Benjolan di Leher Tanda Kanker Kelenjar Getah Bening? Ini Kata Dokter

Ilustrasi kanker kelenjar getah bening.
Ilustrasi kanker kelenjar getah bening.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Kanker getah bening adalah salah satu jenis kanker yang cukup sering terjadi di Tanah Air. Penyebab kanker getah bening ini juga masih belum diketahui dengan pasti, tapi ada sejumlah faktor yang dapat berisiko mengakibatkan seseorang lebih berisiko terkena penyakit ini. Kanker getah bening atau limfoma ini adalah kanker yang menyerang sistem limfatik. 

Dengan kata lain, penyakit ini menyerang bagian dari sistem kekebalan tubuh yang berfungsi untuk melawan infeksi. Limfoma bisa memengaruhi bagian mana saja dari sistem limfatik, termasuk kelenjar getah bening, amandel, limpa, kelenjar timus, usus, dan sumsum tulang. Nah, berikut ulasan tentang kanker getah bening seperti dirangkum dari YouTube VDVC Health

Gejala Kanker Getah Bening

Kelenjar getah bening

Kelenjar getah bening

Photo :
  • U-Report

Pasien yang terkena kanker getah bening biasanya akan mengalami beberapa gejala. Namun, dr. Dewi Widyastuti, Sp.PD mengatakan bahwa gejala yang paling sering dialami adalah demam. Pada awalnya, memang akan ditemukan sebuah benjolan yang bisa berada di area sekitar kelenjar getah bening, seperti leher, selangkangan, dan ketiak. 

Sementara gejala yang lain adalah benjolan tersebut bisa terasa nyeri atau tidak. Berikutnya pasien mudah cepat lelah. Semakin berjalannya waktu, benjolan tersebut akan semakin membesar dan tanda yang lain adalah sebuah kelainan dari darah itu sendiri. Sebab itu, harus periksakan diri lebih lanjut ke dokter. 

Sementara bila ukurannya semakin besar, ada gejala tertentu seperti sesak atau kesulitan bernapas, suara menjadi parau atau serak, terutama untuk pasien yang mengalami pembesaran kelenjar getah bening di area leher.