Selain Lezat, Makanan Pedas Ampuh Cegah Sakit Jantung dan Diabetes

Makanan pedas
Sumber :
  • Times of India

VIVA Lifestylle – Makanan pedas lebih dari sekadar membuat lidah tergelitik dan dahi berkeringat. Ada bukti dari sejumlah studi bahwa makanan pedas dapat membantu kesehatan mulai dari menurunkan berat badan, meningkatkan kesehatan jantung, dan membantu sistem pencernaan.

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes

"Makanan pedas adalah topik hangat dalam nutrisi ," kata Patricia Bridget Lane, ahli diet / ahli gizi terdaftar. Yuk simak selengkapnya di bawah ini.

Makanan pedas pastinya membuat mulutmu terbakar. Namun, bisakah itu membakar kalori juga? Kedengarannya aneh, tapi penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan lebih banyak makanan pedas cenderung tidak mengalami obesitas atau kelebihan berat badan.

Tips Sukses dari Konten Kreator Abibayu, Always On dan Inovasi Kreatif

Berikut manfaat makanan pedas untuk pangkas berat badan hingga kesehatan secara menyeluruh, dikutip dari laman Claveland.

1.Tingkatkan metabolisme

Ketahui Tips Puasa Sehat untuk Penderita Diabetes, Dijamin Tahan Sepanjang Hari

Sebagian besar penelitian tentang makanan pedas berfokus pada capsaicin, senyawa yang membuat cabai pedas. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa capsaicin meningkatkan kemampuan tubuh untuk memecah lemak dan membakar lebih banyak energi.

“Tampaknya meningkatkan mekanisme pembakaran lemak tubuh,” kata Lane. “Itu bisa membantu penurunan berat badan dan manajemen berat badan.”

2.Kendalikan nafsu makanmu

Chili dan rempah-rempah lainnya mungkin juga memengaruhi rasa lapar Anda. "Ada beberapa penelitian bahwa capsaicin bekerja pada hipotalamus - bagian otak yang mengontrol rasa lapar dan kenyang," kata Lane. Jadi, Anda mungkin merasa lebih cepat kenyang jika menambahkan sedikit pedas ke makanan Anda.

"Orang yang makan makanan yang kaya akan makanan pedas cenderung makan lebih sedikit makanan secara keseluruhan sepanjang hari," tambahnya

3.Meningkatkan kesehatan jantung

Ilustrasi kesehatan jantung.

Photo :
  • U-Report

Dengan membantu memecah lemak dalam makanan, rempah-rempah dapat meningkatkan kesehatan jantung. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa makanan pedas dapat mengurangi risiko penyakit seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan diabetes tipe 2.

Sebuah studi dari University of Vermont menemukan bahwa orang yang rutin makan cabai memiliki kemungkinan kematian 13% lebih rendah. Para peneliti menemukan bahwa pemakan api kuliner ini cenderung meninggal karena penyebab kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.

4.Tingkatkan mikrobioma

Makanan yang berapi-api mungkin terdengar seperti ide yang buruk untuk seseorang dengan perut sensitif. Tetapi ada bukti bahwa capsaicin sebenarnya baik untuk mikrobioma di usus Anda.

Mikrobioma adalah komunitas bakteri dan mikroba lain yang penting untuk fungsi kekebalan dan aspek kesehatan lainnya. "Capsaicin dapat merangsang flora usus yang sehat dan memiliki efek positif pada saluran pencernaan," kata Lane.

5.Mengurangi peradangan

ilustrasi makanan pedas

Photo :

Hidangan panas dan pedas juga bisa mengurangi peradangan. Ada bukti bahwa capsaicin dapat membantu memerangi peradangan tingkat rendah di usus - sejenis peradangan yang dikaitkan dengan obesitas.

Kekuatan melawan peradangan capsaicin melampaui perut juga. Krim capsaicin yang dijual bebas dapat membantu mengobati rasa sakit mulai dari radang sendi dan fibromyalgia.

Bicara soal makanan pedas tak jauh-jauh dari kuliner Indonesia, yang mana menjadi salah satu kategori yang paling digemari oleh para konten kreator ataupun penonton konten video pendek di Indonesia. Tidak jenuh rasanya untuk terus menggali konten makanan dari berbagai sisi dan latar bercerita, termasuk makanan pedas. 

Itulah mengapa kolaborasi apik antara platform sosial media berbagi konten video pendek SnackVideo dengan restoran cepat saji Geprek Bensu terjadi. Program ini dimulai sejak 13 September hingga 3 Oktober 2022, menghadirkan tantangan-tantangan seru untuk mendapatkan beragam hadiah menarik bagi para pengguna SnackVideo dan konten kreator. 

Head of Marketing SnackVideo Indonesia, Dina Bhirawa, mengatakan bahwa melalui program ini SnackVideo selalu berupaya untuk menyediakan ruang kreativitas yang menarik bagi para pengguna dan juga konten kreator. Kami juga ingin terus mengapresiasi para pengguna SnackVideo baru dalam bentuk program hadiah menarik seperti ini. 

"Begitu pula untuk para konten kreator yang telah menjadi mitra kami selama ini, SnackVideo berharap dapat terus memberikan dukungan melalui program-program menarik agar menstimulasi para kreator untuk terus berkarya, menghasilkan konten positif dan inspiratif, apalagi konten-konten kuliner tidak pernah habis digali oleh para penikmatnya sendiri,” ujar Dina Bhirawa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya