Pil KB Picu Gangguan Kesuburan Hingga PCOS, Ini Faktanya

Ilustrasi pil KB
Ilustrasi pil KB
Sumber :
  • https://www.thehealthsite.com

VIVA Lifestyle – Banyak wanita yang ragu untuk mengonsumsi pil kontrasepsi karena berbagai mitos yang terkait dengan metode KB ini. Salah satu mitos yang umumnya dipercayai di tiap generasi adalah bahwa mengonsumsi pil KB dapat menyebabkan gangguan kesuburan hingga Polycystic Ovary Syndrome (PCOS). Apa faktanya?

"PCOS diyakini disebabkan oleh kombinasi berbagai faktor lingkungan dan genetik, namun penyebab pastinya seringkali masih belum ditentukan. Tetapi secara medis terbukti bahwa PCOS tidak disebabkan oleh alat kontrasepsi dan aman digunakan," ujar Konsultan Obstetrician and Gynaecologist, Motherhood Hospitals, Sarjapur, Sangeeta Gomes. Scroll yuk untuk lengkapnya.

Lantas, mengapa pil KB disalahartikan sebagai penyebab PCOS?

Sangeeta menjelaskan, alasan umum pil KB diyakini menyebabkan PCOS adalah karena fenomena yang disebut Sindrom Kontrol Pasca Kelahiran. Dalam kondisi ini, beberapa gejala yang mungkin terjadi pada wanita yang berhenti minum pil KB, termasuk perubahan menstruasi, jerawat, penipisan atau kerontokan rambut, penambahan berat badan yang berlebihan, dan masalah kesuburan.

Banyak ahli kesuburan dan ginekolog percaya bahwa pil tidak menyebabkan gejala-gejala ini dan hanya tubuh yang menyesuaikan diri dengan fluktuasi hormon. Gejala-gejala ini biasanya hilang dengan sendirinya.

Pil KB tidak pernah menyebabkan PCOS di tubuh, justru sebaliknya. Pil KB biasanya diresepkan oleh ginekolog untuk membantu mengelola gejala PCOS yang sudah ada di dalam tubuh. Kontrasepsi hormonal dapat membantu mengurangi produksi androgen dalam tubuh wanita serta mengurangi risiko pesanan metabolik yang diketahui menyebabkan PCOS.

Manfaat pil KB

Halaman Selanjutnya
img_title