Ketahui Tanda Kanker Nasofaring yang Sering Tidak Disadari

Anatomi Faring
Anatomi Faring
Sumber :
  • National Cancer Institute

VIVA Lifestyle – Kanker nasofaring merupakan sebuah penyakit di mana sel-sel ganas (kanker) terbentuk di jaringan nasofaring. Letak nasofaring sendiri berada di bagian atas faring (tenggorokan) di belakang hidung. Faring berbentuk seperti tabung berongga yang yang dimulai di belakang hidung hingga bagian atas trakea (tenggorokan) dan kerongkongan (tabung yang mengalir dari tenggorokan ke perut).

Faring biasanya menjadi tempat lewatnya udara dan makanan dalam perjalanan menuju ke trakea atau kerongkongan. Sementara, lubang hidung mengarah ke nasofaring. Sebuah lubang di setiap sisi nasofaring mengarah ke telinga. Kanker nasofaring sendiri kerap kali bermula pada sel skuamosa yang melapisi nasofaring.

Lantas, apa saja tanda kanker nasofaring yang perlu kita ketahui dan perhatikan? Melansir dari American Cancer Society, berikut ini akan dijelaskan apa saja tanda kanker nasofaring.

Tanda Kanker Nasofaring

Anatomi Faring

Anatomi Faring

Photo :
  • National Cancer Institute

Kebanyakan orang yang mengidap kanker nasofaring biasanya timbul benjolan atau massa di bagian leher. Mungkin juga benjolan tersebut muncul di kedua sisi leher ke arah belakang. Benjolan tersebut biasanya tidak menimbulkan rasa nyeri. Hal itu disebabkan oleh kanker yang menyebar ke kelenjar getah bening di leher, sehingga membuatnya membengkak.

Sementara tanda kanker nasofaring lainnya yang bisa kamu perhatikan adalah sebagai berikut: 

Halaman Selanjutnya
img_title