. Timbunan lemak di sekitar mata

Kolesterol tinggi dapat menyebabkan timbunan lemak kecil berwarna kuning yang disebut xanthelasma di sekitar mata. 

"Paling sering, kita melihatnya di kelopak mata atas dan bagian dalam kelopak mata yang paling dekat dengan hidung," kata dokter mata Nicole Bajic, MD. 

"Kami tidak begitu yakin mengapa hal itu terjadi pada beberapa orang dengan kolesterol tinggi dan tidak pada orang lain, tetapi ketika Anda melihatnya pada seseorang yang tidak memiliki riwayat kolesterol tinggi, adalah ide yang baik untuk memeriksakannya. kira-kira 50% kemungkinan mereka memilikinya."

5. Disfungsi seksual

Kolesterol tinggi dapat menyebabkan disfungsi ereksi, dokter memperingatkan. 
"Pria yang lebih tua yang memiliki kesehatan kardiovaskular yang buruk, diabetes atau sindrom metabolik sering mengalami disfungsi ereksi - dan prevalensi penyakit ini diperkirakan akan meningkat," kata John B. Kostis, MD, profesor kedokteran, direktur Institut Kardiovaskular di Rutgers Robert Wood Johnson Medical School dan peneliti utama studi tersebut. 

"Penelitian kami menunjukkan bahwa statin tidak hanya meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi risiko stroke dan serangan jantung, tetapi juga meningkatkan fungsi ereksi pada pria yang termasuk dalam analisis kami."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya