Minuman Kemasan Less Sugar, Benarkah Lebih Aman?

Ilustrasi minuman cola atau minuman bersoda.
Sumber :
  • Pixabay/ PDPics

VIVA Lifestyle – Minuman manis dalam kemasan memiliki beragam varian. Salah satu yang menarik perhatian masyarakat adalah varian minuman manis berlabel less sugar atau non sugar.

Kejagung Kembali Jerat 1 Tersangka Korupsi Impor Gula, Direktur SMIP Ditahan

Dari segi rasa, minuman-minuman bertuliskan 'less sugar' itu memang tak terlalu manis. Namun, benarkah kandungan gula di minuman kemasan 'less sugar' ini sedikit? Scroll terus untuk tahu jawabannya.

Ilustrasi minuman.

Photo :
  • U-Report
Penderita Diabetes Tak Usah Takut Lagi Makan Nasi, Begini Cara Masaknya agar Rendah Gula

Terkait hal itu, spesialis gizi klinik, dr. Larry Tumalun, M.Gizi, Sp.GK bahwa disebut free sugar bukan berarti nol kandungan gula.

“Disebut less dan full sugar bukan berarti nol yang free, masih ada jumlahnya,” kata dia dalam Press Conference The Launch of Creamy Crew & Cooking Demo di Burgreens Menteng Jakarta Pusat, Rabu 28 September 2022.

7 Manfaat Mengurangi Konsumsi Gula untuk Kesehatan, Bisa Turunkan Obesitas

Larry mengungkap bahwa kriteria minuman disebut less sugar dalam minuman kemasan yang telah diatur oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) adalah 5 gram per 100 gram bahan makanan padat.

Ilustrasi bubble drink/bubble tea/minuman manis

Photo :
  • Pixabay/sam651030

Sementara itu, kriteria minuman kemasan free sugar menurut BPOM adalah sebesar setengah gram per 100 gram.

“WHO merekomendasi asupan gula yang aman itu 10 persen dari kebutuhan kalori total. Kalau kebutuhan kalori harian dia 2000 kalori maka 1 gram kandung 4 kalori, maka gula hariannya adalah 50gram. 1sdm 8-10 gram,” ungkap dia.

Ilustrasi makanan dan minuman manis

Photo :
  • Pexels

Namun, WHO sendiri lebih menganjurkan untuk konsumsi gula harian adalah 5 persen atau sekitar 25 gram per hari.

“Hati-hati hidden sugar minuman sachet perhatikan gula rata-rata tinggi bahkan satu sachet sudah melewati 5 persen,” ungkap Larry.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya