Skrining COVID-19 Hingga Cacar Monyet, Kemenkes Terima Bantuan Ini

Ilustrasi cacar monyet/monkeypox.
Ilustrasi cacar monyet/monkeypox.
Sumber :
  • Freepik

VIVA Showbiz – Kasus COVID-19 masih terus meningkat, sementara penyakit Cacar Monyet pun mengancam masyarakat luas di dunia dan Indonesia. Untuk itu, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menanganinya dengan pencegahan dini melalui skrining pada virus tersebut.

Salah satunya dengan Kementerian Kesehatan RI yang menerima hibah viral transport media (VTM) dari Badan Kerjasama Internasional Jepang atau Japan International Cooperation Agency (JICA). Yuk scroll artikel selegkapnya berikut ini.

Viral transport medium (VTM) ini merupakan media pembawa spesimen lendir hidung dan tenggorokan pasien yang akan dilakukan uji swab untuk dikirim ke laboratorium tempat pengujian lanjut.

Cacar monyet

Cacar monyet

Photo :
  • times of india

260 ribu unit VTM tersebut akan digunakan memperkuat laboratorium surveilans pencegahan dan pengendalian penyakit di Indonesia. Termasuk untuk pemeriksaan kasus suspek dan kontak erat pada saat screening di 34 provinsi di Indonesia.

“Terkait bantuan VTM dari JICA ini akan kita distribusikan ke propinsi dan kabupaten/kota dan dapat dimanfaatkan oleh tim surveilans pencegahan dan pengendalian penyakit di masing-masing provinsi, kabupaten/kota bahkan di fasyankes seperti RS dan Puskesmas," ujar Direktur Surveilans dan Karantina Kesehatan Kemenkes dr. Achmad Farchanny Tri Adryanto, MKM, dalam keterangan persnya.

COVID-19

COVID-19

Photo :
  • times of india

Farchanny mengatakan VTM akan digunakan untuk mendukung pelacakan, pengetesan, dan perawatan bukan hanya dalam penanggulangan COVID-19 tetapi untuk penyakit lainnya. Sehingga bantuan VTM ini sangat berarti untuk Indonesia.

"Semoga VTM yang terdistribusi ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh teman-teman laboratorium di daerah dan memberikan manfaat untuk masyarakat di Indonesia,” ujar dr. Farchanny.