Kabar Baik, Chamomile Memangkas Kadar Gula Darah Hingga 60 Persen

Ilustrasi teh chamomile.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Komplikasi diabetes timbul dari produksi insulin yang buruk, yang meningkatkan momok kadar gula darah tinggi yang berbahaya. Untungnya, Anda dapat melawan ancaman yang ditimbulkan oleh kadar gula darah tinggi melalui cara lain yaitu diet. 

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Sebuah tinjauan komprehensif, yang diterbitkan dalam jurnal Complementary Therapies Medicine membuat alasan kuat untuk melengkapi dengan chamomile. Tanaman chamomile (herba yang termasuk dalam famili Asteraceae) telah lama digunakan dalam praktik pengobatan tradisional. Scroll untuk simak artikelnya.

Para peneliti melakukan tinjauan sistematis terhadap bukti yang berkaitan dengan efek chamomile pada penanda metabolisme dan komplikasi diabetes dari penelitian pada hewan dan manusia.

5 Minuman Sehat Sebelum Tidur untuk Membantu Menurunkan Berat Badan

Pencarian literatur yang luas dari database elektronik umum, termasuk PubMed, Scopus, Embase, ProQuest, dan Google Scholar, menghasilkan sembilan penelitian hewan yang relevan dan enam uji klinis pada manusia, demikian dilansir dari Express.

Ilustrasi wanita memeriksa gula darah

Photo :
  • eatthis.com
Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes

Apa yang peneliti temukan?

Semua penelitian pada hewan menunjukkan peningkatan dalam berbagai ukuran kontrol glikemik (gula darah) dan intoleransi glukosa, berkelanjutan dari waktu ke waktu.

Peningkatan kadar gula darah pada tikus dengan diabetes berkisar antara 14 persen hingga 59 persen dan bergantung pada dosis dalam penelitian yang mencakup rejimen dosis yang berbeda.

Dalam percobaan lain yang termasuk dalam tinjauan, 64 pasien dengan diabetes tipe 2 menerima tiga cangkir teh chamomile setiap hari (3 g/150 mL air panas) atau plasebo selama delapan minggu.

Kelompok teh chamomile menunjukkan penurunan yang signifikan dalam HbA1c (kadar gula darah rata-rata selama delapan sampai 12 minggu sebelumnya), kadar insulin, dan resistensi insulin, serta penurunan 11 persen kadar gula darah dibandingkan dengan kelompok plasebo.

Studi lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi temuan ini sebelum rekomendasi dapat dibuat.  Pada tahun 2008, Diabetes UK melaporkan sebuah penelitian yang mengklaim minum teh chamomile setiap hari dapat membantu mencegah komplikasi diabetes tipe 2, seperti kebutaan, penyakit jantung dan kerusakan ginjal.

Dalam studi tersebut, peneliti Inggris dan Jepang memberikan ekstrak chamomile pada tikus dengan diabetes. Ekstrak tampaknya memotong kadar glukosa darah dan memblokir aktivitas enzim yang terkait dengan perkembangan komplikasi diabetes.

Saat itu, tingkat kehati-hatian juga dilakukan. "Penelitian lebih lanjut akan diperlukan sebelum kita dapat sampai pada kesimpulan tegas tentang peran teh chamomile dalam memerangi komplikasi terkait diabetes," kata Dokter Victoria King, Manajer Riset di Diabetes UK, pada saat publikasi.

"Diabetes UK tidak akan merekomendasikan penderita diabetes untuk meningkatkan asupan teh chamomile mereka dulu. Makan diet seimbang yang sehat, melakukan aktivitas fisik secara teratur dan mengikuti obat-obatan yang diresepkan tetap menjadi cara utama untuk mengontrol kadar glukosa darah, tekanan darah dan lemak darah secara efektif.

"Manajemen diabetes yang baik akan membantu mengurangi risiko komplikasi serius seperti stroke dan kebutaan."

Ilustrasi lelah mental.

Photo :
  • Times of India

Banyak orang menderita diabetes tipe 2 tanpa disadari. Ini karena gejala tidak selalu membuat Anda merasa tidak enak badan.

Gejala diabetes tipe 2 meliputi:

- Kencing lebih dari biasanya, terutama di malam hari
- Merasa haus sepanjang waktu
- Merasa sangat lelah
- Menurunkan berat badan tanpa berusaha
- Gatal di sekitar penis atau vagina Anda, atau sariawan berulang kali
- Luka atau luka membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh
- Penglihatan kabur.

"Dokter umum dapat mendiagnosis diabetes. Anda memerlukan tes darah, yang mungkin harus Anda kunjungi ke pusat kesehatan setempat jika tidak dapat dilakukan di operasi dokter umum Anda," jelas NHS.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya