Benjolan di Leher Tanda Kanker Kelenjar Getah Bening? Ini Kata Dokter

Ilustrasi kanker kelenjar getah bening.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Kanker getah bening adalah salah satu jenis kanker yang cukup sering terjadi di Tanah Air. Penyebab kanker getah bening ini juga masih belum diketahui dengan pasti, tapi ada sejumlah faktor yang dapat berisiko mengakibatkan seseorang lebih berisiko terkena penyakit ini. Kanker getah bening atau limfoma ini adalah kanker yang menyerang sistem limfatik. 

Baru Terdeteksi saat Stadium Lanjut, Kenali Gejala Hingga Faktor Risiko Kanker limfoma Hodgkin

Dengan kata lain, penyakit ini menyerang bagian dari sistem kekebalan tubuh yang berfungsi untuk melawan infeksi. Limfoma bisa memengaruhi bagian mana saja dari sistem limfatik, termasuk kelenjar getah bening, amandel, limpa, kelenjar timus, usus, dan sumsum tulang. Nah, berikut ulasan tentang kanker getah bening seperti dirangkum dari YouTube VDVC Health

Gejala Kanker Getah Bening

Penyebab dan Cara Pengobatan Limfadenitis yang Dialami Anak Bungsu Jessica Iskandar

Kelenjar getah bening

Photo :
  • U-Report

Pasien yang terkena kanker getah bening biasanya akan mengalami beberapa gejala. Namun, dr. Dewi Widyastuti, Sp.PD mengatakan bahwa gejala yang paling sering dialami adalah demam. Pada awalnya, memang akan ditemukan sebuah benjolan yang bisa berada di area sekitar kelenjar getah bening, seperti leher, selangkangan, dan ketiak. 

Putra Bungsu Jessica Iskandar Didiagnosis Limfadenitis, Apa Itu?

Sementara gejala yang lain adalah benjolan tersebut bisa terasa nyeri atau tidak. Berikutnya pasien mudah cepat lelah. Semakin berjalannya waktu, benjolan tersebut akan semakin membesar dan tanda yang lain adalah sebuah kelainan dari darah itu sendiri. Sebab itu, harus periksakan diri lebih lanjut ke dokter. 

Sementara bila ukurannya semakin besar, ada gejala tertentu seperti sesak atau kesulitan bernapas, suara menjadi parau atau serak, terutama untuk pasien yang mengalami pembesaran kelenjar getah bening di area leher. 

Perbedaan Kanker Kelenjar Getah Bening dengan Tiroid

Dokter Dewi Widyastuti

Photo :
  • Tangkapan Layar: YouTube

Lebih lanjut, dokter Dewi mengatakan bahwa ada perbedaan antara kanker getah bening dengan tiroid bisa dilihat dari lokasinya terlebih dahulu. Kanker tiroid posisinya ada di tengah. Kadang kala suara seseorang yang terkena penyakit itu akan parau atau serak karena adanya gangguan pita suara. 

Sedangkan untuk kelenjar getah bening biasanya berada di arah yang lebih lateral atau samping. Namun, bila seseorang yang terkena kanker getah bening mengalami suara yang parau, itu bergantung sampai mana penyakit tersebut menyerang. Misalnya pita suaranya itu terkena atau tidak. 

Penyebab Kanker Getah Bening

Kelenjar Getah Bening Di Ketiak

Photo :
  • U-Report

Dr. Dewi Widyastuti, Sp.PD mengatakan bahwa ada beberapa faktor penyebab kanker getah bening. Pertama adalah faktor genetik atau faktor lingkungan. Misalnya mengonsumsi makanan yang mengandung banyak zat adiktif, zat pengawet, dan radiasi yang berlebihan. Hal tersebut mengakibatkan satu sel bertransformasi ke arah ganas. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya