Ketahui 4 Jenis Beras Ini, Mana yang Paling Sehat?

Ilustrasi jenis beras
Sumber :
  • Eat This

VIVA Lifestyle – Beras telah menjadi salah satu biji-bijian yang paling banyak diproduksi dan dikonsumsi di seluruh dunia selama berabad-abad, dan untuk alasan yang baik. Beras mengandung serat, karbohidrat, vitamin, mineral, bahkan beberapa protein dan lemak sehat. 

Istri Kenang Sosok Dorman Borisman, Bikin Haru Ungkap Hal Ini

Berada adalah biji-bijian serbaguna yang muncul di mana-mana dan dapat digunakan di hampir semua hidangan. Ada berbagai jenis beras berdasarkan perbedaan seperti ukuran kernel, aromatik, pengolahan, dan warna. Scroll untuk artikel lengkapnya.

Di sini kami mengeksplorasi empat jenis beras yang berbeda – putih, coklat, hitam, dan merah – berdasarkan warna dan kontribusi apa yang mungkin atau mungkin tidak mereka berikan pada makanan kita, dari laman Eat This.

Sambil Menangis, Istri Cerita Temani Dorman Borisman di Saat-saat Terakhir

1. Beras putih

Beras putih

Photo :
  • Eat This
Riwayat Penyakit Dorman Borisman, Sudah 5 Tahun Keluar Masuk RS

Yang paling umum dari semua varietas beras, nasi putih ada di mana-mana di banyak tempat di toko kelontong, sering menjadi bahan inti dalam peralatan makan, dan muncul di banyak menu restoran populer. Ini adalah makanan terjangkau yang menyerap rasa dan cocok dengan berbagai hidangan, mulai dari kari hingga sushi hingga jambalaya dan segala sesuatu di antaranya. 

Nasi putih adalah nasi yang diperkaya, yang biasanya mengandung tambahan zat besi, thiamin (vitamin B1), niacin (vitamin B3), dan asam folat. Ini telah digiling untuk menghilangkan tidak hanya kulit luar, tetapi juga lapisan dedak dan benih kernel. Itu datang sekitar 160 kalori per cangkir kering.

2. Beras cokelat

Beras cokelat adalah salah satu biji-bijian yang paling dikenal, di samping beberapa sepupunya seperti gandum, gandum utuh, dan quinoa, karena mengandung ketiga bagian penting dari biji-bijian: dedak, endosperma, dan kuman. 

Yang cukup menarik, bagaimanapun, beras cokelat hanya memiliki sekitar 1,5 gram lebih banyak serat rata-rata per cangkir penyajian kering dibandingkan dengan nasi putih, oleh karena itu tidak membuat dampak serat yang sama seperti biji-bijian lain di pasaran terhadap rekan-rekan mereka yang halus. 

Meskipun gram ekstra serat, yang sebagian besar tidak larut, mungkin bermanfaat untuk kesehatan pencernaan dengan bertindak sebagai pencahar lembut, perbedaannya tidak mencolok seperti yang dikatakan, sereal olahan yang dimaniskan versus sereal dedak.

Beras hitam, juga dikenal sebagai beras ungu, beras terlarang, atau beras Kaisar, telah populer di kalangan budaya Timur selama bertahun-tahun tetapi lebih lambat untuk masuk ke sisi barat dunia. 

Beras hitam terlihat berwarna hitam saat kering, tetapi setelah dimasak, warnanya menjadi lebih ungu. Beras pusaka ini telah dipelajari untuk konsentrasi antosianin, pigmen flavonoid, yang mungkin terkait dengan penyakit kardiovaskular, kanker, dan perlindungan penyakit neurodegeneratif. 

Beras hitam mengandung lebih banyak serat dan protein dibandingkan dengan beras merah, sekitar lima gram protein dan tiga gram serat per cangkir sajian kering. Nasi hitam paling enak dinikmati dalam bubur, salad nasi, atau sebagai nasi goreng.

4. Beras merah

Beras merah adalah butiran berwarna merah tua/madu dengan rasa sedikit gurih dan pedas serta tekstur kenyal. Beberapa penelitian yang ada telah menyelidiki efek penghambatan positif beras merah pada leukemia, sel kanker serviks, dan perut karena kandungan proanthocyanidinnya. 

Beras merah juga dapat menunjukkan efek antidiabetes seperti yang dipelajari dalam makalah 2016 dari Journal of Agricultural and Food Chemistry. Studi ini menemukan peningkatan 2,3 hingga 2,7 kali lipat dalam penyerapan glukosa basal (penting untuk pengaturan gula darah yang tepat) dengan paparan ekstrak dedak beras merah. 

Analisis dari berbagai jenis beras juga cenderung menemukan bahwa beras merah memiliki kandungan tokotrienol yang lebih tinggi, suatu bentuk vitamin E, yang terkait dengan perlindungan saraf, aktivitas anti-kanker, dan kualitas penurun kolesterol. Nasi merah bekerja sangat baik dalam pilaf, salad, dan sup.

Jadi, beras mana yang harus Adipilih? Pilih beras yang sesuai dengan selera Anda dan sesuai untuk hidangan tertentu, pastikan untuk melihat bahan-bahannya untuk menghindari tambahan bumbu atau garam sehingga Anda dapat mengontrol penambahan ini di dapur Anda sendiri. 

Jika Anda terbuka untuk segala bentuk nasi untuk melengkapi makanan, camilan, atau ide makanan penutup Anda, pilih beras  hitam sebagai pilihan utama karena serat, protein, dan kemungkinan kemampuan melawan penyakit kronisnya yang mengesankan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya