Pria Hobi Bersepeda? Waspadai Gangguan Prostatitis!

Ilustrasi bersepeda/olahraga.
Ilustrasi bersepeda/olahraga.
Sumber :
  • Freepik/prostooleh

VIVA Lifestyle – Di samping sebagai aktivitas olahraga yang simpel, bersepeda juga menjadi tren baru yang fenomenal. Tua, muda, remaja dan anak-anak meramaikan setiap akhir pekan dengan berbagai jenis sepeda mereka.

Selain mengurangi polusi, bersepeda juga dipercaya dapat menyehatkan tubuh. Dan apakah anda hobi bersepeda? bahkan termasuk penggila sepeda, waspadalah terhadap gangguan prostatitis.

Lalu apakah itu prostatitis? Adakah dampak jangka panjangnya terhadap kesehatan reproduksi pria?

Prostatitis merupakan peradangan (inflamasi) yang terjadi pada kelenjar prostat. Kelenjar prostat adalah kelenjar kecil pada pria dan juga merupakan bagian bagian dari sistem reproduksi laki-laki.

Olahraga bersepeda

Olahraga bersepeda

Photo :
  • U-Report

Prostat terletak di bawah kandung kemih dan di depan rektum. Pada saat terjadi proses ejakulasi pada pria, prostat inilah yang membantu produksi air mani.

Karena mempunyai fungsi yang sangat penting, jika terjadi masalah pada prostat, tentu akan mengganggu proses reproduksi seorang pria. Prostatitis merupakan salah satunya.

Prostatitis dapat terjadi pada semua pria dari segala usia. Namun umumnya, kondisi ini terjadi pada pria di bawah usia 50 tahun. Berbeda dengan kanker prostat atau pembesaran kelenjar prostat yang cenderung dialami oleh pria berusia lanjut.

Ilustrasi pria menderita kanker prostat.

Ilustrasi pria menderita kanker prostat.

Photo :
  • U-Report

Prostatitis merupakan penyakit pembengkakan dan peradangan yang terjadi pada daerah prostat. Tergantung pada penyebabnya, prostatitis dapat timbul secara tiba-tiba maupun perlahan-lahan.

Nah kebiasaan tidak sehat apa ya yang menjadi penyebab gangguan prostatitis tersebut? berikut penuturan dr. Akbari Wahyudi Kusumah Sp.U yang disampaikan dalam program Hidup Sehat tvOne.

"Penyebab prostatitis yang pertama itu biasanya terjadi pada pria-pria yang suka nahan kencing terlalu lama. Berapa lama? biasanya itu di atas 30 menit," ungkap Akbari Wahyudi Kusumah Sp.U menjelaskan.

Ilustrasi gangguan prostat

Ilustrasi gangguan prostat

Photo :
  • Pixabay

"Dan kebiasaan itu biasa terjadi pada malam hari, dimana sebelum tidur itu biasanya kita minum segelas. Nah segelas air yang kita minum tadi, normalnya dia akan pipis dalam satu jam, dan akhirnya nahan kencing dalam waktu yang lama," lanjut dokter Akbari.

"Yang kedua, hindari makanan pedas yang terlalu pedas, level tinggi.. cukup anda makan pedas yang seperlunya saja, tidak perlu sampai level tinggi. Dan yang ketiga hindari kopi yang berlebihan," kata dokter Akbari.

"Dan yang keempat dan yang terakhir adalah jangan terlalu lama bersepeda, itu juga akan mengganggu prostat anda dan akan menjadi prostatitis," ujar dokter Akbari.