Ketahui 5 Penyebab Sakit Telinga, Bisa Jadi Penyakit Serius Berbahaya

Ilustrasi infeksi saluran telinga.
Ilustrasi infeksi saluran telinga.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Mungkin kebanyakan dari kamu pernah mengalami yang namanya sakit telinga. Umumnya memang sakit telinga muncul karena infeksi, namun penyebab sakit telinga juga bisa disebabkan oleh faktor lain. Mulai dari kotoran telinga, tekanan udara, masuknya air ke telinga hingga penyakit yang serius seperti tumor. 

Maka dari itu, kamu harus mengetahui apa penyebab dari rasa sakit pada telinga yang kamu rasakan. Sehingga kamu bisa mengantisipasinya dan langsung mengambil tindakan. Melansir dari WebMD, berikut ini sejumlah penyebab sakit telinga yang harus kamu ketahui. 

1. Kotoran telinga

Membersihkan kotoran telinga.

Membersihkan kotoran telinga.

Photo :
  • U-Report

Penyebab sakit telinga yang pertama mungkin karena kotoran telinga (tahi telinga) yang sudah menumpuk. Telinga membuat dan menghilangkan kotoran sepanjang waktu. Ketika prosesnya tidak berjalan dengan baik, maka kotoran akan menumpuk dan mengeras sehingga saluran telinga jadi tersumbat dan terkadang menyebabkan rasa sakit. 

Perlu diketahui, untuk membersihkan kotoran telinga, jangan menggunakan kapas atau cotton bud, itu hanya akan mendorongnya lebih jauh ke dalam saluran telinga dan lebih mungkin menimbulkan dampak telinga sakit, gatal, mengeluarkan kotoran atau terinfeksi. Bahkan kamu bisa juga kehilangan pendengaran untuk sementara waktu.

2. Tekanan dari udara