5 Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dengan Cepat

Pemeriksaan tekanan darah
Sumber :
  • Eat This

VIVA Lifestyle – Tekanan darah tinggi, juga dikenal sebagai hipertensi, dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke jika tidak ditangani. Untungnya menjaga tekanan darah dalam kisaran yang sehat dapat dikelola hanya dengan beberapa perubahan gaya hidup. 

5 Manfaat Menakjubkan Mengonsumsi Air Kelapa Setiap Hari, Bisa Jaga Kesehatan Jantung

"Secara umum, semakin rendah tekanan darah Anda, semakin baik Anda," kata ahli jantung Dr. Leslie Cho. Berikut lima cara menurunkan tekanan darah, cepat yang dilansir dari laman Eat This. Scroll untuk simak artikel selengkapnya. 

1. Meditasi

Jokowi Bersyukur Angka Stunting Turun dari 37 Persen Menjadi 21 Persen

Meditasi disela-sela kesibukan

Photo :
  • Eat This

Meditasi adalah metode yang sangat efektif untuk menghilangkan stres dan dapat membantu menurunkan tekanan darah. 

5 Manfaat Rebusan Air Daun Salam, Bisa Bantu Kurangi Kadar Gula Darah

"Menambahkan Obat Transendental kira-kira setara dengan menambahkan agen antihipertensi kedua ke rejimen seseorang saat ini hanya lebih aman dan tidak merepotkan," kata Dr. James W. Anderson, profesor kedokteran di Fakultas Kedokteran Universitas Kentucky.

2. Diet berbasis tumbuhan

Penelitian menunjukkan bahwa pola makan nabati dapat menurunkan tekanan darah, bahkan dengan sedikit susu dan daging. 

"Penurunan skala tekanan darah yang disebabkan oleh konsumsi makanan nabati yang lebih tinggi, bahkan dengan produk hewani yang terbatas akan menghasilkan pengurangan 14% pada stroke, pengurangan 9% dalam serangan jantung dan pengurangan 7% dalam kematian secara keseluruhan," kata Joshua Gibbs, dari University of Warwick School of Life Sciences. 

"Ini adalah temuan yang signifikan karena menyoroti bahwa pemberantasan lengkap produk hewani tidak diperlukan untuk menghasilkan pengurangan dan peningkatan tekanan darah. Pada dasarnya, setiap perubahan menuju pola makan nabati adalah hal yang baik."

3. Olahraga

Ilustrasi Jogging Lari

Photo :
  • tfsmedianetwork.com

Olahraga teratur sangat bagus untuk kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah. 

"Anda harus memperhatikan pernapasan Anda, berfokus pada kontrol napas akan membantu menghilangkan peningkatan tekanan darah yang signifikan." kata ahli fisiologi latihan klinis Laura Gray, ACSM-CEP, MS. 

Dengan pemanasan dan pendinginan, Anda juga dapat menghindari perubahan tekanan darah yang drastis. Ini memungkinkan tubuh Anda menyesuaikan diri untuk berolahraga dengan memungkinkan peningkatan bertahap dalam denyut jantung dan tekanan darah.

Dan segera setelah Anda berhenti berolahraga, jika Anda tidak melakukan pendinginan, itu dapat menyebabkan tekanan darah lebih rendah. Jantung Anda masih berdetak lebih cepat dan pembuluh darah Anda melebar, dan ini dapat menyebabkan pengumpulan vena di kaki Anda. Jadi, penting untuk melakukan pendinginan untuk mencegah hipotensi.

4. Prioritaskan tidur 

Ilustrasi tidur nyenyak

Photo :
  • Eat This

Studi menunjukkan hubungan antara tidur siang dan tekanan darah tinggi. 

"Ini mungkin karena, meskipun tidur siang itu sendiri tidak berbahaya, banyak orang yang tidur siang mungkin melakukannya karena kurang tidur di malam hari. Tidur yang buruk di malam hari dikaitkan dengan kesehatan yang lebih buruk, dan tidur siang tidak cukup untuk menebusnya," kata pakar tidur Michael A. Grandner, PhD, rekan penulis skor kesehatan kardiovaskular Life's Essential 8 baru dari American Heart Association. 

"Studi ini menggemakan temuan lain yang umumnya menunjukkan bahwa tidur siang lebih banyak tampaknya mencerminkan peningkatan risiko masalah kesehatan jantung dan masalah lainnya."

5. Berhenti merokok

Menurunkan tekanan darah hanyalah salah satu dari banyak manfaat kesehatan dari berhenti merokok. 

"Nikotin dalam rokok dapat meningkatkan tekanan darah Anda, meningkatkan risiko serangan jantung atau stroke," kata Thiviyanath Sellathurai, MD. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya