Pakar Optimis Pandemi COVID-19 Akan Segera Berakhir

Epidemiolog dari FKM UI Pandu Riono
Epidemiolog dari FKM UI Pandu Riono
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Lifestyle – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) belum lama ini mengeluarkan pernyataan bahwa akhir pandemi 'sudah di depan mata'. Meskipun begitu, para pakar menyebutkan bahwa pandemi belum berakhir.

Menurut Epidemiolog dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) Pandu Riono, saat ini kondisi kesehatan masyarakat, khususnya Indonesia sudah dalam kondisi baik, namun belum ideal sehingga pandemi dikatakan belum berakhir. 

“Kita kan sudah bagus nih kondisinya, tapi belum bagus banget belum ideal. Apa belum idealnya? Masih ada lansia yang belum booster. Jadi itu masih harus dipercepat, jadi antara masyarakat dan pemerintah harus sama-sama,” ujar Pandu Riono dalam sebuah diskusi bersama Kemenkes RI dan media pada Jumat, 23 September 2022. 

Pandu juga menegaskan bahwa pandemi dunia akan berakhir jika status public health emergency international concern telah dicabut oleh WHO. Sementara untuk negara Indonesia sendiri, ketentuan berakhir atau tidaknya pandemi ketika presiden juga telah mencabut status kedaruratan kesehatan masyarakat. 

 Ahli Epidemiologi dan Kesehatan Masyarakat, dr Pandu Riono, MPH, Phd

Ahli Epidemiologi dan Kesehatan Masyarakat, dr Pandu Riono, MPH, Phd

Photo :
  • UI

“Jadi, kapan pandemi ini berakhir? Begitu dideklarasikan kedaruratan kesehatan masyarakat sudah dicabut oleh WHO, pandemi di dunia sudah berakhir. Nanti bagaimana tentang masalah wabah di Indonesia wabah COVID ini berakhir ketika bapak Presiden Jokowi mencabut kedaruratan kesehatan masyarakat,” jelas Pandu. 

Namun, Pandu optimis bahwa akhir dari pandemi memang sudah semakin dekat, meskipun hanya sebuah metafora karena menurutnya tidak ada yang berani mengatakan bahwa status kedaruratan tersebut sudah bisa dicabut secepatnya.