Jangan Diabaikan, Kenali 6 Tanda Mulai Alami Alzheimer

Ilustrasi Alzheimer atau Demensia
Sumber :
  • Eat This

VIVA Lifestyle – Hari Alzheimer sedunia baru diperingati kemarin, Rabu 21 September 2022. Jenis demensia yang paling umum adalah penyakit Alzheimer. Dan itu adalah penyakit neurodegeneratif yang berdampak negatif pada memori dan fungsi kognitif lainnya, sebelum berkembang ke titik di mana ia mengganggu operasi sehari-hari. 

Dari Sepakbola ke Voli, Keluarga Cerita Megawati Hangestri Kecil

Penyakit Alzheimer biasanya menyerang orang dewasa yang lebih tua di atas usia 65 tahun, tetapi terkadang juga menyerang orang yang lebih muda di usia 30-an dan 40-an. Ketika ini terjadi, ini dikenal sebagai penyakit Alzheimer onset dini (alias Alzheimer dini). Yuk scroll untuk lengkapnya.

Alzheimer dini memengaruhi persentase orang yang relatif kecil dan orang-orang biasanya berusia 40-an dan 50-an ketika penyakit ini mulai berkembang. Dr. Karen Sullivan, seorang neuropsikolog klinis bersertifikat membagikan tanda-tanda peringatan yang harus diwaspadai apakah Anda mulai mengalami Alzheimer dini, dilansir dari laman Eat This. 

Cara Megawati Hangestri Lepas Kangen dengan Keluarga

1. Kehilangan minat pada hal-hal yang dulu dinikmati

Ilustrasi Alzheimer atau Demensia

Photo :
  • Eat This
Pesan Vicky Prasetyo Jika Meninggal Dunia, Minta Hal Ini ke Keluarga

Menurut Dr. Sullivan, penelitian terbaru menunjukkan bahwa tanda luar paling awal dan paling umum dari penyakit Alzheimer adalah apatis atau hilangnya motivasi untuk hal-hal yang biasa dinikmati seseorang. 

Gejala-gejala ini sering disalahartikan sebagai depresi atau bagian dari penuaan normal. Sementara beberapa gejala apatis dan depresi tumpang tindih – seperti menarik diri dari keluarga dan teman dan mengurangi inisiasi – orang dengan apatis berbasis otak tidak mengungkapkan gejala yang lebih terkait dengan depresi, seperti merasa bersalah, putus asa, atau sedih.

2. Tidak merasa ada masalah

Sullivan menjelaskan bahwa "gejala khas penyakit Alzheimer awal disebut anosognosia. Ini adalah ketidakmampuan berbasis otak untuk memiliki wawasan atau kesadaran tentang perubahan kognitif yang terjadi. 

Ini sering disalahartikan sebagai pertahanan psikologis, di mana anggota keluarga berpikir bahwa mereka dicintai. seseorang menolak untuk mengakui perubahan kognitif atau menyangkal bahwa mereka memiliki masalah memori."

3. Anda melupakan seluruh pengalaman

Ilustrasi demensia

Photo :
  • Times of India

Dr. Sullivan mengungkapkan bahwa "berjuang dengan ingatan yang cepat dapat menjadi bagian dari penuaan normal tetapi gagal untuk mengingat suatu peristiwa dengan isyarat dan dorongan mungkin merupakan tanda dari apa yang oleh penyedia kesehatan otak disebut sebagai memori amnestik - defisit memori yang menceritakan penyakit Alzheimer.  

Gejala memori amnestik juga muncul pada orang yang mengajukan pertanyaan berulang atau menceritakan kisah yang sama dalam waktu singkat.

4. Mengacaukan keuangan 

Menurut Dr. Sullivan, diagnosis penyakit Alzheimer lebih dari sekadar penurunan memori. Selain perubahan kognitif, ahli saraf juga menilai area fungsi yang disebut aktivitas instrumental kehidupan sehari-hari. 

"Ini adalah kemampuan kita untuk melakukan bisnis sehari-hari. hidup secara mandiri dan tanpa bantuan. Aktivitas ini mencakup hal-hal seperti mengemudi dan mengingat untuk minum obat kita sehari-hari. Tetapi area pertama dan paling sensitif yang terpengaruh adalah mengelola keuangan yang kompleks. Perubahan keuangan paling awal pada Alzheimer termasuk membayar tagihan yang salah, kesulitan baru menyeimbangkan buku cek , dan menyetel ulang sandi berkali-kali."

5. Perubahan penglihatan

Dr. Sullivan berbagi, perubahan penglihatan dini adalah beberapa gejala awal penyakit Alzheimer yang paling kurang dihargai. Ini tidak terjadi pada ketajaman (yaitu, kemampuan untuk melihat objek dengan jelas). 

Sebaliknya, perubahan ini bermanifestasi dalam sensitivitas kontras (kemampuan untuk melihat objek dengan jelas). melihat tepi objek yang tajam dan jelas) dan persepsi warna tertentu terutama dalam rona biru. 

"Orang dengan penyakit Alzheimer awal akan sering meminta resep terbaru untuk kacamata mereka, tetapi ini tidak menyelesaikan masalah."

6. Riwayat keluarga yang kuat dengan demensia 

Ilustrasi pasien Alzheimer atau Demensia

Photo :
  • Eat This

Dr Sullivan mengungkapkan bahwa kebanyakan orang dengan penyakit Alzheimer mengembangkan kondisi melalui interaksi kompleks faktor risiko genetik dan gaya hidup. Orang yang lebih muda ketika mereka mengembangkan gejala demensia, semakin besar kemungkinan itu menjadi genetik. 

"Jika Anda memiliki seseorang dalam keluarga Anda yang mengembangkan gejala penyakit Alzheimer di bawah usia 65 tahun, Anda berada pada risiko yang lebih tinggi."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya