5 Tips untuk Hidup Lebih Lama dan Lebih Sehat

rahasia panjang umur
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle –  Tetap sehat dan panjang umur di usia tua adalah harapan semua orang. Banyak cara dilakukan seperti mengikuti gaya hidup sehat, dan rutin berolahraga. 

Olahraga Ini Ampuh Bakar Lemak Opor dan Rendang, Bye-bye Perut Buncit!

Navin Khosla, seorang ahli medis, merekomendasikan lima tips utama untuk membantu meningkatkan umur panjang, dimulai dengan makan makanan nabati. Scroll yuk untuk selengkapnya.

“Makanan seperti kacang-kacangan, buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan makanan nabati lainnya dikemas dengan nutrisi dan antioksidan yang penting bagi tubuh,” kata Khosla yang juga penulis Medis di NiceRx, dikutip dari laman Express.co.uk. 

Diplomasi Stadion Tiongkok, Eksploitasi Ekonomi atau Kemitraan Murni di Afrika?

Ilustrasi gaya hidup sehat.

Photo :
  • http://www.bacatips.com/

Ia menambahkan, "Penelitian telah menunjukkan bahwa sejumlah makanan ini dapat mengurangi risiko kanker, penyakit jantung dan banyak lagi, yang akan meningkatkan kualitas hidup Anda."

Ungkap Fakta di Balik Ultah Vidi Aldiano, Deddy Corbuzier: Lo Sehat Terus Ya

Khosla juga menyarankan untuk memantau kalori Anda, karena obesitas dapat menjadi faktor risiko berbagai penyakit, termasuk diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Secara umum, NHS merekomendasikan pria untuk mengonsumsi 2.500 kalori setiap hari untuk menjaga berat badan mereka, sementara wanita harus mengonsumsi 2.000 kalori setiap hari.

Jika Anda kelebihan berat badan, penurunan berat badan yang sehat terdiri dari kehilangan hingga dua pon per minggu (dan tidak lebih). Penurunan berat badan dapat dicapai dengan membakar lebih banyak kalori daripada yang Anda konsumsi setiap hari. 

"Membatasi jumlah alkohol yang Anda konsumsi dapat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan Anda dan mengurangi peluang Anda mengembangkan berbagai masalah kesehatan," tambah Khosla.

Menurut Khosla, penelitian juga menunjukkan bahwa mengurangi asupan alkohol dapat mengurangi risiko kematian dini sekitar 18 persen. 

"Penelitian menunjukkan bahwa 15 menit olahraga setiap hari dapat menambah tiga tahun tambahan dalam hidup Anda," Khosla memperluas.

“Selain itu risiko kematian dini menurun sekitar empat persen untuk setiap 15 menit latihan yang dijalani. Baik itu berolahraga di gym atau jalan cepat, ada banyak manfaat yang terkait dengan olahraga."

Rutinitas tidur

Ilustrasi tidur.

Photo :
  • Times of India

Tip lain dari Khosla adalah "menciptakan rutinitas tidur yang kuat" untuk meningkatkan umur panjang.

"Kualitas tidur yang baik sangat bagus untuk kesehatan Anda, tetapi penting untuk mendapatkan jumlah yang tepat," katanya.

"Jika memungkinkan, cobalah untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari dan hindari tidur larut malam selama akhir pekan."

Ingatlah bahwa "tidur lebih dari sembilan jam dapat menurunkan umur Anda sekitar 38 persen".

Lima tips untuk umur panjang:

- Makan makanan nabati yang sehat
- Pantau kalori Anda
- Tetap aktif
- Kurangi konsumsi alkohol
- Buat rutinitas tidur yang kuat.

Perubahan gaya hidup sederhana ini dapat membantu meningkatkan kesehatan fisik dan mental Anda, meningkatkan peluang untuk hidup panjang dan bahagia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya