Es Teh Kemanisan Picu Serangan Jantung, Ini Kata Dokter

Serangan jantung
Serangan jantung
Sumber :
  • times of india

VIVA Life – Brand minuman manis, Es Teh Indonesia, tengah menjadi sorotan usai melakukan somasi pada konsumen yang memberi kritikan ke minumannya. Faktanya, minuman yang ditambah kadar gula berlebih bisa berdampak bahaya bila dikonsumsi cukup sering, termasuk memicu serangan jantung.

Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah, dr. Radityo Prakoso Sp.JP(K), tak menampik bahwa pemberitaan mengenai minuman dengan tambahan pemanis seperti es teh manis memang cukup menyita perhatian. Apalagi, masyarakat Indonesia memang terbilang sangat menyukai segala asupan yang manis-manis.

"Jadi ini lagi viral menambahkan gula di es teh. Indonesia memang senangnya es teh manis. Enak kayaknya (diminum) pas panas," ujar dokter Radityo di acara virtual Kementerian Kesehatan RI, Rabu 28 September 2022.

Esteh Indonesia.

Esteh Indonesia.

Photo :
  • Instagram @esteh.indonesia

Dokter Radityo pun menjelaskan, kaitan antara minuman manis bisa berdampak luas pada banyak penyakit. Tak terkecuali dapat memicu bahaya pada penyakit jantung dan pembuluh darah hingga berakibat fatal, yang kerap dianggap sepele oleh banyak orang.

"Sebenarnya asosiasi (kaitan) langsung, tidak ada. Tapi memang penyakit jantung koroner ada faktor risikonya diabetes melitus. Diabetes melitus ini disebabkan dari penambahan gula sederhana dari glukosa di es teh akan sangat cepat meningkatkan gula darah dan itu jadi komorbid," tuturnya.

Dari faktor kegemukan serta diabetes melitus, pada akhirnya membuat pembuluh darah menjadi tak sehat sehingga gula darah tidak terkendali. Tak dipungkiri, kondisi diabetes yang tidak terkendali ini menjadi risiko besar terhadap serangan jantung yang ujungnya mengancam nyawa.