Mom, Ketahui 8 Makanan Penyubur Kandungan bagi Ibu Hamil

Ilustrasi hamil/ibu hamil.
Sumber :
  • Freepik/drobotdean

VIVA Lifestyle – Ibu hamil disarankan untuk rajin mengonsumsi makanan penyubur kandungan. Bahkan makanan tersebut sebenarnya baik dikonsumsi sebelum melakukan program kehamilan. Tak hanya bagi wanita, makanan sehat tersebut juga baik untuk sang ayah agar sperma makin berkualitas. Bagi Anda yang merasa sulit hamil atau sedang merencanakan kehamilan, ada beragam makanan penyubur kandungan yang bisa Anda coba. Tak hanya diketahui dapat meningkatkan kesuburan, berbagai jenis makanan ini juga baik untuk kesehatan tubuh. 

10 Makanan Wajib Dihindari Jika Ingin Awet Muda Seperti Ade Rai, Nomor 2 Paling Sulit

Asupan protein juga tak boleh dilupakan saat menjalani program hamil. Pilihlah camilan sehat yang kaya protein seperti kacang polong atau kacang tanah. Sebaiknya kurangilah asupan protein yang bersumber dari daging merah. Alternatifnya, pilihlah protein yang bersumber dari ikan. Pilihlah menu camilan sehat yang berisikan ikan salmon, tuna kaleng, atau sarden. Mereka adalah sumber DHA dan asam lemak omega-3 yang sangat baik. Ikan-ikan tersebut membantu mengembangkan sistem saraf bayi dan mengurangi risiko kelahiran prematur. Selain itu, protein hewani dan nabati disebut-sebut dapat meningkatkan kesuburan.

Tak hanya wanita, pria pun juga harus sama-sama memperhatikan asupan nutrisi guna menjaga kesuburan. Beragam makanan sehat juga disebut bisa membantu menentukan jenis kelamin bayi. Berikut makanan penyubur kandungan yang baik dikonsumsi bagi Mom dan Dad ya:

6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Menikmati Secangkir Kopi

1. Sayuran hijau

Jenis sayuran hijau.

Photo :
  • U-Report
Tantrum pada Anak, Apakah Ada Kaitannya dengan Makanan yang Dikonsumsi Sang Ibu Selama Kehamilan?

Serat juga termasuk salah satu nutrisi yang dibutuhkan di dalam makanan untuk program hamil atau penyubur kandungan. Hal ini disebabkan makanan agar cepat hamil ini dapat membantu tubuh Anda mengeluarkan hormon yang terlalu banyak dan menjaga agar kadar gula darah tetap stabil.

Bahkan, ada jenis serat tertentu yang dapat membantu mengeluarkan hormon estrogen dari dalam tubuh dengan cara mengikatkannya pada usus. Berbagai sayuran hijau, seperti bayam, brokoli, sawi hijau, atau kangkung menyediakan nutrisi penting seperti vitamin E, kalsium, zat besi, coenzyme q10, dan folat.

Saat diperlukan, konsumsi suplemen penyubur kandungan seperti vitamin E membantu menebalkan dinding rahim yang tipis. Ketebalan dinding rahim yang ideal memang penting bagi pembuahan dan kehamilan.

Tidak hanya wanita, vitamin E juga baik untuk menjaga kesuburan pria. Dalam sebuah penelitian, pria yang rutin mengonsumsi vitamin ini mengalami peningkatan kualitas sperma. Motilitas dan kualitas sperma cenderung meningkat hingga 5%. Bahkan, peluang terjadinya kehamilan meningkat hingga 10,8%.

Selain vitamin E, Anda juga bisa menambah suplemen kesuburan untuk pria yaitu coenzyme q10. Tidak hanya mampu untuk meningkatkan kualitas serta motilitas sperma, tetapi juga meningkatkan jumlah sel darah putih pada air mani.

2. Camilan Kaya Asam Folat

sereal

Photo :
  • U-Report

Asam folat adalah salah satu camilan sehat yang perlu dikonsumsi saat ibu sedang menjalani program hamil. Ibu yang mengonsumsi asam folat empat minggu sebelum kehamilan dan delapan minggu setelah kehamilan, bisa meminimalkan risiko autis pada bayi sebanyak 40 persen. Menariknya lagi, asam folat juga berperan penting dalam meningkatkan kesuburan.

Nah, ibu bisa mendapatkan asupan asam folat melalui beberapa makanan. Di antaranya, yaitu sereal, kentang, bayam, brokoli, kacang-kacangan hingga buah-buahan seperti alpukat, pepaya, atau jeruk.

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan.

Photo :
  • U-Report

Kacang dan lentil merupakan sumber serat dan folat yang sangat baik. Keduanya sangat penting untuk menjaga keseimbangan hormon yang sehat. Lentil juga mengandung polyamine spermidine tingkat tinggi, yang dapat membantu sperma membuahi sel telur. Lentil dan kacang-kacangan juga kaya protein, yang dapat membantu meningkatkan ovulasi yang lebih sehat.

Kacang kenari atau walnut kaya akan asam lemak omega-3 dan omega-6 yang dapat mendukung kesuburan. Dalam sebuah penelitian kecil, 117 pria dipecah menjadi dua kelompok. Satu kelompok akan menghindari makan kacang kenari dan yang lain akan makan 75 gram kenari setiap hari. Sebelum percobaan dimulai dan setelah 12 minggu kemudian, para pria memberikan sampel semen. Setelah 12 minggu, kelompok yang makan kenari melihat peningkatan vitalitas, pergerakan, dan bentuk sperma. Mereka juga melihat lebih sedikit kelainan kromosom dalam sampel sperma mereka setelah makan kacang kenari. Sedangkan, kelompok satunya tidak mengalami perubahan.

4. Susu dan produk olahannya

Susu

Photo :
  • Times of India

Makanan penyubur kandungan selanjutnya yang tak kalah penting adalah susu dan produk olahannya, seperti keju dan yoghurt. Untuk pilihan yang baik, Anda justru  dianjurkan untuk mengonsumsi susu yang kaya lemak karena dapat meningkatkan kesuburan.

Selama menerapkan pola asupan makanan penyubur kandungan, sebaiknya hindari konsumsi makanan mentah, makanan yang mengandung lemak, serta minuman beralkohol dan berkafein, karena dapat mengganggu kesuburan.

5. Ikan salmon

Ikan Salmon

Photo :
  • U-Report

Ikan salmon merupakan sumber protein, asam amino, dan asam lemak omega-3 yang baik. Berkat kandungan nutrisinya tersebut, ikan salmon dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan salah satunya adalah meningkatkan kesuburan. Tak hanya itu, ikan salmon juga baik dikonsumsi untuk mendukung perkembangan otak janin serta menambah berat badannya.

Sayangnya, ikan ini tergolong mahal dan sulit dijangkau oleh sebagian orang. Namun, sebagai alternatif, Anda bisa menggantinya dengan mengonsumsi jenis ikan lain yang kandungan nutrisinya tidak jauh berbeda, seperti ikan tuna, tongkol, tenggiri, dan sarden.

6. Camilan Kaya Karbohidrat Kompleks

Roti gandum

Photo :
  • Times of India

Saat menjalani program hamil cobalah mengasup camilan yang terbuat dari biji-bijian utuh atau yang kaya karbohidrat kompleks. Contohnya roti tawar gandum atau sereal biji-bijian utuh. Camilan tersebut mengandung banyak nutrisi penting untuk kesuburan, seperti vitamin B, antioksidan, dan zat besi.

7. Asparagus

Asparagus.

Photo :
  • U-Report

Asparagus adalah makanan super yang penuh nutrisi, termasuk dapat meningkatkan kesuburan. Dalam 1 gelas sajian, asparagus menawarkan 100 persen kebutuhan vitamin K harian, 60 kebutuhan asam folat harian, dan lebih dari 20 persen nutrisi penting lainnya seperti vitamin A, vitamin C, dan vitamin B.

8. Alpukat

Ilustrasi alpukat.

Photo :
  • U-Report

Makanan untuk program hamil atau penyubur kandungan ini mengandung folat, vitamin K, dan tinggi kalium. Folat diperlukan untuk perkembangan otak dan tulang belakang janin. Sementara vitamin K dan kalium membantu tubuh menyerap nutrisi lain secara efektif, menjaga keseimbangan hormon, dan mengatur tekanan darah.

Ada pula kandungan vitamin E yang berguna untuk menstabilkan dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif. Alpukat terbilang cukup aman di antara semua buah atau sayur organik, karena pestisida (zat pembasmi hama) sulit menembus kulit alpukat yang cukup tebal.

Tidak cukup hanya dengan mengonsumsi alpukat, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen asam folat untuk ibu hamil. Asam folat merupakan vitamin B kompleks yang digunakan oleh tubuh untuk membuat sel darah merah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya