Efektivitas Baik, Akankah Vaksin Smallpox Digunakan untuk Monkeypox?

cacar monyet
cacar monyet
Sumber :
  • pixabay

VIVA Lifestyle – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan cacar monyet atau Monkeypox sebagai darurat kesehatan global sejak 23 Juli 2022 lalu. Dengan status darurat kesehatan global, WHO juga mengimbau negara-negara untuk memproduksi vaksin untuk penyakit ini.

Namun sayangnya vaksin untuk cacar monyet saat ini cukup terbatas. Vaksin ini juga diberikan hanya bagi pasien yang telah terkonfirmasi positif. Scroll untuk informasi selengkapnya.

Di sisi lain, belakangan muncul isu penggunaan vaksin smallpox atau vaksin cacar air cukup efektif untuk kasus cacar monyet. Lantas, adakah kemungkinan vaksin smallpox diberikan secara massal di Indonesia untuk kasus Monkeypox?

Terkait hal itu, Ketua Satgas Monkeypox PB IDI, dr. Hanny Nilasari, SpKK (K) angkat bicara.

Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 (foto ilustrasi).

Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 (foto ilustrasi).

Photo :
  • vstory

"Untuk kita sendiri negara Indonesia sudah bebas dari cacar di 1980-an sehingga tidak diindikasikan lagi vaksin smallpox untuk diberikan secara massal di Indonesia. Seperti diketahui proteksi untuk vaksinasi smallpox terhadap virus Monkeypox ini terlihat ada, dan itu dilaporkan hanya 85 persen," kata dia dalam virtual conference Update Kasus Monkeypox, Rabu 21 September 2022.

Hanny juga mengungkap bahwa masih perlu pengkajian ulang terkait efektivitas dari vaksin smallpox untuk diberikan pada kasus monkeypox.