7 Obat Flu Alami, Manjur dan Mudah Diracik

Ilustrasi flu
Sumber :
  • Times of India

VIVA Lifestyle – Obat flu alami umumnya sangat mudah didapatkan dan dibuat. Obat flu alami berasal dari buah-buahan tinggi vitamin dan dapat ditambahkan madu. Seperti halnya, jeruk yang tinggi vitamin C dapat dijadikan sebagai obat flu alami. Vitamin C memiliki sifat antioksidan dan bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh saat sedang flu.

61 Kasus Flu Singapura Ditemukan di Surabaya, Kenali Gejala-gejalanya

Beberapa buah dan sayur yang tinggi vitamin C antara lain stroberi, tomat, jeruk, bayam, lemon dan sayuran berdaun hijau lainnya. Flu atau influenza bisa membuat Anda susah bernapas lega, tenggorokan gatal, hidung meler atau tersumbat, bersin-bersin, hingga mata yang terus berair.

Ilustrasi flu

Photo :
  • Times of India
Air Kelapa Vs Air Lemon, Mana yang Lebih Banyak Manfaatnya untuk Tubuh?

Meski memang bukan penyakit berbahaya, gejala flu yang tidak diobati bisa mengganggu aktivitas bahkan menimbukan komplikasi. Kabar baiknya, ada banyak pilihan obat flu alami serta cara pengobatan sederhana yang bisa Anda coba di rumah. Gejala flu biasanya muncul 1–3 hari setelah terpapar virus flu. Gejala yang paling sering dialami penderitanya adalah pilek, hidung tersumbat, batuk, demam, sakit tenggorokan, dan bersin-bersin.

Senyawa antosianin pada elderberry berkhasiat untuk memperkuat sistem imun dan mencegah seseorang mudah terinfeksi oleh virus flu. Selain digunakan sebagai obat flu alami, elderberry juga dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi gejala dari infeksi sinus. Tidak hanya dengan menggunakan obat-obatan alami di atas, Anda juga bisa mencoba tips-tips sederhana lainnya untuk meredakan gejala flu, seperti mandi air hangat, meninggikan bantal saat tidur dan banyak minum air putih.

5 Cara Masukkan Lemon ke Dalam Makanan untuk Menurunkan Berat Badan

Berikut beberapa obat flu alami yang bisa Anda racik di rumah tanpa membutuhkan waktu lama:

1. Madu

Ilustrasi madu

Photo :
  • healthline.com

Madu merupakan salah satu obat flu alami yang telah digunakan sejak dulu. Ini karena madu mampu menenangkan dan melegakan sakit tenggorokan, serta mengatasi batuk. Manfaat tersebut dapat diperoleh karena madu kaya akan antioksidan dan memiliki efek antibakteri.

2. Jahe

Jahe.

Photo :
  • U-Report

Jahe sudah lama pula digunakan sebagai obat herba untuk mengatasi gejala flu, misalnya batuk, pilek, hidung tersumbat, dan sakit tenggorokan. Untuk memperoleh manfaat jahe sebagai obat flu alami, Anda bisa mengonsumsi teh atau air rebusan jahe yang masih hangat.

3. Ginseng

Ginseng

Photo :
  • U-Report

Salah satu jenis ginseng, yaitu Panax quinquefolius, juga bermanfaat sebagai obat flu alami. Manfaat tersebut berasal dari senyawa ginsenoside di dalamnya yang bisa memperkuat sistem imun dan mempercepat proses penyembuhan flu.

4. Bawang putih

Teh bawang putih

Photo :
  • Times of India

Sebuah studi menyatakan bahwa konsumsi bawang putih atau suplemen yang mengandung bawang putih selama 12 minggu dapat mencegah seseorang terkena flu dan mempercepat masa penyembuhan. Namun, manfaat tersebut masih perlu diteliti lebih lanjut.

5. Teh herbal

Teh hijau atau Green Tea

Photo :
  • U-Report

Beberapa jenis teh herbal dipercaya mengandung zat antivirus dan antibakteri. Dengan mengonsumsi teh herbal, tubuh memiliki sistem kekebalan yang lebih baik untuk melawan infeksi virus, termasuk virus influenza. Anda bisa membuat teh herbal yang terbuat dari bahan-bahan berikut sebagai obat alami untuk flu:

  • teh hijau
  • teh jahe
  • teh adas manis (star anise)

Selain itu, Anda tentunya juga dapat mencampur seduhan teh herbal dengan madu. Manfaat dari madu yang dikombinasikan dengan teh herbal akan memberi manfaat yang maksimal sebagai obat alami untuk gejala-gejala flu Anda.

6. Kumur air garam

Ilustrasi air garam.

Photo :
  • U-Report

Apabila Anda mengalami gejala batuk selama terkena flu, berkumur dengan air garam dapat membantu mengurangi rasa gatal dan kering di tenggorokan. Cara ini sekaligus memberikan efek lega di tenggorokan untuk sementara waktu.

  • Untuk membuat larutan obat kumur dari garam, Anda hanya perlu melarutkan 1/2 sendok garam ke dalam air hangat.
  • Berkumurlah dalam waktu beberapa menit, tetapi berhati-hatilah jangan sampai larutan air garam tertelan.
  • Berkumur dengan air garam sebaiknya dilakukan 3-4 kali dalam sehari sehingga bisa lebih efektif mengurangi refleks batuk.

Selain dengan air garam, Anda juga bisa melegakan tenggorokan yang kering dengan berkumur menggunakan campuran perasan lemon dan air hangat. Apabila tenggorokan terasa sangat perih karena asam dari lemon, alternatifnya Anda dapat menghisap Lozenges yakni permen pelega tenggorokan.

7. Air lemon

Air lemon dan madu

Photo :
  • thedailymeal

Berkat vitamin C yang di dalamnya, lemon bisa jadi salah satu pilihan obat flu alami. Anda dapat memeras lemon ke dalam campuran minuman herbal favorit Anda. Atau, cukup saja peras setengah  potong lemon dan campurkan ke dalam air hangat. Demi rasa yang lebih nikmat, tambahkan beberapa tetes madu favorit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya